24 September 2018
Dirilis
Penulis
Tim Daya Tumbuh Usaha
Meski produk lokal sedang menggeliat--dimulai dari tren kedai kopi yang menjamur hingga produk fashion di butik mewah di mal kenamaan--tapi secara umum produk Indonesia masih harus berjuang untuk merajai pasar di negeri sendiri. Salah satu tantangannya adalah soal jaringan pemasaran. Beruntung, kini kita bisa memanfaatkan teknologi digital. Memang, apa hebatnya teknologi digital?
Teknologi digital bisa membantu Anda menjangkau konsumen secara lebih luas, lebih personal, dan lebih efisien secara anggaran. Namun, produk Anda harus bisa mencuri perhatian, karena Anda akan bersaing dengan iklan visual produk asing yang menggemaskan. Jadi, tantangannya bukan sekadar mengetahui bagaimana cara menjual di lapak digital, tapi juga bagaimana cara menggunakan metode promosi yang tepat dan sesuai bagi calon atau konsumen Anda.
Nah, untuk membantu Anda, berikut ini tips yang bisa Anda coba dalam memasarkan produk secara digital, agar produk Anda bisa dipakai dengan dan diterima secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia.
1. Kenali Dulu Pasar Anda di Lapak Digital
Dunia digital tak sesempit gedung mal, bahkan dunia digital hampir tak ada sekat dan tak ada batas. Tentu saja ini bisa jadi keuntungan tersendiri apabila Anda tahu memanfaatkannya. Lihat kembali produk Anda, lalu kenalilah karakteristiknya. Untuk rentang usia berapa, kelas sosial apa, siapa kira-kira penyuka produk Anda, hingga media sosial apa yang cocok untuk produk tersebut. Ini semua agar promosi Anda di media sosial, market place, atau website, lebih tepat sasaran. Dengan mengetahui itu semua Anda bisa bergerak lebih efektif.
2. Pilih Media Paling Efektif
Setelah mengenali siapa segmen atau konsumen produk Anda, saatnya, Anda memilih media yang sesuai untuk produk tersebut. Carilah media sosial dan market place yang paling banyak digunakan oleh target konsumen Anda. Misalnya, bila produk Anda memiliki visual menarik dan sasarannya adalah anak muda, Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentu saja, unggahan visual produk Anda harus semenarik mungkin. Setelah itu, tak ada salahnya Anda memiliki lapak di market place, yang memiliki impresi positif di dunia digital. Jadi, Anda memiliki beberapa channel jualan: market place, website, dan media sosial. Hal tersebut seperti Anda memiliki banyak cabang toko.
3. Kemasan Sesuai Segmen
Setelah menentukan segmen dan memilih channel digital, saatnya Anda membuat produk dengan mutu yang baik dan mengemasnya sesuai segmen bisnis. Biasanya konsumen terpancing oleh kemasan yang menarik, sesuai tren, dan variatif. Bila menyasar kelas ekonomi atas, selain mutu yang baik, bentuk produk yang tak pasaran akan membuat calon pembeli melirik produk Anda. Untuk rentang harga yang masuk akal bagi semua kalangan ekonomi, Anda bisa mengemas produk dengan mutu yang cukup baik dan desain yang trendi. Hindari kesan produk yang monoton, karena pengguna internet dari kelas ekonomi menengah ke bawah pun ingin memiliki barang yang trendi.
4. Content is King
Di lapak digital, konsumen tidak bisa memegang dan melihat produk secara langsung. Untuk itu, penting bagi Anda menampilkan konten produk sedetail mungkin dalam bentuk visual dan teks. Bila perlu, tampilkanlah video. Setelah itu, riset dan evaluasi mana kontent promosi yang paling banyak diminati oleh calon atau konsumen Anda. Gunakan juga, teman-teman yang aktif di media sosial dan memiliki banyak follower untuk memberikan testimoni tentang produk Anda. Konten juga erat kaitannya dengan momen, manfaatkanlah momen-momen tertentu untuk mengadakan promosi, misalnya HUT RI, hari pelanggan nasional, atau harbolnas (hari belanja online nasional).
5. Dekat dengan Konsumen
Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan digital biodata merek Anda pada profil media sosial, website, atau di market place. Biodata harus lengkap dan jelas namun tetap ringkas dan mudah dipahami oleh konsumen. Dalam biodata, sisipkan pula nomor yang bisa saling berkirim pesan oleh konsumen. Pastikan admin nomor tersebut cukup responsif, informatif, komunikatif, dan tanggap masalah konsumen. Salah satu lapak digital yang laris manis adalah yang penjualnya mudah dihubungi. Dikarenakan lapak Anda belum sebesar korporasi ritel, ada baiknya menambahkan keterangan waktu dan hari admin aktif untuk dihubungi oleh konsumen. Berikan informasi pula, lama pengepakan barang saat transfer dana pembelian produk diterima dan waktu pengiriman produk kepada konsumen. Semakin jelas memberikan informasi, semakin Anda dekat dengan para pengguna internet.
Teknologi digital bisa membantu Anda menjangkau konsumen secara lebih luas, lebih personal, dan lebih efisien secara anggaran. Namun, produk Anda harus bisa mencuri perhatian, karena Anda akan bersaing dengan iklan visual produk asing yang menggemaskan. Jadi, tantangannya bukan sekadar mengetahui bagaimana cara menjual di lapak digital, tapi juga bagaimana cara menggunakan metode promosi yang tepat dan sesuai bagi calon atau konsumen Anda.
Nah, untuk membantu Anda, berikut ini tips yang bisa Anda coba dalam memasarkan produk secara digital, agar produk Anda bisa dipakai dengan dan diterima secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia.
1. Kenali Dulu Pasar Anda di Lapak Digital
Dunia digital tak sesempit gedung mal, bahkan dunia digital hampir tak ada sekat dan tak ada batas. Tentu saja ini bisa jadi keuntungan tersendiri apabila Anda tahu memanfaatkannya. Lihat kembali produk Anda, lalu kenalilah karakteristiknya. Untuk rentang usia berapa, kelas sosial apa, siapa kira-kira penyuka produk Anda, hingga media sosial apa yang cocok untuk produk tersebut. Ini semua agar promosi Anda di media sosial, market place, atau website, lebih tepat sasaran. Dengan mengetahui itu semua Anda bisa bergerak lebih efektif.
2. Pilih Media Paling Efektif
Setelah mengenali siapa segmen atau konsumen produk Anda, saatnya, Anda memilih media yang sesuai untuk produk tersebut. Carilah media sosial dan market place yang paling banyak digunakan oleh target konsumen Anda. Misalnya, bila produk Anda memiliki visual menarik dan sasarannya adalah anak muda, Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentu saja, unggahan visual produk Anda harus semenarik mungkin. Setelah itu, tak ada salahnya Anda memiliki lapak di market place, yang memiliki impresi positif di dunia digital. Jadi, Anda memiliki beberapa channel jualan: market place, website, dan media sosial. Hal tersebut seperti Anda memiliki banyak cabang toko.
3. Kemasan Sesuai Segmen
Setelah menentukan segmen dan memilih channel digital, saatnya Anda membuat produk dengan mutu yang baik dan mengemasnya sesuai segmen bisnis. Biasanya konsumen terpancing oleh kemasan yang menarik, sesuai tren, dan variatif. Bila menyasar kelas ekonomi atas, selain mutu yang baik, bentuk produk yang tak pasaran akan membuat calon pembeli melirik produk Anda. Untuk rentang harga yang masuk akal bagi semua kalangan ekonomi, Anda bisa mengemas produk dengan mutu yang cukup baik dan desain yang trendi. Hindari kesan produk yang monoton, karena pengguna internet dari kelas ekonomi menengah ke bawah pun ingin memiliki barang yang trendi.
4. Content is King
Di lapak digital, konsumen tidak bisa memegang dan melihat produk secara langsung. Untuk itu, penting bagi Anda menampilkan konten produk sedetail mungkin dalam bentuk visual dan teks. Bila perlu, tampilkanlah video. Setelah itu, riset dan evaluasi mana kontent promosi yang paling banyak diminati oleh calon atau konsumen Anda. Gunakan juga, teman-teman yang aktif di media sosial dan memiliki banyak follower untuk memberikan testimoni tentang produk Anda. Konten juga erat kaitannya dengan momen, manfaatkanlah momen-momen tertentu untuk mengadakan promosi, misalnya HUT RI, hari pelanggan nasional, atau harbolnas (hari belanja online nasional).
5. Dekat dengan Konsumen
Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan digital biodata merek Anda pada profil media sosial, website, atau di market place. Biodata harus lengkap dan jelas namun tetap ringkas dan mudah dipahami oleh konsumen. Dalam biodata, sisipkan pula nomor yang bisa saling berkirim pesan oleh konsumen. Pastikan admin nomor tersebut cukup responsif, informatif, komunikatif, dan tanggap masalah konsumen. Salah satu lapak digital yang laris manis adalah yang penjualnya mudah dihubungi. Dikarenakan lapak Anda belum sebesar korporasi ritel, ada baiknya menambahkan keterangan waktu dan hari admin aktif untuk dihubungi oleh konsumen. Berikan informasi pula, lama pengepakan barang saat transfer dana pembelian produk diterima dan waktu pengiriman produk kepada konsumen. Semakin jelas memberikan informasi, semakin Anda dekat dengan para pengguna internet.
Sumber:
Diolah dari berbagai sumber
Arrino Fatra
23 May 2023
Info yg bermanfaat
Balas
.0