Dirilis

25 Pebruari 2022

Penulis

Martha CL Hutapea

Dalam beberapa tahun terakhir konsumsi kopi di Indonesia telah mengalami peningkatan. Kopi kini bukan hanya dianggap sebagai minuman, tetapi juga sebagai gaya hidup. Termasuk saat pandemi, pemesanan kopi via online juga semakin bertambah banyak. 

 

Menurut data Kementerian Pertanian, pada tahun 2021 jumlah konsumsi kopi nasional sebesar 369,9 ribu ton. Angka ini meningkat cukup signifikan dibanding konsumsi kopi di tahun 2016 yaitu sebesar 249,8 ribu ton. Konsumsi kopi domestik saat ini tumbuh sekitar 13,9% per tahun, melebihi konsumsi dunia 8%.

 

Sementara itu, pendapatan dalam berbisnis kopi di Indonesia juga diperkirakan mencapai USD 9,5 miliar pada tahun 2021. Menurut Statista, pasar diperkirakan akan tumbuh setiap tahun sebesar 9,8 persen hingga tahun 2025. 

 

Nah, melihat data ini, bukankah itu artinya masih terbuka peluang besar bagi Anda yang ingin berbisnis kopi? 

 

Jika Anda tertarik membuka bisnis kopi, ada 2 jenis bisnis yang bisa Anda coba:

1. Membuka kedai kopi

Saat ini Anda dapat mudah menemukan kedai kopi di setiap jalan mulai dari yang sederhana hingga yang besar. Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal kecil dan dengan peralatan yang sederhana juga. Namun konsep dan pemasarannya harus dirancang dengan baik.

2. Roastery

Inti dari bisnis ini adalah menyangrai kopi atau me-roasting kopi (pemisahan biji kopi dari kulit dan daging). Sebagian besar kualitas atau rasa kopi ditentukan dalam proses ini, untuk itu dalam memulai roastery diperlukan pengetahuan yang cukup terkait roastery dan alat pemanggang kopi. 

 

Tapi di artikel ini, kita fokus dulu ke bisnis kedai kopi ya.


 

Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi

Dengan meningkatnya konsumsi kopi secara nasional serta meningkatnya penjualan dalam bisnis kopi, bisa dibilang bisnis kopi merupakan salah satu usaha yang banyak diminati dan banyak pelaku usaha yang ingin memulai bisnis kopi. Lalu, jika Anda ingin ikut dalam kompetisi, apa saja hal-hal yang dapat Anda siapkan dalam memulai bisnis kopi?

 

1. Tentukan Konsep Bisnis Kopi 

Pada tahap awal, tentukan bisnis apa yang akan Anda jalankan. Apabila Anda akan memulai usaha warung/ kedai kopi, maka tentukan apakah gerai yang nantinya dijalankan akan bergerak di bidang bisnis kopi kekinian atau konsep kopi tradisional dan pastikan konsep yang Anda pilih sesuai dengan target market Anda. 

Dalam melakukan perencanaan bisnis, Anda dapat menggunakan tools yang sudah ada, misalnya dengan business model canvas sehingga akan lebih mudah untuk anda melakukan perencanaan bisanis. Didalam BMC ini akan membantu Anda dalam mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya target pasar, kemampuan modal, dan kesiapan infrastruktur.

 

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Hasil seduhan kopi yang nikmat memang menjadi hal utama, namun jangan lupa untuk menyediakan tempat yang nyaman dan strategis bagi konsumen. Hal pertama yang bisa Anda lakukan sebelum memilih lokasi yaitu melakukan survei untuk mengetahui apakah target pasar Anda berada di lokasi tersebut atau tidak. Hindari kawasan yang sudah banyak kedai kopi dengan nama besar. Sebaiknya pilihlah lokasi yang belum banyak diisi gerai kopi, sehingga memperbesar peluang konsumen untuk datang. Namun apabila di lokasi yang Anda pilih sudah ada kedai kopi sebaiknya tawarkan konsep kedai kopi yang berbeda dengan kedai kopi sekitar.  Yang terakhir pilihlah akses menuju lokasi yang mudah dan bisa dilewati berbagai jenis kendaraan. 

 

 

3. Kecukupan Modal 

Perhitungkan dengan baik proyeksi keuntungan yang akan diperoleh dengan modal usaha yang Anda miliki. Sesuaikan konsep bisnis dengan modal yang Anda miliki. 

Untuk menghitung modal awal anda dapat menggunakan rumus berikut ini

 

Modal Awal = Modal Investasi + Modal Kerja + Modal Operational

 

Untuk mengetahui lebih lengkap cara menggunakan rumus perhitungan modal awal tersebut dan mengetahui manfaat menghitung modal awal dapat di baca dan dipelajari di artikel Cara Menghitung Modal Awal Secara Lengkap Dan Manfaatnya di Daya.id.

 

 

4. Persiapan SDM

Untuk mendukung bisnis Anda, pilihlah sumber daya manusia yang tepat. Dimulai dari pemilihan barista yang bisa meracik varian kopi sesuai konsep bisnis Anda. Begitu juga dengan pemilihan pegawai lain seperti kasir atau waiter yang dapat melayani kebutuhan dan kepuasan konsumen. 

 

 

5. Gunakan Platform Digital

Memanfaatkan platform digital merupakan langkah yang tepat di era saat ini. Anda dapat memanfaatkan media sosial, contoh: Instagram dan Facebook, maupun marketplace seperti shopee, tokopedia, dsb untuk menjual dan memasarkan produk Anda secara online

Terlebih saat pandemi, banyak kegiatan yang dialihkan ke rumah sehingga membatasi mobilitas konsumen dalam melakukan transaksi. Dengan pemasaran online ini komunikasi dengan konsumen menjadi lebih mudah dan promosi juga lebih tepat sasaran


 

Bisnis Kedai Kopi dengan Sistem Franchise


Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi namun masih bingung, Anda bisa mencoba untuk memahami lebih dalam peluang usaha kopi dengan sistem waralaba atau kemitraan, seperti yang bisa Anda temukan di Peluang Usaha daya.id. 

Sistem franchise cenderung bisa mempermudah Anda dalam memulai usaha, karena pihak franchisor atau pemberi waralaba, akan membantu Anda menyiapkan beberapa hal dasar yang Anda butuhkan. 

Selain itu, dengan sistem franchise, Anda hanya perlu mengikuti sistem yang telah dibuat pihak pewaralaba, karena manajemen bisnis sudah terbentuk dan berjalan. 

Keuntungan lain menggunakan sistem franchise biasanya produk dan merek sudah dikenal  masyarakat luas, sehingga lebih mudah untuk menjangkau konsumen dan Anda tak perlu repot lagi melakukan branding pada merek bisnis. Anda pun tidak perlu kuatir, karena sebelum memulai bisnis Anda akan mendapatkan pelatihan oleh franchisor

Setelah mengetahui berbagai keuntungan sistem waralaba yang telah disebutkan di atas, bagi Anda yang ingin mencoba dan berminat memulai usaha kedai kopi dengan sistem waralaba, Anda dapat melihat beberapa pilihan franchise kedai kopi di Peluang Usaha Daya.id.

Berikut ini beberapa franchise kedai kopi yang bisa Anda lihat per Februari 2022: Daycinno, Kopi Lain Hati, Cofee Toffe, dan Bencoolen Coffee.



Masih banyak peluang usaha yang ditawarkan dalam bisnis kedai kopi. Apabila Anda ingin mengetahui peluang usaha kopi atau peluang usaha di segmen lainnya, Anda dapat mengunjungi daya.id. Silakan juga daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh informasi serta banyak manfaat lainnya. Apabila Anda ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat menanyakan kepada praktisi UMKM di fitur Tanya Ahli

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS