Dirilis

03 Januari 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Bingung mau memulai usaha apa? Sebenarnya Anda dapat memulainya dengan hal-hal yang Anda sukai. Jika suka melukis, Anda dapat membuka usaha jasa lukisan; jika suka memasak, Anda dapat membuka usaha katering.

Tapi usaha tidak bisa dilandasi hanya karena suka kepada bidang tersebut. Banyak hal yang harus menjadi latar lain agar sukses. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Riset Dulu
Saat sudah memilih ingin membuka usaha apa, yang perlu Anda lakukan adalah riset. Riset menjadi hal yang penting untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang usaha yang akan Anda buat, bagaimana pembuatannya, bagaimana jalannya nanti, serta bagaimana minat pasar terhadap usaha tersebut. Dengan melakukan riset, Anda akan lebih siap lagi dalam membuka serta menjalani usaha.

2. Jangan Terjebak Masalah
Saat melakukan riset kemungkinan Anda menemukan beberapa kendala. Coba atasi dengan metode trial and error, yaitu menguji ide yang akan Anda terapkan apakah berhasil atau tidak.

Contohnya jika Anda mengeluti usaha kue, Anda akan mencoba membuat kue, melihat kesulitannya, memberikan kue tersebut ke orang lain, dari situ jika terdapat kesalahan dapat diperbaiki hingga akhirnya menjadi usaha yang siap untuk dijalani.

Anda sebaiknya jangan terjebak terlalu lama kepada masalah yang ada. Temukan solusinya dengan segera dan beralih kepada percobaan selanjutnya agar usaha Anda dapat lebih cepat untuk didirikan.

3. Pintar Olah Modal
Dalam memulai suatu usaha, Anda pastinya sudah mempersiapkan modal, agar segala hal yang diperlukan di dalam usaha dapat terpenuhi. Gunakan serta kelola modal sebaik mungkin. Anda juga dapat meminjam modal namun tetap harus memperhitungkan dengan baik penggunaannya, serta kapan tanggal Anda harus mengembalikan modal tersebut.

4. Bermanfaat Bagi Orang
Sukses tidak selamanya berbicara soal uang. Sukses juga dapat dicapai dengan kepuasan batin pribadi, misalnya dengan memberi bermanfaat kepada orang lain. Siapakah orang lain tersebut? Bisa berarti karyawan atau pemilik bahan baku usaha Anda. Dengan terus mengambil bahan baku dan memperlakukan karyawan dengan baik, hal ini pastinya akan menambah kesuksesan tersendiri bagi usaha Anda.

Ayo segera mulai usaha Anda dan percaya usaha tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Sumber:

Ari Handojo

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS