Dirilis

23 April 2022

Penulis

Arras Amirah

Penjualan sepeda mengalami peningkatan yang sangat drastis dibandingkan dengan sebelum pandemi. Meningkatnya jumlah masyarakat yang bersepeda ini juga memberikan dampak positif untuk Anda yang memiliki usaha sepeda lho! 

Bahkan, kabar baiknya untuk Anda pelaku industri sepeda, tren bersepeda ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan hampir di seluruh negara seperti Amerika Serikat, Inggris, bahkan Swedia. Sehingga jika Anda adalah pebisnis yang memiliki usaha sepeda, Anda dapat memanfaatkan peluang ekspor sepeda milik Anda ke luar negeri lho! Selain mendapat konsumen baru, Anda juga dapat meningkatkan penjualan produk Anda secara bersamaan! Sangat keren bukan? 

Untuk meningkatkan bisnis Anda, yuk simak penjelasan dari peluang ekspor sepeda yang bisa Anda manfaatkan di tahun 2022!

 

Negara yang Menjadi Tujuan Indonesia Untuk Mengekspor Sepeda

Seperti yang Anda ketahui, bahwa pandemi COVID-19 ini tidak hanya menyerang Indonesia saja, melainkan seluruh negeri. Sehingga tidak mengherankan bahwa negara lain pun mencari alternatif olahraga yang bisa sekaligus menghilangkan penat, seperti bersepeda. 

Menurut riset dari Badan Pusat Statistik (BPS), di tahun 2020 Indonesia berhasil mengekspor sepeda sebanyak 7,5 juta kilo lho yang bahkan jumlah ini meningkat lebih dari 54 persen di akhir tahun 2021 menjadi 11,7 juta kilo! Angka yang luar biasa bukan?

Bahkan Indonesia sudah sangat sering lho melakukan ekspor sepeda ke negara-negara lainnya seperti Singapura, Swedia, Amerika Serikat, dan juga Inggris. Negara tersebut merupakan negara yang paling banyak menerima ekspor produk Indonesia. Sehinga Anda tidak perlu khawatir karena peluang ekspor produk Indonesia di luar negeri sangat menjanjikan.

 

Peluang Ekspor Sepeda di Luar Negeri

Dengan menjadi trendingnya kegiatan sepeda di kalangan masyarakat pecinta olahraga di seluruh dunia membuat peluang ekspor produk sepeda yang Anda miliki sangat menjanjikan lho! Anda bisa mengekspor berbagai macam produk seperti sepeda anak, sepeda balap, sepeda gunung, e-bike ataupun sepeda biasa. Selain mengekspor sepeda utuh, Anda juga bisa mengekspor komponen atau bagian-bagian dari sepeda seperti ban, rangka, dudukan sadel, hingga rantai. 

Hal ini dikarenakan tidak sedikit masyarakat yang enggan membeli baru karena terlalu mahal, dan lebih memilih untuk memperbaiki sepeda lama. Sehingga menjual bagian dari sepeda secara terpisah juga bisa menjadi peluang ekspor untuk Anda ya. Anda juga bisa menjual serta mengekspor produk aksesoris tambahan seperti lampu sepeda, helm, bel, dan juga baju khusus bersepeda.

Sehingga sangat penting untuk Anda menciptakan branding merek yang kuat agar produk yang Anda jual bisa laris baik itu di pasar dalam negeri dan juga luar negeri. Brand awareness calon konsumen sangat penting. jadi jangan lupa untuk membuat promosi di sosial media agar mereka mengetahui produk Anda ya.

Pastikan juga produk yang Anda jual memiliki standar keselamatan agar dapat bersaing dengan produk luar negeri lainnya. Perlu Anda ketahui, bahwa masih ada beberapa negara yang peluang ekspor nya masih belum Indonesia manfaatkan dengan maksimal lho. Salah satunya adalah Vietnam dan Jerman. Potensi pendapatan dari kedua negara ini bahkan lebih dari $50 juta! Sehingga Anda bisa mencoba untuk memasuki pasar di kedua negara tersebut. 

Nah, itu dia penjelasan singkat dari tren sepeda di masa pandemi dan juga bagaimana peluang ekspor untuk Anda yang memiliki bisnis sepeda. Terlebih di masa pandemi ini membuat banyak masyarakat yang mencari alternatif olahraga yang bisa membuat tubuh sehat dan sekaligus untuk melepas penat tanpa harus bertemu dengan banyak orang. Sehingga pendapatan dari bisnis sepeda sangat menjanjikan baik itu di pasar domestic maupun di pasar internasional. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arrino Fatra

19 November 2022

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS