Dirilis

22 Pebruari 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Siapa sih yang tidak menyukai fashion

 

Setiap orang, baik pria ataupun wanita, tentu ingin tampil dengan versi terbaik dari dirinya, melalui berbagai produk fashion. Mulai dari yang melekat di tubuh, seperti kaos, blouse, celana, rok, sampai berbagai aksesories, dari anting-anting sampai jam tangan. Ada yang lebih suka gaya simple, ada juga yang lebih suka gaya yang lebih berani. Kalau Anda, lebih suka yang mana? 

 

Di masa pandemi, meski awalnya penjualan fashion menurun, namun seiring stabilnya ekonomi dan peningkatan daya beli masyarakat, penjualan produk fashion juga kembali stabil. Menurut survey, lebih dari 50% masyarakat membeli produk fashion secara online, ditambah perubahan perilaku konsumen selama pandemi yang cenderung mencari dan membeli barang secara online. Angin segar bagi Anda yang berencana bisnis fashion secara online, nih


 

Pilih Jenis Produk Fashion yang Paling Banyak Dicari 

Tren meningkatnya penjualan produk fashion selama pandemi tentu bisa menjadi peluang bagi Anda yang baru mau memulai bisnis. Nah, bagi Anda yang baru mau terjun ke bisnis fashion, simak dulu contekan produk fashion yang paling banyak dicari untuk inspirasi jualan Anda. 

 

Dirangkum dari berbagai sumber, jenis produk fashion yang banyak dicari di Indonesia antara lain: 


 

  • Pakaian muslim 

Mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim, tak heran kalau fashion muslim jadi salah satu incaran.  

 

Saat ini, pakaian muslim tidak hanya jilbab dan gamis, lho! Perkembangan zaman dan pengaruh influencer di media sosial dan YouTube membawa pakaian muslim berubah ke versi yang lebih modis dan modern.  

 

Jika Anda tertarik memilih menjual produk jenis ini secara online, Anda bisa lengkapi koleksi Anda dengan kulot, sweater oversize, rok plisket dan sebagainya. 


 

  • Pakaian distro 

Jika target pasar Anda adalah kaum milenial, jenis fashion ini sangat cocok dipilih sebagai komoditas penjualan Anda. Pakaian distro, baik kaos, jaket, celana jeans dan lainnya biasanya memiliki desain yang unik sehingga menunjang tampil kece ber-OOTD (Outfit of The Day) bagi kaum muda.  


 

  • Pakaian big size 

Belum banyak lho pebisnis fashion yang fokus ke pakaian big size atau plus size. Padahal, pakaian jenis ini cukup dicari oleh masyarakat. Biasanya pemilik postur big size kesulitan mendapatkan pakaian yang sesuai namun dengan model terkini layaknya pakaian standart size. Kebayang kan pebisnis fashion big size yang masih sedikit itu kebanjiran permintaan?  

 

Kalau Anda tertarik ambil bagian dari bisnis yang menggiurkan ini, Anda bisa memilih pakaian trendy dengan size XL, XXL, XXXL dan seterusnya. 


 

  • Pakaian polos 

Meski pakaian bermotif banyak peminat, tidak dipungkiri pakaian polos tetap banyak diburu karena terkesan santai dan kemudahan mix and match dengan berbagai jenis fashion yang lain seperti outer, jaket denim dan sebagainya. 

 

Anda bisa memilih berbisnis jenis fashion ini jika ingin mencakup pasar yang lebih luas. Misalnya, kaos polos bisa Anda jual satuan ke end user ataupun dalam partai besar ke pemilik usaha sablon kaos. 


 

  • Pakaian batik 

Batik merupakan warisan budaya yang  tidak hanya dipakai di acara formal tertentu, tapi juga sudah menjadi style sehari-hari. Apalagi sudah banyak produsen batik yang mengombinasikan kain batik dengan kain jenis lain yang melahirkan desain pakaian batik kekinian. Makin banyak yang naksir produk ini deh! 

 

Jangan ragu jika Anda ingin memilih produk ini untuk bisnis fashion Anda, selain permintaan pasar yang memang sangat menjanjikan, produksi batik saat ini pun lebih mudah dan lebih murah berkat kemajuan teknologi sehingga dapat menghasilkan omzet yang cihuy


 

  • Produk fashion tanpa ukuran  

Ini yang tidak kalah penting, aksesoris penunjang fashion. Pakaian dari atas ke bawah sudah oke, aksesoris jangan ketinggalan dong! Apalagi jenis produk fashion ini tidak memiliki ukuran jadi siapapun bisa menjadi target pasar Anda. Misalnya saja tas, dompet dan jam tangan.  

Meski dianggap penunjang fashion, namun rata-rata orang tidak hanya memiliki satu atau dua produk ini di koleksi mereka. Contoh, wanita biasanya memiliki beberapa model tas dengan warna berbeda agar bisa disesuaikan dengan outfit mereka. 

 

Tips Bisnis Fashion yang Perlu Anda Perhatikan 


Dari berbagai produk tersebut, Anda bisa pilih yang paling sesuai dengan minat dan kondisi usaha Anda. Selain itu, untuk lebih mematangkan bisnis fashion online Anda, jangan lupa juga perhatikan beberapa hal berikut: 


 

1. Selalu update stok berdasarkan tren terkini 

Ketertarikan masyarakat terhadap fashion yang “nggak ada matinya” tentu jadi ladang bisnis yang subur bagi para pengusaha di industri ini. Namun, jangan lengah, tren fashion yang  cepat berubah tentu memaksa Anda untuk terus menyesuaikan diri kalau tidak ingin kehilangan pasar.  

 

Ngomong-ngomong tren fashion, dilansir berbagai sumber, tahun 2022 ini diprediksi fashion dunia akan didominasi oleh warna-warna terang, mencolok dan berani. Misalnya oranye, lime, kuning, hingga hijau mencolok. Wah, bakal eye catching banget nih! Untuk Anda yang berencana terjun ke bisnis fashion, pastikan Anda punya produk dengan kriteria tersebut ya! 

 

 

2. Buat foto produk yang menarik 

Saat berbelanja online, pelanggan tentu tidak bisa melihat produk fashion yang Anda tawarkan. Karena itu, foto produk sangat membantu pelanggan membayangkan seperti apa produk tersebut dan bagaimana kalau mereka memakainya.  

 

Untuk membuat foto produk, Anda bisa memanfaatkan model atau hanger agar produk Anda lebih terlihat jelas. Anda bisa baca beberapa tips fotografi produk mengunakan smartphone di Daya.id

 

 

3. Jelaskan detil produk di kolom deskripsi 

Selain foto produk yang menarik, bantu pelanggan Anda mengetahui detil produk fashion yang Anda jual online melalui deskripsi produk yang detil. Cantumkan acuan ukuran dengan jelas, size dan warna yang tersedia, sampai bahan yang digunakan.  

 

Misalnya, jika Anda menjual kemeja, cantumkan ukuran lingkar dada dan panjang baju. Jika Anda menjual celana panjang, cantumkan lingkar pinggang, lingkar paha dan panjang celana. 

 

 

4. Pertahankan kualitas produk dan pelayanan 

Meski pasar online lebih luas dari pasar offline, namun satu saja pelanggan yang kecewa dan memberi rating buruk, bisa berdampak besar bagi bisnis Anda. Makanya, penting untuk menjaga kepuasan pelanggan dengan kualitas produk dan pelayanan Anda. Jika pelanggan puas, mereka akan kembali ke toko online Anda bahkan merekomendasikan ke kerabat dan kenalannya. 

 

Jadi double untung kan, penjualan sekaligus promosi. 

 

 

Nah, itulah inspirasi untuk Anda yang berencana bisnis fashion online. Ingat, coba pilih produk fashion yang banyak dicari orang, update produk Anda, perhatikan cara pemasaran, dan berikan layanan yang bisa menjaga kepuasan pelanggan. 

 

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Jangan lupa mendaftar di daya.id untuk mendapat info seputar bisnis fashion lainnya. 

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

23 Maret 2022

Keren

Balas

. 0

Hendratno

23 Maret 2022

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS