Dirilis

21 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Usaha roti bakar banyak dilirik oleh masyarakat sebagai sumber pendapatan utama ataupun sampingan. Hidup di zaman serba mahal ini memang dibutuhkan usaha sampingan yang prospeknya bagus sehingga bisa mendukung dan menambah penghasilan. Pemilihan pada roti bakar tentu saja bukan tanpa alasan melihat memang makanan tersebut banyak digemari oleh masyarakat.

Roti bakar merupakan jenis cemilan dan makanan murah meriah yang memiliki rasa enak dan harga cukup terjangkau. Roti bakar sangat cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi, pas dijadikan menu sarapan dan cemilan kapan saja. Tinggal melakukan sedikit inovasi saja agar usaha kuliner roti bakar Anda bisa tampil beda lain daripada yang lainnya.

Langkah dan Tahapan Memulai Usaha Roti Bakar

Roti bakar memang merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia sehingga wajar kalau mudah ditemukan dimana saja. Namun itu bukan berarti Anda tidak bisa membuka usaha yang sama. Kuncinya hanyalah mulailah dengan tahapan dan langkah yang benar sejak awal agar nantinya usaha kuliner roti bakar tersebut bisa sukses.

1. Buat Konsep yang Menarik

Memang sudah cukup banyak orang yang menjalankan usaha roti bakar selain Anda namun jangan jadikan itu sebagai halangan. Meskipun Anda pemain baru dalam bidang tersebut bukan berarti Anda tidak bisa menjadi pemenangnya. Mulailah langkah Anda dengan membuat konsep yang menarik agar tampil beda dengan lainnya. Untuk bisa membuat dan menemukan konsep terbaik untuk menarik konsumen memang sebaiknya Anda melakukan survei lebih dulu. Survei dimaksudkan agar Anda mengetahui apa jenis roti bakar yang enak dan disukai, berapa kisaran harganya dan sebagainya.

2. Siapkan Semua Peralatan yang Dibutuhkan

mempersiapkan peralatan usaha roti bakar
Untuk menjalankan usaha kuliner roti bakar tentu saja Anda harus menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Setidaknya Anda harus memiliki kompor, pemanggang roti dan sebagainya. Apa saja peralatan yang akan digunakan dipengaruhi juga oleh konsep yang Anda buat. Apakah Anda akan membuka kios atau hanya cukup menggunakan gerobak saja misalnya.

3. Kuasai Cara Membuat Roti Bakar Enak

Orang hanya akan datang dan membeli roti bakar yang rasanya selalu enak di lidah meskipun mungkin harganya sedikit mahal. Nah, karena itulah sangat penting bagi Anda untuk menguasai bagaimana resep dan cara membuat roti bakar yang enak. Meskipun jenis roti yang digunakan sama namun dengan teknik yang berbeda akan bisa menghasilkan rasa yang berbeda. Anda bisa belajar tentang teknik pembuatan roti bakar ini lewat Youtube misalnya. Cobalah terus hingga bisa mendapatkan rasa yang pas, kalau perlu jadikan orang terdekat Anda sebagai testernya.

4. Tentukan Konsumen

menentukan target konsumen usaha roti bakar
Langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah menentukan siapa saja dan kalangan mana saja yang akan dibidik menjadi pelanggan. Kalau target pasar usaha Anda adalah anak muda maka konsep gerobak dengan lesehan mungkin sudah cukup. Berbeda kalau target pasar Anda adalah para eksekutif muda yang biasa nongkrong di kafe mungkin memang harus menyewa kios. Para eksekutif muda tersebut mungkin kurang nyaman kalau harus makan roti bakar lesehan saja.

5. Pilih Lokasi Usaha yang Bagus

Pilih dan tentukan dimana lokasi Anda akan berjualan roti bakar. Anda bisa memilih tempat yang cukup ramai dilalui orang atau di pusat keramaian seperti dekat sekolah dan sebagainya. Pemilihan lokasi usaha sebaiknya juga disesuaikan dengan konsep dan target pasar Anda.

6. Sediakan Layanan Khusus

Lengkapi usaha Anda dengan berbagai layanan khusus. Seperti misalnya pengantaran ke tempat tanpa ongkir dan sebagainya. Layanan ini akan membuat konsumen senang dan memilih membeli roti bakar di tempat Anda.

Itulah beberapa tips menjalankan usaha roti bakar. Usaha roti bakar Anda bisa sukses kalau sejak awal Anda sudah memulainya dengan cara yang benar. Setelah itu tinggal nantinya bagaimana Anda mengelolanya dan mengembangkannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar & trainer UMKM dari Daya.id seputar persiapan membuka usaha. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS