Dirilis

03 Mei 2018

Penulis

Tim daya Tumbuh Usaha

Ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan. Tapi sebaiknya pilih yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kemampuan seperti apa?

Salah satu metode sederhana untuk membantu Anda memilih usaha yang tepat adalah metode macro screening atau penyaringan secara makro. Metode ini membandingkan variabel atau faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kendala yang Anda hadapi.

Misalnya, variabel yang mempengaruhi keberhasilan usaha adalah modal (Mdl), bahan baku (BB), ketersediaan tenaga kerja (TK), dan pasar (Psr). Variabel yang Anda miliki akan menjadi kekuatan dan sebaliknya variabel yang tidak dimiliki atau miliki secara terbatas akan menjadi kendala.

Variabel yang menjadi kekuatan Anda beri nilai antara 1-5. Nilai 1 jika Anda sangat kurang menguasai, nilai 2 jika kurang, nilai 3 sedang, nilai 4 cukup, dan nilai 5 jika Anda nyaris sangat menguasai.

Contoh Kasus
Misalnya Anda memiliki minat membuka usaha toko kelontong, bengkel motor, counter HP, warung makan, dan toko busana.

Langkah 1
Buatlah daftar seluruh jenis usaha beserta variabelnya. Seperti berikut ini:
Langkah 2
Beri nilai dari masing-masing variabel di setiap jenis usaha, lalu jumlahkan. Anggaplah hasilnya seperti berikut:

Anda memberi nilai 5 ke kolom modal toko kelontong karena tidak ada kendala modal. Anda memberi nilai 4 ke kolom pengadaan bahan baku karena cukup memiliki kenalan supplier, tapi masih harus mencari yang bisa memberi untung lebih besar. Kolom tenaga kerja Anda beri nilai 4, karena cukup punya kenalan orang untuk jadi karyawan. Pasar Anda beri nilai 3, karena persaingan sangat ketat. 

Anda juga melakukan hal yang sama ke kolom usaha lainnya. Lalu jumlahkan dan buat kesimpulan. Jumlah tertinggi merupakan usaha yang paling siap segera Anda mulai.

Langkah 3 (Tambahan)
Jika dilihat dari hasil akhir penilaian pada kolom di atas, jumlah tertinggi pada usaha toko kelontong dan warung makan. Sehingga, Anda perlu menambah satu atau lebih variabel lagi untuk menentukan usaha yang tepat, misalnya lokasi.

Ternyata lokasi yang Anda persiapkan ada di tengah persawahan. Lokasi tersebut jika digunakan untuk usaha toko kelontong mungkin hanya memberikan nilai 3, tetapi untuk warung makan bisa diberi nilai 5. Karena, usaha warung makan dinilai cukup menarik jika dihubungkan dengan sawah, pemandangan, dan lain-lain. Hasilnya setelah ditambah variabel lokasi bisa seperti ini:

Dengan demikian, usaha yang paling siap Anda mulai adalah warung makan.

Mudah bukan caranya? Masih bingung menentukan usaha yang ingin dijalankan? Segera lakukan penilaian jenis usaha yang Anda inginkan dan pilih sesuai kekuatan yang dimiliki!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Lucky Lombu

07 May 2018

Menarik sekali tipsnya...

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS