Dirilis

04 April 2022

Penulis

Rhein Mahatma

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menurut riset dari Napoleon Cat, di akhir tahun 2021 jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 90 juta lebih. Tentu saja ini angka yang sangat besar bukan? Dimana menurut hasil riset yang sama, lebih dari 33 persen dari jumlah pengugguna Instagram berusia 18-24 tahun. 

Tentunya ini merupakan angka yang sangat besar, dimana generasi milenial dan Z adalah pengguna yang paling mendominasi. Sehingga tidak mengherankan jika gen milenial dan Z ini selalu menjadi orang yang up to date dengan segala tren yang terjadi di Internet. Terlebih ketika pandemi COVID-19 datang ke Indonesia dan merubah hampir seluruh gaya hidup masyarakat, gen milenial dan Z ini adalah yang paling cepat beradaptasi. 

Mereka terbiasa menghabiskan banyak waktu di depan ponsel, laptop, dan elektronik lainnya. Instagram menjadi salah satu alternatif mereka baik itu untuk mencari hiburan, berinteraksi dengan teman, maupun mencari informasi tentang apapun. Dengan banyaknya pengguna Instagram di Indonesia yang ‘melek’ teknologi, tidak sedikit pebisnis yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk memasarkan produk milik mereka.

Jika Anda adalah pebisnis UMKM, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memasarkan produk Anda di Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram dapat Anda manfaatkan menjadi salah satu strategi promosi yang memiliki potensial besar untuk menarik calon konsumen lho. Dengan kemajuan zaman yang semakin canggih, banyak brand dan pebisnis memilih media sosial \untuk memasarkan produk mereka. 

Namun tidak sedikit para pebisnis yang masih binggung, terutama pebisnis UMKM, bagaimana cara memanfaatkan konten Instagram untuk memasarkan produk milik mereka? Apabila Anda adalah salah satu pebisnis yang masih binggung, mari simak tips di bawah ini tentang bagaimana memanfaatkan Instagram untuk UMKM.

 

Kelebihan Instagram untuk UMKM

Selain karena pengguna Instagram sangat banyak di Indonesia, Instagram memiliki banyak kelebihan untuk memasarkan produk Anda, salah satunya adalah:

 

1.    Jangkauan target audiens sangat luas.

Jika Anda membuat konten Instagram yang mendapatkan banyak likes, comment, dan juga di share oleh orang lain, maka secara tidak langsung mereka ikut menyebarkan konten Anda kepada pengikut di akun mereka. Instagram tidak mengenal jarak yang membuat siapa saja bisa melihat konten Instagram Anda tidak harus yang berdekatan dengan Anda. Sehingga kemungkinan Anda untuk meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk Anda sangat besar. 

 

2.    Meningkatkan engagement calon konsumen dengan Anda.


Tentu saja untuk membuat calon konsumen familiar dengan produk Anda adalah dengan melakukan komunikasi dua arah atau berinteraksi dengan mereka. Ketika konten Instagram yang Anda buat relevan dengan apa yang mereka rasakan, maka mereka pasti akan memberikan tanggapan seperti likes, comment, atau bahkan men-share postingan Anda. Anda dapat membalas komentar mereka ataupun  memanfaatkan Instagram Stories untuk menanyakan pertanyaan kepada mereka seperti bagaimana kabar mereka dan lainnya. Semakin banyak Anda berinteraksi dengan calon konsumen, maka Anda akan meningkatkan kemungkinan mereka untuk dekat dengan Anda dan membeli produk Anda. 

 

3.    Tidak membutuhkan modal besar

Sebagai pebisnis UMKM, tentunya Anda memiliki modal yang terbatas bukan? Umumnya pebisnis UMKM pasti akan mendahulukan untuk keperluan membeli bahan baku produk, dan cenderung memangkas pengeluaran untuk promosi. Promosi yang paling terkenal tentu saja seperti menyewa baliho di pinggir jalan atau menyebarkan brosur disetiap tempat. Tentu saja promosi seperti itu akan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun dengan adanya Instagram, Anda sebagai pebisnis UMKM tetap bisa melakukan promosi loh. Anda hanya memerlukan ponsel yang terkoneksi dengan internet, maka Anda bisa melakukan promosi di Instagram!

 

Tips memanfaatkan Instagram untuk UMKM

Setelah Anda memahami beberapa kelebihan Instagram sebagai media promosi, selanjutnya adalah Anda bergabung ke Instagram. Agar dapat memaksimalkan Instagram, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk bisnis UMKM Anda:

 

1.    Riset target market 

Sebelum Anda membuat konten, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu target market seperti apa yang Anda inginkan. Apakah wanita atau pria? Yang sudah bekerja atau masih sekolah? Yang mementingkan kualitas bagus namun mahal, atau mengutamakan harga murah? Setelah Anda mengetahui siapa yang akan menjadi target market Anda, Anda bisa membuat konten dan menyesuaikan dengan produk yang Anda punya. 

 

2.    Buatlah konten Instagram yang menarik dan unik

Instagram adalah tempat dimana Anda dapat membagikan konten baik itu foto maupun vidio. Anda bisa membuat konten seperti mengenai produk Anda seperti apa itu produk Anda ataupun kelebihan produk Anda dibandingkan produk lain di pasaran. Selain itu Anda bisa membuat konten yang menghibur seperti posting meme yang sedang trending, konten yang mengedukasi, konten giveaway, dan juga konten yang mengajak calon konsumen untuk membeli produk Anda. Pssst! Tetap pastikan konten Instagram yang hendak Anda buat harus relate dengan produk Anda. Jangan sampai Anda hanya ikut-ikutan orang lain dan memposting konten yang tidak ada hubungannya dengan produk Anda yaa!

 

3.    Manfaatkan hashtag dan caption yang sesuai

Salah satu yang membuat konten Anda lebih menarik dan dapat dijangkau oleh calon konsumen adalah dengan menggunakan hashtag dan caption yang sesuai. Caption adalah teks singkat yang biasanya ada di dalam foto atau vidio Instagram ataupun yang berada di bawah unggahan Instagram. Selain itu hashtag adalah kata atau kombinasi kalimat yang bisa Anda tuliskan di konten Anda dengan menggunakan tanda # sebagai awalan. Anda bisa menuliskan hashtag baik itu bersamaan dengan caption maupun tidak. 

Sebagai contoh, jika Anda membuat konten Instagram tentang produk yang Anda punya, misalkan kue ulang tahun, Anda pasti akan menggunakan caption atau teks singkat yang berhubungan dengan ulang tahun bukan? Selain itu Anda juga bisa menambahkan hashtag yang sesuai seperti #UlangTahun atau #KueUlangTahunMurah agar postingan Anda bisa mudah dicari oleh konsumen Anda. Dengan caption yang sesuai dan menarik, Anda dapat menarik minat calon konsumen untuk membeli produk yang Anda punya. 

 

4.    Waktu posting konten Instagram

Walau sekilas terlihat remeh, namun waktu memposting suatu konten juga memiliki pengaruh lhoo! Menurut riset dari Oberlo, waktu terbaik untuk memposting konten Instagram adalah di waktu istirahat kerja dari jam 11.00 sampai 13.00, dan juga ketika selesai bekerja di jam 19.00 sampai dengan 21.00 malam. Menurut hasil riset yang sama, hari terbaik untuk memposting konten Instagram adalah hari Senin, Rabu, dan Kamis. Sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba memposting konten Instagram di hari-hari ini.

 

5.    Bekerja sama dengan influencer 

 
Jika Anda memiliki budget lebih untuk promosi, tidak ada salahnya untuk Anda bekerja sama dengan influencer di Instagram lhoo. Ada banyak sekali influencer yang menerima produk gratis dengan harga jasa murah yang bisa Anda ajak kerja sama. Kelebihan dari bekerja sama dengan influencer adalah mereka biasanya telah memiliki banyak pengikut dan bisa membuat konten yang menarik untuk mempromosikan produk Anda. Pastikan Anda memilih influencer yang sesuai dengan produk kalian yaa. Jika produk yang kalian punya adalah tentang makanan, maka pilihlah influencer yang berkutat di bidang kuliner agar lebih terpercaya.

Sekian adalah penjelasan singkat dari kelebihan Instagram sebagai media promosi dan tips memanfaatkan Instagram bagi Anda pebisnis UMKM. Anda bisa mempraktikkan tips di atas agar dapat memaksimalkan media sosial Instagram untuk meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk Anda dan juga membuat produk Anda laris terjual. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Siti Maesaroh

18 Juni 2023

Bagus bgt

Balas

. 0

NURHAYDA SIGIRO

22 Mei 2023

Bagus artikel nya

Balas

. 0

Tio Apridinata Sibarani

16 November 2022

Terima Kasih. Artikelnya sangat bermanfaat..

Balas

. 0

Leo Lamin

16 November 2022

bagus sekali artikelnya

Balas

. 0

Rofiqoh Chaerunisa

16 November 2022

Terima kasih, bermanaat sekali artikelnnya! :)

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS