Dirilis

10 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Sistem ekonomi yang digunakan di setiap negara tentunya memiliki cara kerja yang berbeda-beda, termasuk sistem ekonomi Indonesia. Sistem ekonomi yang digunakan pada sebuah negara akan bergantung pada kondisi dan juga situasi yang ada di negara tersebut. Sama halnya dengan sistem ekonomi Indonesia yang tidak sama dengan sistem ekonomi di negara lain. 

Perekonomian yang kuat di suatu negara biasanya akan dipengaruhi oleh sistem ekonomi yang memang berlaku di negara itu. Dengan memahami sistem ekonomi yang ada di Indonesia maka Anda bisa menjalankan usaha Anda dengan baik dan lancar. Itulah sebabnya dibutuhkan pemahaman mengenai sistem ekonomi tersebut.

 

Pengertian Mendasar dan Fungsi dari Sistem Ekonomi 

pengertian sistem ekonomi
Seperangkat mekanisme dan juga institusi yang tepat untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan usaha, misalnya pertanyaan apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi merupakan pengertian dari sistem ekonomi.  Tata cara, aturan, dan kebiasaan umum yang diterima oleh masyarakat yang mengkoordinasikan serta mengatur perilaku masyarakat secara luas, juga merupakan definisi dari sistem ekonomi. 

Masyarakat di sini meliputi konsumen, bank, produsen, pemerintah dan sebagainya. Kegiatan ekonomi yang dilakukan di dalamnya mencakup hal-hal seperti investasi, produksi, konsumsi, perdagangan dan sejenisnya. Sistem ini tak hanya mengatur aktivitas perekonomian di suatu negara saja, tapi juga berfungsi untuk hal-hal berikut ini:
1.    Menjadi dorongan supaya pelaku ekonomi bisa terus melakukan produksi.
2.    Mengatur pembagian hasil yang telah diproduksi yang ada di dalam perekonomian.
3.    Mengatur sekaligus mengkoordinasi kegiatan setiap individu dalam bidang ekonomi.
4.    Menjadi penentu yang paling mendasar dalam hal kebijakan/mekanisme supaya distribusi dari barang dan jasa bisa berjalan dengan baik.

 

Sistem Ekonomi Indonesia: Sistem Ekonomi Pancasila

sistem ekonomi Indonesia Pancasila
Indonesia menerapkan sistem ekonomi Pancasila dalam segala aktivitas ekonominya. Sistem ekonomi ini diterapkan sejak tahun 1998 hingga saat ini dan sistem ini didasarkan pada ideologi Pancasila, pembukaan UUD 1945, dan UUD 1945 pasal 27, 33, dan juga 34. Dengan sistem ekonomi ini setiap kegiatan perekonomian akan didasarkan pada asas gotong royong dan juga kekeluargaan dari, oleh, dan juga untuk rakyat dengan dibawah pengawasan dari pemerintah. 

Beberapa karakteristik dari sistem ekonomi Pancasila ini adalah sebagai berikut: 
a.    Negara memiliki kuasa penuh atas berbagai cabang produksi yang sifatnya strategis dan penting untuk banyak orang. 
b.    Alasan negara menguasai cabang produksi yang sifatnya strategis ini adalah demi kemakmuran rakyat 
c.    Setiap kegiatan perekonomian yang dilakukan adalah kegiatan bersama atau gotong royong. Lebih fokus mengedepankan ikatan kekeluargaan. 
d.    Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh negara dan masyarakat harus berkelanjutan dan ramah lingkungan
e.    Pemerintah juga memiliki hak untuk mengawasi kegiatan yang dilakukan pihak swasta secara umum, supaya terhindar dari praktek penipuan, mafia perdagangan, dan monopoli. Tujuan akhirnya tetap untuk menciptakan keadilan untuk masyarakat. 

Wujud nyata dari bentuk penerapan sistem ekonomi Pancasila ini adalah adanya program Badan Usaha Koperasi. Tujuan dibentuknya koperasi adalah untuk mensejahterakan masyarakat. Sistem ekonomi Pancasila juga tetap mengedepankan peran dari pihak swasta dan pemerintah Indonesia sendiri untuk mengelola perekonomian. Peran pihak swasta dan pemerintah ini terwujud dalam bentuk yang jelas antara BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan juga BUMS (Badan Usaha Milik Swasta. 

Itulah sistem ekonomi Indonesia yaitu sistem ekonomi Pancasila. Pada dasarnya, sistem ekonomi yang berlaku di Indonesia ini berpedoman pada Pancasila dan mengedepankan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Tentunya tetap dengan pengawasan dan peran yang besar dari Pemerintah Indonesia itu sendiri. 

Bagi Anda para pelaku UMKM bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id seputar masalah usaha. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS