Dirilis

05 November 2024

Penulis

Madyaning Sekar Nuricha Pramesti

Dua bulan lagi sudah berganti tahun, namun penjualan Anda belum mencapai target? Bisa dibilang dua bulan bukan waktu yang lama tetapi ketika Anda tahu strateginya, waktu yang tersisa dapat digunakan dengan maksimal.

Umumnya yang sering dilakukan pebisnis agar mencapai target penjualan adalah menurunkan harga produk dan memberi diskon besar-besaran. Kira-kira apakah strategi yang dilakukan itu sudah cukup? Mari kita bahas di artikel ini.

 

3 Tips Kejar Target Penjualan

Anda perlu fokus, apa saja yang bisa dilakukan dalam waktu dua bulan ini agar target penjualan bisa tercapai. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

 

1.    Obral Produk

Salah satu strategi yang biasa dilakukan ketika mengejar target penjualan adalah menjual produk dengan harga yang murah. Hal ini memang bisa meningkatkan jumlah penjualan, namun perlu diperhatikan apakah keuntungannya juga bagus.

Untuk bisa meningkatkan volume penjualan dan tetap untung diperlukan strategi ini.

 

a.    Paket Produk

Anda bisa menjual produk berbentuk paket/gabungan dengan harga yang lebih rendah daripada harga satuannya. Strategi ini secara psikologis akan menarik pelanggan untuk membeli karena merasa lebih untung. 

Membuat paket produk tidak boleh asal, Anda harus menemukan cara yang tepat. Misalnya, Anda bisa menggabungkan produk terlaris dengan produk yang memiliki keuntungan tertinggi atau produk terlaris dengan produk yang kurang laku dan masih banyak stoknya. 

 

b.    Cuci Gudang

Cuci gudang merupakan salah satu strategi pemasaran dengan menjual produk dengan harga yang lebih murah daripada biasanya. Tujuan dari strategi ini adalah menghabiskan stok lama yang belum laku.

Yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan produk mana yang akan dibandrol dengan harga yang murah. Misalnya. produk yang masa pemakaiannya akan habis, produk yang masih banyak stoknya, dan produk yang sudah ketinggalan zaman. 

Setelah tahu produknya, keluarkan dan kumpulkan produk tersebut di tempat paling terlihat. Ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk yang baru dibandrol dengan harga yang murah.

 

c.    Promo Kilat

Jika Anda menjalankan bisnis di toko online seperti e-commerce, promo kilat atau flash sale jauh lebih tepat digunakan. Buatlah pelanggan merasa penting dan segera membeli produk Anda.

Agar strategi ini sukses, Anda perlu memilih diskon dan momen yang tepat meskipun flash sale bisa dilakukan kapan saja. Pilih momen-momen tertentu yang orang cenderung lebih banyak melakukan pembelian seperti tanggal gajian, hari perayaan, dan lainnya.

 

2.    Buat Gebrakan Baru

Meski hanya tinggal dua bulan lagi, Anda harus bisa memunculkan inovasi baru agar pelanggan lebih tertarik. Berikan gebrakan baru yang menarik. Anda bisa memanfaatkan hari-hari spesial di dua bulan terakhir. Sesuaikan tema atau produk Anda untuk menyambut hari spesial.

Misalnya, bulan November sebagai bulan pahlawan. Anda bisa mendesain kemasan atau tema produknya tentang pahlawan. Misalnya lagi, nanti di bulan Desember ada perayaan natal, Anda bisa membuat gebrakan baru seperti hampers dan merchandise untuk menyambut hari tersebut.

 

3.    Pakai Teknik Penutupan

Teknik penutupan atau closing sales adalah strategi yang digunakan untuk mendorong seseorang yang sebelumnya ragu membeli jadi membeli. Banyak jenis teknik penutupan yang dapat Anda lakukan. Berikut ini jenis yang paling banyak dan ampuh untuk dilakukan.

 

-    Penawaran Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Cukup menginformasikan bahwa promosi yang sedang Anda lakukan dibatasi waktu dan kuota. 

 

-    Barang Terbatas

Anda bisa menuliskan bahwa barang yang dijual terbatas. Misalnya jika Anda di bisnis pakaian, baju model sabrina ukuran S hanya 100 pcs. Pembatasan jumlah barang ini bisa mendorong orang segera membeli karena takut kehabisan.

 

-    Barang Satu-Satunya

Teknik ini dapat Anda gunakan agar orang merasa spesial karena memiliki barang yang jarang orang lain punya. Jelaskan kepada pelanggan bahwa produk Anda seri tersebut tidak diproduksi kembali.

Waktu terus berjalan, Anda dapat memaksimalkan dua bulan kedepan untuk mengejar target penjualan. Ayo, lakukan 3 tips kejar target akhir tahun dengan cara obral produk, buat gebrakan baru, dan gunakan teknik penutupan. Tetap fokus dan terus meningkatkan kinerja Anda dan tim agar tahun 2024 ditutup dengan banyak keuntungan.

Kejar target penjualan juga erat kaitannya dengan pemasaran, baik langsung maupun online. Anda bisa menemukan berbagai tipsnya di Daya.id dengan cara mendaftarkan diri Anda di sini  secara Gratis. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya untuk menemukan solusi yang terbaik.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Jefri purwo carito

14 November 2024

Good

Balas

. 0

Fando hari susetyo

06 November 2024

Mantab

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS