Dirilis

03 Juni 2023

Penulis

Linda Budiyarti

Liane Davey seorang penulis buku berjudul You First: Inspire Your Team to Grow Up, Get Along, and Get Stuff Done di salah satu artikel Harvard Business Review mengatakan bahwa sebagai pemilik usaha, Anda perlu memikirkan bagaimana membagi beban pekerjaan secara merata kepada seluruh pegawai dengan karakter dan kemampuan yang berbeda-beda agar dapat bersinergi untuk mencapai kinerja perusahaan yang optimal.

Penting pagi pemilik usaha membagi beban pekerjaan secara merata agar dapat semakin meningkatkan kinerja perusahaan yang akan mempengaruhi peningkatan keuntungan. Membagi beban pekerjaan nampaknya terdengar mudah, namun ternyata perlu strategi jitu. Salah menentukan strategi akan menimbulkan potensi kerugian.

Nah, Anda dapat melakukan beberapa cara yang cukup mudah berikut ini saat membagi beban pekerjaan kepada karyawan agar Anda dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan untuk mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya.

 

Cara Membagi Pekerjaan yang  Membuat Anda Semakin Cuan


 

1.    Buat Rencana Strategi Manajemen Beban Kerja

Anda memerlukan waktu khusus untuk memikirkan pembagian beban kerja secara merata. Dengan membuat rencana strategi manajemen beban kerja yang efektif akan memungkinkan Anda mampu membagi beban kerja secara merata sehingga dapat mengoptimalkan kapasitas karyawan. Beberapa pertanyaan berikut ini akan membantu Anda membuat rencana beban kerja:

  • Apa tujuan perusahaan yang hendak Anda capai.
  • Upaya apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan.
  • Peran apa saja yang Anda butuhkan untuk melakukan upaya mencapai tujuan.
  • Siapa pegawai Anda yang dapat berperan dengan baik melakukan upaya mencapai tujuan.
  • Siapa pegawai Anda yang membutuhkan pengembangan diri.
  • Bidang pengembangan diri apa yang pegawai Anda butuhkan.


Baca juga: Simak Cara Membangun Manajemen SDM

 

2.    Buat Indikator Keberhasilan Kinerja yang Jelas

Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat indikator keberhasilan kinerja yang jelas untuk semua pegawai dengan peran dan tanggung jawab masing-masing. Ketika Anda dan para pegawai sama-sama memahami pembagian beban kerja yang sesuai dengan peran dan tanggung jawab, maka Anda akan semakin mudah memberikan pekerjaan kepada setiap pegawai, melakukan pemantauan kinerja, mengukur keberhasilan kinerja, dan mendorong pegawai untuk mempunyai kinerja yang optimal.

Baca juga: Kenali Metode-Metode Evaluasi Kinerja untuk Kemajuan Usaha

 

3.    Sampaikan Harapan Anda Secara Berkala


Hal yang juga perlu Anda lakukan adalah menyampaikan apa yang Anda harapkan untuk mencapai tujuan secara berkala kepada para pegawai. Anda dapat mengatakan secara berulang-ulang di setiap momen penting untuk mengingatkan para pegawai untuk tetap fokus pada indikator kinerja guna mencapai tujuan bersama. Yakinkan para pegawai bahwa mereka memiliki beban kerja sesuai peran dan tanggung jawabnya. Olehkarenanya mereka diharapkan dapat berkontribusi dengan bakat dan kemampuan yang mereka miliki, 

Baca juga: Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Agar Optimal

 

4.    Lakukan Komunikasi Secara Personal

Bagian penting dari kesuksesan pembagian beban pekerjaan yang telah Anda rencanakan adalah dengan melakukan komunikasi secara personal kepada para pegawai. Komunikasi secara personal akan membuat pegawai Anda merasa terlibat dalam upaya mencapai tujuan perusahaan dan merasa termotivasi. Dengan melakukan komunikasi tersebut Anda juga akan memperoleh informasi dari setiap pegawai mengenai dinamika kerja di perusahaan Anda. Sehingga Anda dapat segera mengetahui jika ada permasalahan dan mencari jalan keluarnya.

 

5.    Tidak Kaku

Salah satu hal yang juga perlu Anda pahami adalah tidak kaku pada rencana strategi manajemen beban kerja yang telah Anda buat. Meskipun mungkin Anda telah berusaha mengoptimalkan sumber daya manusia yang Anda miliki, adakalanya Anda perlu membuat perubahan karena ada beberapa hal yang tidak sesuai rencana. Hal yang perlu Anda pastikan adalah pembagian beban pekerjaan yang seseimbang mungkin.

Nah, ternyata dengan membagi beban pekerjaan secara merata akan membuat para pegawai memahami peran dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Peningkatan kinerja perusahaan tentunya akan mempengaruhi peningkatan keuntungan yang akan membuat Anda semakin cuan. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda membuat pembagian beban kerja dengan mudah ya. Namun jika Anda mengalami kendala, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli bisnis secara langsung melalui fitur Tanya Ahli.

Anda dapat berkonsultasi tanpa dipungut biaya apapun dan dengan cara yang sangat mudah, yaitu hanya dengan daftar daya.id saja lalu temukan fitur Tanya Ahli. Jadi, tunggu apalagi yuk buat bisnis Anda semakin meningkat bersama daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

08 Juni 2023

Bagus

Balas

. 0

Ferri kurniawan

08 Juni 2023

👍

Balas

. 0

rudi arianto

07 Juni 2023

Terimakasih daya

Balas

. 0

Dian saputra

07 Juni 2023

Artikel yang bagus

Balas

. 0

Dwi firmansyah

07 Juni 2023

Mantapp

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS