Dirilis

15 Januari 2021

Penulis

Ferina Giovanca Hotnauli

Penjualan secara offline yang berbeda dengan online, membuat para pebisnis harus memahami perubahan perilaku konsumen. Apalagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang semakin cepatnya transisi ke kehidupan serba online. Pebisnis harus bisa mencari cara agar calon konsumen yang terbiasa dengan gaya beli offline tetap nyaman.

Di sisi lain, dengan menjamurnya pelaku bisnis online, calon konsumen kebingungan. Maksudnya, bingung mana toko yang trusted (dipercaya), apakah kualitas produk yang dijual benar-benar bagus dan layak, apakah produk yang ditawarkan difoto adalah foto aslinya, dan lain sebagainya. Apalagi banyak sekali kasus penipuan oleh toko online yang membuat calon konsumen semakin ragu.

Baca juga: Jagalah Kepuasan Pelanggan Anda

Keraguan dari calon konsumen inilah yang membuat Anda harus lebih kreatif lagi dalam menjalankan bisnis online

Nah, ada beberapa tips yang akan membantu Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Yuk mari simak tips berikut ini! 

1. Buat tampilan toko online yang menarik

Tampilan toko online yang menarik menjadi kunci penting. Karena sebelum calon konsumen melihat produk yang sedang dicari, calon konsumen melihat terlebih dahulu bagaimana tampilannya. Secara umum, yang dicari tampilan toko yang rapi, menarik, dan atraktif.

Jika toko Anda sesuai dengan yang diharapkan calon konsumen, calon konsumen akan mulai scroll mencari produk yang sedang dicari.

Buatlah tampilan toko online yang menarik tapi juga cukup simple. Berikan sentuhan gaya khas tersendiri dari toko online Anda, sehingga calon konsumen dengan mudah mengingat toko Anda.

Misalnya, Zalora yang khas dengan tampilan minimalis dengan sentuhan warna monochromenya. Berrybenka yang khas dengan tampilan classic dan rustic dengan pilihan warna earthtone. Atau Sayurbox dengan tampilan simple namun dipenuhi tulisan serba hijau terang.

2. Deskripsikan produk secara rinci

Calon konsumen sebelum membeli, akan melihat terlebih dahulu produknya secara rinci.

Misalnya, seorang calon pembeli ingin membeli pakaian. Ia akan melihat bahan apa yang digunakan, ukuran yang tersedia, warna apa saja yang tersedia dengan satu produk yang sama.

Dengan Anda memberikan hal detail tersebut, membuat calon konsumen percaya bahwa Anda hanya menjual barang dengan produk yang bagus. Sehingga keraguan calon konsumenpun dapat mulai memudar.

3. Mintalah review/testimonial dari konsumen Anda sebelumnya

Jika sudah ada konsumen yang membeli produk Anda, jangan sungkan untuk meminta produk Anda di review dengan jujur. Mau baik atau buruk hasil review-nya, dapat membantu Anda untuk mengembangkan produk yang Anda jual.

Dengan begitu, testimonial yang diberikan konsumen Anda sebelumnya dapat menjadi pertimbangan oleh calon konsumen untuk membeli.

4. Berikan contact person yang jelas

Contact person/narahubung yang jelas menjadi hal vital untuk toko online. Contact person berguna sebagai penghubung antara toko online Anda dengan calon konsumen.

Dengan adanya contact person, akan memudahkan calon konsumen untuk menanyakan apakah produk yang Anda jual masih tersedia atau jika ingin mengembalikan produk yang sudah dibeli karena salah ukuran atau lain sebagainya.

Dibutuhkan contact person yang sigap membalas chat pertanyaan konsumen dengan cukup cepat. Dengan begitu, konsumen akan merasa aman dan puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

5. Tawarkan berbagai macam pilihan pembayaran

Anda dapat bekerjasama dengan berbagai macam bank. Tidak semua bank melakukan free of charge, sehingga dibutuhkan minimal 3 macam bank. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur mobile banking, transfer manual, dan transfer otomatis ya. Serta pastikan juga toko Anda menerima dengan pembayaran debit ataupun credit card

Baca juga: Macam-Macam Sistem Pembayaran Pada Bisnis E-Commerce

Atau Anda dapat bekerjasama dengan beberapa merchant e-wallet. Dengan maraknya e-wallet saat ini, bisa menjadi poin plus jika Anda juga bekerja sama. Sehingga calon konsumen merasakan kemudahan saat berbelanja di toko Anda.

6. Berikan penawaran diskon yang pintar

Siapa yang tidak suka diskon? Semua orang sangat suka diskon. Anda dapat membuat diskon yang menarik untuk calon konsumen Anda. Tidak usah terlalu besar namun cukup mengurangi saat pembelian. Dan bikin diskon yang menarik.

Misalnya, Anda dapat memberikan potongan 10 persen untuk calon konsumen yang baru pertama kali berbelanja di toko online Anda. Namun jika ingin mendapatkan potongannya, dapat mengisi email terlebih dahulu dan voucher potongannya akan dikirimkan via email.

Dengan begitu, Anda dapat mendata siapa saja konsumen Anda. Dan calon konsumen pun senang mendapatkan potongan harga.

Atau bisa saja Anda bekerja sama dengan salah satu ekspedisi dengan memberikan potongan gratis ongkos kirim.

Berikan penawaran diskon yang pintar ya. Anda puas, konsumen pun senang!

7. Gunakan ekspedisi pengiriman barang yang jelas

Ekspedisi menjadi salah satu poin penting dalam menjalankan bisnis online. Banyak sekali kasus tentang ekspedisi yang tidak mengirimkan produk Anda ke tangan konsumen dengan baik. Ada yang barangnya rusak bahkan tidak sedikit yang hilang.

Pilihlah ekspedisi yang tepercaya, yang sudah banyak digunakan oleh orang banyak. Misalnya JNE, JnT, Tiki, SiCepat, Paxel, dan lain sebagainya.

Tidak salah lho, jika Anda bertanya ke sesama pebisnis online. Dengan begitu Anda akan banyak menerima masukan dan Anda dapat menentukan menggunakan ekspedisi apa yang terbaik hingga sampai di tangan konsumen dengan baik.

Dengan Anda dapat membuat tampilan toko online dengan lebih menarik, memberikan rincian produk secara detail, terdapat testimonial yang cukup baik dari konsumen sebelumnya, memberikan contact person yang jelas dan cepat tanggap, memberikan diskon yang menarik untuk calon konsumen, serta bekerja sama dengan ekspedisi yang akuntabel, sehingga calon konsumen tidak ragu untuk berbelanja di toko online Anda.

Namun jika Anda sudah melakukannya dengan cukup baik dan Anda masih bingung cara apalagi yang sekiranya dapat membantu Anda agar calon konsumen tetap ingin berbelanja di toko Anda, Anda dapat menanyakan dengan fitur Tanya Ahli atau Anda dapat melihat tips lainnya lewat artikel daya.id

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS