Dirilis

25 Juni 2019

Penulis

Tim daya Tumbuh usaha

Artikel ini akan membahas lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Merencanakan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (Bagian 1). Pada artikel tersebut telah dibahas tiga dari sembilan komponen BMC yaitu customer segments (target pasar konsumen), value propositions (nilai produk), dan channels (metode penjualan).

Tiga dari enam komponen berikutnya, yaitu customer relationships (hubungan konsumen), revenue stream (aliran pendapatan), key partners (kerjasama kunci), akan dibahas dalam artikel ini. Berikut di bawah ini penjelasan dari ketiga elemen tambahan.

1. Customer Relationships (Hubungan Konsumen)
Biasanya, banyak orang yang bingung dalam membedakan antara hubungan konsumen dan metode penjualan. Tenang, Anda tidak perlu bingung, ingat kata kunci hubungan.

Hubungan konsumen adalah bagaimana cara komunikasi perusahaan, untuk menjangkau ataupun mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

Terdapat tiga cara dalam hubungan konsumen yaitu get (mendapatkan konsumen), keep (mempertahankan konsumen), dan grow (menumbuhkan konsumen).

Dengan contoh yang sama seperti artikel sebelumnya, yaitu produk “Mookis”, berikut di bawah ini pengisian kolom customer relationships (hubungan konsumen)  yang dapat dilakukan :




2. Revenue Stream (Aliran Pendapatan)
Aliran pendapatan menjelaskan darimana asal aliran uang yang masuk dalam keuangan perusahaan. Aliran pendapatan didapatkan dari para pelangan yang menggunakan dan membeli produk perusahaan.

Dalam meningkatkan aliran pendapatan, Anda dapat meningkatkan jumlah penjualan dan melakukan perbedaan produk.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk meningkatkan pendapatan, sebaiknya Anda meningkatkan penjualan atau melakukan perbedaan produk. Cara melakukan perbedaan produk dapat dilihat pada artikel Buatlah Produk Yang Berbeda Sehingga Diserbu Konsumen.

Untuk kasus usaha Mookis, revenue stream (aliran pendapatan) nya adalah :




3. Key partners (Kerjasama Kunci)
Kerjasama kunci, dapat diartikan sebagai siapa saja pihak-pihak yang bisa Anda ajak kerjasama dalam menjalankan bisnis.

Tujuan dari adanya key partners (kerjasama kunci) untuk :
  • Mengoptimalkan alokasi sumber daya dan aktivitas, mengingat sebuah perusahaan tidak perlu memiliki semua sumber daya dan melakukan kegiatannya sendirian.
  • Mengurangi risiko dalam berbisnis.
  • Menggabungkan perusahaan lain untuk meningkatkan kemampuan kinerja perusahaan.
  • Memperluas pemasaran produk.
Pada hakikatnya, suatu bisnis dari hulu ke hilir tidak dapat dilakukan secara sendiri.

Dalam kasus ini adalah usaha Mookis camilan sehat, siapa yang akan diajak Mookis untuk bekerjasama? Mookis dapat bekerjasama dengan:




Kesimpulan
Stelah ketiga komponen tambahan diisi, mari dituliskan kedalam bagan BMC seperti di bawah ini:




Sekian dulu ya pembahasan mengenai BMC bagian kedua. Tiga komponen BMC lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Sampai Jumpa.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS