Dirilis

22 Desember 2021

Penulis

Fitrianur Meilin Yusuf Muhamad Fadilah Ramadika, Olivia Poretto

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Bank BTPN dengan Sekolah Bisnis IPB

Akhir tahun merupakan momen yang identik dengan kekeluargaan, namun apakah Anda sadar bahwa terdapat peluang besar untuk mengembangkan usaha Anda? Momen liburan bisa Anda gunakan untuk mengoptimalisasi traffic sales dan meningkatkan pemasukan. Tentunya dalam mengembangkan sebuah usaha melalui e-commerce, pelaku usaha dituntut untuk menciptakan inovasi cerdas agar mampu bertahan dan melebarkan sayap selebar-lebarnya, salah satu inovasi yang tepat adalah dengan mengembangkan inovasi dalam bidang pemasaran. 

Dari sekian banyak tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di akhir tahun, berikut adalah 3 tips yang sudah terbukti ampuh dan diterapkan oleh banyak toko di berbagai e-commerce seperti Unilever Indonesia Official Shop dan Manamiproject.id dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Yuk simak tips berikut.

 

Gunakan Tema yang Tepat

Dalam suasana yang ceria tentunya kita juga harus memberikan kebahagiaan kepada setiap pelanggan. Sebagai makhluk visual, manusia juga perlu disuguhkan dengan hal-hal yang menarik perhatian. Gunakan desain yang senada dengan keadaan, biasanya momen akhir tahun erat kaitannya dengan Natal. Merah merupakan pilihan yang tepat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, selain mencuri perhatian, menurut psikologi warna merah merupakan warna yang bisa merangsang emosi paling kuat ketimbang warna lainnya. 

Tahukah anda toko online Unilever Indonesia Official Shop? Toko tersebut selalu menggunakan tema yang sesuai di setiap momen perayaan, tanpa terkecuali pada Natal dan Tahun Baru. Dalam momen tersebut mereka memaksimalkan promo dan tema yang sesuai, utamanya konsumen yang merayakan momen tersebut akan menjadi lebih aware terhadap produk-produk yang mereka jual, dengan begitu grafik penjualan akan merangkak signifikan.

Mulailah dari hal yang terkecil, dengan memberikan efek salju dan pohon cemara akan memperkuat tema yang akan dipilih. Dominasikan warna merah yang dipadukan dengan angka mampu membuat mata pelanggan tertuju kepadanya, sebab angka dengan warna merah identik dengan diskon spesial. Pada saat yang sama, manfaatkan tema sebagai promo gabungan, seperti pada edisi spesial Natal jika pelanggan membeli produk hingga lima ratus  ribu akan mendapat potongan sebesar lima puluh ribu. 

Maka dari itu segera sesuaikan tema desain Anda! saat ini sudah banyak sekali aplikasi penyedia desain yang memudahkan penggunanya untuk menghasilkan karya menarik baik secara gratis maupun berbayar, tentunya sudah tidak ada lagi alasan untuk enggan mempercantik toko online Anda.

 

Retarget Calon Pelanggan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu kebiasaan konsumen saat berbelanja online, yaitu memasukkan barang ke keranjang tanpa melakukan proses pembelian. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan pemasaran email (email cart abandonment)

Berdasarkan data dari remarketing specialist SalesCycle tentang hasil implementasi email cart abandonment diketahui:

  • Hampir setengah (44.1%) dari email cart abandonment dibuka.
  • Lebih dari sepersepuluh (11.6%) dari email cart abandonment diklik.
  • Hanya dibawah sepertiga (29.9%) klik yang mengarah ke pembelian yang belum selesai di website, sisanya 70% masuk ke cart abandon.
  • AOV (Average Order Value) dari recovered purchase 14.2% lebih tinggi dari typical purchases.

Wah, peluangnya besar sekali bukan untuk meningkatkan penjualan Anda? Lalu langkah-langkah apa saja yang sebaiknya Anda lakukan?
 

1. Tuliskan kalimat subject yang efektif

Hal ini bertujuan agar email cart abandonment Anda dibaca. Anda dapat menuliskan isi email yang jelas dalam subject, misalnya “Anda meninggalkan produk di keranjang Anda”. Anda juga dapat melakukan personalisasi kalimat subject dengan menggunakan nama pertama penerima email, seperti “Dika, apakah Anda melupakan sesuatu di keranjang belanja?” atau dengan nama produk itu sendiri, misalnya “Kami masih menyimpan [masukkan nama produk] untuk Anda!”. 

2. Ciptakan suasana terburu-buru

Contohnya “Cepat, keranjang Anda akan habis waktunya dalam 24 jam!” atau dapat juga dengan menargetkan sense of excitement mereka tentang produk Anda, seperti “Hei Dika, Anda lupa seberapa inginnya Anda membeli produk ini!”

3. Masukkan navigasi regular website Anda 

Hal ini dilakukan untuk mendorong mereka kembali ke situs Anda dan langsung dihadapkan dengan produk lain yang tersedia. 

4. Ingatkan kembali produk yang telah ditinggal 

Dengan memberikan detail dari produk tersebut, misalnya dengan memasukkan gambar dari produk, harga, warna, dan ukuran barang yang mereka pilih. 

5. Perhatikan gaya pesan 

Buatlah gaya pesan yang sesuai dengan brand Anda dan tetap menjaga tone penyampaian pesan yang terkesan membantu, bukan memaksa.


 

Pasang Iklan Meriah

Tips terakhir ini berlaku sebagai penutup dari tips-tips diatas. Perlu diingat bahwa pada akhir tahun terdapat banyak pelaku bisnis lain yang juga memanfaatkan kesempatan momen akhir tahun, jangan sampai strategi yang sudah Anda siapkan matang-matang tidak sampai dengan baik ke tangan para calon pembeli hanya karena strategi promosi yang tidak tepat.

Seperti yang dilakukan oleh Manamiproject.id yang sudah berkutat dengan e-commerce sejak 2020 lalu, sang pemilik memaksimalkan setiap fitur promosi berbayar yang disediakan oleh e-commerce yaitu berupa diskon, optimalisasi kata kunci di kolom pencarian, hingga promo gratis ongkos kirim dan Manamiproject.id mengakui bahwa fitur-fitur tersebut berhasil menggaet para pembeli.

Sebelum memasang iklan, Anda bisa memaksimalkan fasilitas edukasi mengenai iklan dan promosi yang disediakan oleh setiap e-commerce yang ada di Indonesia. Perlu diingat bahwa sistem periklanan setiap e-commerce pasti berbeda, dengan mempelajari sistem yang ditawarkan dari masing-masing e-commerce Anda dapat mengetahui secara detail slot iklan yang ditawarkan sehingga dapat mempertimbangkan baik dan buruk dari setiap tawaran dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Untuk dapat mengakses fitur tersebut, Anda hanya perlu menuju laman 'seller center' dari e-commerce yang Anda gunakan, disana Anda akan dipandu untuk memilih dan mengisi tawaran slot iklan, iklan produk atau toko, siapa saja target konsumen Anda, iklan bertahan berapa lama, hingga harga yang harus Anda bayarkan untuk memasang iklan akan tertulis dengan jelas. Dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangan setiap jenis iklan yang ditawarkan, Anda bisa memasang iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


 

Selain iklan berbayar, Anda juga bisa memaksimalkan aktivitas promosi iklan dengan menggunakan akun media sosial pribadi atau media sosial toko Anda untuk memanfaatkan fitur iklan gratis. Iklan gratis ini bisa Anda gunakan untuk memperluas audience dan meningkatkan awareness masyarakat mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Pastikan Anda menyertakan tagar yang berhubungan dengan produk di setiap unggahan, buka ruang untuk berkomunikasi dengan membagikan kisah pengalaman bisnis atau behind the scenes dari bisnis Anda atau hanya sekedar mengajukan pertanyaan seputar tema yang sedang marak pada waktu itu untuk memancing perhatian orang-orang. 

Langkah yang tidak boleh dilewatkan, jangan lupa untuk menghubungkan setiap media sosial dengan laman toko e-commerce Anda, dengan begitu audience yang didapatkan tidak hanya berhenti sebagai penonton namun juga sebagai calon pembeli hingga pembeli.

 

Nah, sekarang sudah terjawab bukan apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk mengembangkan usaha Anda dengan memanfaatkan momen liburan ini? Eits, perlu diingat juga momen liburan bukan hanya tentang menciptakan pendapatan. Tetapi juga dapat Anda gunakan untuk menjalin hubungan dengan para pelanggan agar mereka dapat engage dan terus melakukan pembelian di e-commerce Anda bahkan bukan hanya saat momen liburan saja. 

Pastikan untuk selalu memperhatikan retensi pelanggan saat membuat keputusan pemasaran. Anda dapat mengakses daya.id untuk mendapatkan lebih banyak lagi referensi seputar bisnis.  Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan mitra ahli daya.id pada fitur Tanya Ahli. Ayo daftarkan diri Anda ke daya.id untuk menikmati konten dan fitur dari daya.id tanpa batas. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS