Dirilis

15 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Ternak bebek petelur modern menjadi salah satu usaha ternak yang menjanjikan keuntungan cukup besar. Seperti yang kita tahu, selain telur ayam, telur bebek juga sangat digemari oleh masyarakat untuk dijadikan lauk ataupun diolah menjadi makanan lainnya. Itulah mengapa menjadi peternak bebek petelur bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

 

Panduan untuk Memulai Usaha Bebek Petelur Modern


Meskipun Anda masih baru merintis usaha ternak, tapi tidak perlu berkecil hati dan sudah merasa tidak akan berhasil. Sebab, ada beberapa tips dan panduan agar usaha ternak telur bebek yang Anda lakukan bisa mendulang kesuksesan dan keberhasilan. Inilah beberapa panduan memulai usaha tersebut.

 

1. Pastikan Kondisi Kebersihan Kandang dan Perawatan Berjalan Baik

rawat kandang bebek petelur modern dengan baik
Kandang memegang peranan yang sangat penting terhadap ternak bebek petelur yang Anda lakukan. Besarnya kandang tentu saja harus Anda sesuaikan dengan jumlah bebek yang akan diternak. Umumnya, kandang bebek biasanya menggunakan alas sekam padi agar pemantauan ternak bisa dilakukan dengan mudah.

Nah agar usaha ternak telur modern bisa lancar dan menghasilkan telur berkualitas, maka pastikan untuk menjaga kebersihan dan perawatan kandang bebek dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi kandang bebek. Pertama, pastikan lokasinya aman dan nyaman, yaitu jauh dari rumah penduduk dan binatang liar serta dekat dengan sumber air.

Kemudian, siapkan peralatan pendukung di dalam kandang seperti tempat makan dan minum bebek, atur suhu dan kelembaban di dalam kandang yaitu sekitar 39°C (suhu) dan 60%-65% (kelembaban), pastikan sinar matahari dan pencahayaan di dalam kandang bagus, dan yang terakhir lengkapi kandang dengan sistem pembuangan kotoran misalnya dengan parit.

 

2. Lakukan Pembibitan Bebek Petelur dengan Tepat

Proses pembibitan bebek juga akan berperan penting untuk menghasilkan telur yang berkualitas. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan proses pembibitan ini dengan benar dan baik. Pilih bibit bebek petelur yang kualitasnya bagus dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Badannya sehat dan tidak ada cacat fisik
  2. Ukurannya normal yaitu 1,4 kg pada usia 20 minggu. Sedangkan bebek jantan usia 40 minggu beratnya 1,8 Kg  dan bebek betina umur yang sama berat normalnya 1,6 Kg
  3. Bulunya lebih cepat tumbuh dimana seluruh badan sudah tertutupi pada usia 14 hari
  4. Berasal dari induk yang produktivitas bertelurnya bagus dan tingkat kematiannya cukup rendah.
 
 

3. Berikan Pakan Bebek yang Tepat

memberi pakan berkualitas untuk bebek petelur
Pakan menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk semua jenis ternak dimana kualitasnya akan mempengaruhi hasil panen nantinya. Pakan terbaik untuk bebek petelur adalah yang mengandung protein, energi dan mineral.

Anda bisa memberikan pakan bebek berupa bekatul, jagung, gandum, tepung ikan, tepung daging ataupun tepung tulang. Sebaiknya pakan digiling lebih dulu agar lebih mudah dicerna oleh bebek. Pemberian pakan dilakukan 3x sehari yaitu pagi, siang, dan sore hari.

 

4. Perawatan Bebek

Bebek petelur Anda juga membutuhkan perawatan yang baik agar bisa menghasilkan telur yang bagus. Beberapa jenis perawatan yang sebaiknya diberikan kepada bebek ternak yaitu:
  1. Pemberian vitamin
  2. Pemberian obat saat terserang penyakit
  3. Vaksinasi
  4. Pengontrolan pada bobot bebek
  5. Bersihkan kandang secara rutin

Setelah bebek berusia 6 bulan, tiba saatnya Anda untuk memanen telurnya. Perhatikan, pada umumnya bebek bertelur ketika pagi hari dan sebaiknya langsung ambil telurnya. Simpan telur dengan cara yang benar agar lebih awet dan tidak cepat busuk. Anda bisa mengawetkan telur bebek menggunakan air hangat, minyak kelapa, larutan garam, daun jambu biji atau natrium silikat.

 

5. Lakukan Pemasaran dengan Optimal

Setelah mendapatkan telur bebek yang berkualitas, Anda juga harus pandai dalam memasarkannya agar telur bisa laris dibeli. Manfaatkan berbagai media seperti media online atau offline untuk memperluas target pasar dari telur bebek Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk menjadi supplier telur bebek yang berkualitas.

Nah, itulah beberapa tips usaha ternak bebek petelur yang modern. Anda bisa sukses dengan usaha ternak bebek petelur modern meskipun masih baru saja merintis usaha, selama tahu bagaimana cara yang benar untuk melakukannya. Bahkan dengan keuletan Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah melalui usaha tersebut.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id untuk berkonsultasi seputar bagaimana cara pengelolaan ternak bebek petelur hingga meraih kesuksesan.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS