Dirilis

26 November 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Belakangan pemerintah Indonesia melonggarkan beberapa peraturan terkait kegiatan di luar rumah. Masyarakat akhirnya bisa berkegiatan atau bertamasya dengan lebih leluasa. Tak sedikit juga masyarakat Indonesia yang memilih untuk berlibur ke luar negeri.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha yang Mudah dan Cepat

Nah, situasi ini bisa jadi potensi usaha untuk Anda. Seperti apa potensinya? Berikut ini bahasannya untuk Anda.
 

Peluang Bisnis Travel Pasca-Pandemi


Kabar baiknya, saat ini sektor pariwisata sudah mulai pulih. Namun tentu ada beberapa perubahan tren pariwisata akibat pandemi COVID-19, diantaranya:

  1. Perjalanan bisnis yang meningkat.
  2. Kebijakan work from home (WFH) atau jarak jauh berdampak pada peningkatan tren workstation (berlibur dan bekerja).
  3. Pentingnya ketersediaan sanitasi dan informasi keselamatan.
  4. Meningkatnya tren wisata ramah lingkungan.
  5. Perjalanan mewah banyak dipilih banyak wisatawan sebagai bentuk ‘balas dendam’ karena sebelumnya kegiatan di luar rumah dibatasi.
  6. Wisata domestik dan lokasi pedesaan menjadi lebih diminati.


Hal ini menunjukan bahwa peluang bisnis travel pasca-pandemi sangatlah besar. Tak hanya meningkatnya minat pada wisata luar negeri, wisata dalam negeri pun juga semakin diminati oleh masyarakat.

Jika Anda memiliki rencana untuk membuat bisnis travel Anda sendiri, tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Apa saja sih? Yuk simak penjelasan berikut!

 

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Travel Anda


 

1.    Tentukan Jenis Bisnis Travel yang Ingin Anda Geluti

Ada banyak jenis bisnis travel yang bisa Anda pilih. Misalnya pembelian tiket, paket wisata, penginapan, umrah dan haji, hingga rental kendaraan.

Anda bisa melakukan riset mendalam sebelumnya. Pada awal memulai bisnis, Anda bisa fokus pada satu jenis bisnis travel yang Anda inginkan. Kemudian seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah jasa yang Anda ingin tawarkan kepada calon konsumen.

 

2.    Melakukan Riset Pasar

Dengan melakukan riset pasar, Anda dapat mengetahui seberapa besar target market Anda. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui peluang dan menyusun strategi pemasaran yang tepat ke depannya.

Informasi tersebut memudahkan Anda untuk membuat keputusan dalam mengeluarkan budget untuk pemasaran, serta berapa harga produk yang Anda ingin jual di pasaran.
Anda bisa melakukan riset melalui survei online atau offline, bertanya langsung kepada calon konsumen, atau uji coba dasar.

 

3.    Siapkan Profil dan Nama Usaha

Jika Anda sudah memiliki jenis bisnis travel yang ingin Anda geluti, selanjutnya cobalah untuk membuat profil usaha. Ciptakan profil usaha yang baik, sehingga menciptakan kredibilitas yang baik pula bagi para calon konsumen.

Dalam profil usahalah Anda bisa memberitahu kepada konsumen apa nilai keunikan atau keunggulan dari bisnis travel Anda. Pastikan juga untuk memiliki merek dagang yang mudah diingat, tidak pasaran, dan unik. 

 

4.    Siapkan Paket yang Menarik

Bisnis travel pasti identik dengan tawaran-tawaran paketnya. Maka dari itu, Anda juga jangan melupakan untuk membuat pilihan paket menarik yang bisa dipilih oleh calon konsumen Anda. Dengan memberikan alternatif yang beragam, calon konsumen akan lebih tertarik dengan jasa Anda.

Misalnya, penawaran paket berdasarkan hari, dimana semakin lama hari yang dipilih konsumen, maka harganya akan jauh lebih murah. Atau bisa juga dengan semakin banyak tujuan yang dipilih, maka akan mendapat potongan harga.

 

5.    Membuat Izin Usaha

Dalam bisnis travel, tentu masalah legalitas merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk mendaftarkan usaha Anda secara resmi, agar dapat berstatus badan hukum. Hal ini nantinya akan memudahkan Anda untuk mengembangakn bisnis travel Anda.

Tak hanya itu, memiliki izin usaha dapat membuat bisnis travel Anda menjadi lebih kredibel dan dapat terhindar dari risiko hukum yang mungkin dapat terjadi.

Selain memulai bisnis travel Anda sendiri dari nol, Anda juga bisa memiliki bisnis travel Anda sendiri dengan sistem kemitraan atau franchise.

Dengan sistem kemitraan tersebut, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan merek dagang, hingga izin usahanya.

Tx Travel hadir untuk Anda yang ingin memiliki bisnis travel dengan sistem kemitraan. Didirikan sejak tahun 1991, dan memiliki lebih dari 200 cabang yang tersebar di 54 kota besar di Indonesia, membuat Tx Travel sendiri dikenal baik oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Memiliki filosofi yakni melayani dari hati dan memberikan tur dan tiket termurah baik perjalanan dalam maupun luar negeri, Tx Travel tidak perlu diragukan lagi  dalam mencapai kepuasan konsumennya.

Dengan modal investasi mulai dari Rp100 juta, Anda sudah bisa memiliki bisnis travel Anda sendiri. Biaya tersebut juga sudah termasuk franchise fee selama lima tahun, dan keuntungan lainnya.

Jika Anda tertarik dengan sistem kemitraan ini, Anda bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Apabila Anda tertarik dengan usaha lainnya, Anda bisa mengakses fitur Peluang Usaha di website Daya.id dan temukan usaha yang cocok untuk Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur Tanya Ahli secara gratis untuk berdiskusi terkait usaha Anda dengan para ahlinya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

33 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Novendri adi widodo

10 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Hartawan Saleh Siregar

16 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Agung subangkit

14 Desember 2022

Mantab

Balas

. 0

Sita sari hidayati hasibuan

14 Desember 2022

mantap

Balas

. 0

Juleo simanjuntak

13 Desember 2022

Seep

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS