23 April 2025
Dirilis
Penulis
Wisnu Dewobroto (Rework oleh Lavenia)
Pasar Crowdfunding menunjukkan potensi pertumbuhan yang sangat besar. Proyeksi nilai transaksi akan mencapai 1,27 miliar dolar AS pada tahun 2028, menandakan tren yang positif. Hal ini menunjukan bahwa semakin banyak bisnis yang melihat crowdfunding sebagai alternatif untuk mendapatkan atau memberikan pendanaan. Dengan semakin bertambahnya individu dan komunitas yang mendukung proyek-proyek kreatif dan inovatif, crowdfunding telah menjadi pilihan pendanaan menarik terutama bagi usaha UMKM.
Yuk, kita pelajari lebih lanjut bagaimana crowdfunding dapat membantu UMKM mencapai tujuan bisnis dibawah ini.
Apa Itu Crowdfunding?
Crowdfunding atau urun dana adalah metode pengumpulan dana secara kolektif dari banyak orang untuk membiayai suatu proyek atau usaha. Dalam bisnis, crowdfunding memungkinkan individu atau Perusahaan, terutama UMKM, untuk mendapatkan dana dari masyarakat melalui platform online. Crowdfunding dapat di ibaratkan gotong royong di era digital, mendukung kontribusi masyarakat untuk mewujudkan ide atau proyek. Dan bagi UMKM, metode ini adalah penghubung antara ide bisnis dan dukungan finansial.
Mengapa Crowdfunding Menarik bagi UMKM?
Crowdfunding telah menjadi tren global yang mengubah cara pendanaan, terutama untuk UMKM. Model pendanaan ini menawarkan berbagai keuntungan menarik. Berikut adalah manfaat crowdfunding bagi UMKM:
• Akses Pendanaan Lebih Mudah
Crowdfunding memberikan akses pendanaan yang luas bagi UMKM. Crowdfunding mengumpulkan dana melalui berbagai sumber seperti komunitas dan investor.
• Promosi dan Branding yang Efektif
Kampanye crowdfunding tidak hanya untuk mengumpulkan dana, tetapi juga sebagai alat promosi yang efektif. Dengan kampanye yang menarik, UMKM dapat meningkatkan kehadiran merek dan menjangkau konsumen lebih banyak. Interaksi selama kampanye juga dapat memperkuat hubungan dengan calon pelanggan.
Baca juga: Tips Menentukan Brand Positioning untuk UMKM
• Validasi Pasar yang Cepat
Crowdfunding menyediakan cara efektif untuk menguji minat pasar. Jika target pendanaan tercapai secara cepat, hal ini menunjukkan potensi pasar yang besar untuk produk atau layanan tersebut.
• Jaringan yang Luas
Melalui crowdfunding, UMKM dapat terhubung dengan berbagai pihak yang memberikan dukungan secara finansial maupun non-finansial. Pendukung bisa menjadi pelanggan setia, mitra bisnis dan investor di masa depan. Pengusaha UMKM dapat berkesempatan bertemu dengan pelaku industri berpengalaman.
• Fleksibilitas Penggunaan Dana
Sifat dana yang diperoleh dari crowdfunding memiliki fleksibilitas. Pengusaha UMKM dapat menggunakan dana untuk pengembangan produk, pemasaran, ekspansi bisnis maupun pembelian peralatan.
• Transparansi dan Akuntabilitasi
Platform crowdfunding umumnya memiliki sistem yang transparan melacak penggunaan dana. Sistem ini meningkatkan kepercayaan pendukung bahwa dana digunakan dengan tepat, transparansi dapat meningkatkan UMKM di mata publik.
Baca juga: Strategi Modal Usaha untuk Calon Pelaku UMKM
Alur Crowdfunding: Dari Ide Hingga Pendanaan
Crowfunding merupakan proses terstruktur yang melibatkan beberapa tahapan untuk mengumpulkan dana dari banyak orang guna membiayai proyek, usaha, atau kegiatan. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam proses tersebut:
• Pengajuan Ide Proyek
Pemilik proyek yang merupakan pengusaha UMKM, dapat menyusun proposal ide proyek secara lengkap. Biasanya terdiri dari tujuan proyek yang jelas, manfaat yang diharapkan dari proyek tersebut dan rencana penggunaan dana yang terperinci dan transparan.
• Pendaftaran pada Platform Crowdfunding
Proyek yang disusun didaftarkan pada platform crowdfunding yang sesuai. Platform berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan pemilik proyek dengan calon pendana.
• pelaksanaan Kampanye Pendanaan
pemilik proyek menciptakan kampanye yang bertujuan untuk menarik minat calon pendana. Kampanye biasanya berupa video presentasi yang informatif dan menarik, materi visual yang mendukung, dan informasi terkait proyek seperti latar belakang, tujuan dan rencana pelaksanaan.
• Penyaluran Pendanaan
Calon pendana yang tertarik dengan proyek dapat memberikan kontribusi dana sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Kontribusi biasanya berupa investasi atau donasi, tergantung pada jenis crowdfunding yang digunakan.
• Pencapaian Target Pendanaan
Jika target pendanaan yang ditetapkan berhasil tercapai sesuai dengan periode yang di tentukan, dana yang terkumpul akan di transfer kepada pemilik proyek. Dan jika target pendanaan tidak tercapai, Jika tidak, dana yang terkumpul biasanya akan dikembalikan kepada para pendana.
Strategi yang Tepat Melakukan Crowdfunding
Dalam menjalankan crowdfunding, pengusaha UMKM memerlukan strategi yang matang. Berikut adalah usaha yang dapat diterapkan:
1. Kampanye yang Menarik
Video promosi yang berkualitas, narasi yang jelas, dan visual yang menarik merupakan kunci utama dalam membuat kampanye yang menarik. Storytelling yang tepat juga dapat membangun hubungan emosional dengan pendukung.
2. Membangun Komunitas
Gunakan media sosial untuk berinteraksi dengan calon pendukung dan berbagi informasi terkait proyek. Email marketing efektif untuk menjaga komunikasi, memberikan pembaruan dan menawarkan hadiah yang eksklusif untuk membangun komunitas pendukung yang kuat.
3. Rencana Bisnis yang Matang
Lakukan analisis pasar secara mendalam. Seperti pahami target pasar, pesaing, dan tren pasar untuk menentukan strategi pemasaran dan pendanaan yang realistis. Siapkan juga proyeksi keuangan yang jelas untuk menunjukkan penggunaan dana dan potensi keuangan proyek.
4. Pemiliharan Platform yang Tepat
Pilihlah platform crowdfunding yang cocok dengan jenis proyek dan target audiens. Tawarkan hadiah menarik sebagai ucapan terima kasih kepada pendukung. Kemitraan yang baik dengan pihak terkait juga membantu memperluas jangkauan kampanye, dan berikan pembaruan secara rutin agar pendukung merasa terlibat dan terus mendukung proyek.
Crowdfunding menawarkan potensi besar bagi UMKM untuk meraih modal dan mengembangkan bisnis. Dengan strategi yang tepat, UMKM dapat memanfaatkan platform ini untuk promosi, membangun komunitas, dan meraih pendanaan. Mari kita manfaatkan peluang ini untuk mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia.
Anda dapat mendalami terkait Crowdfunding dengan berkonsultasi langsung dengan para ahli melalui fitur Tanya Ahli. Segera Daftar akun di Daya.id dan nikmati akses informasi lengkap secara gratis!
Sumber:
Berbagai sumber
Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Berikan Komentar