Dirilis

19 April 2021

Penulis

Ari Handojo

Karyawan merupakan hal paling berharga dalam suatu perusahaan. Kinerja karyawan menjadi penentu utama apakah perusahaan Anda akan berkembang atau tidak. Jika karyawan bekerja secara optimal, pastinya  perusahaan akan semakin bergerak ke arah yang lebih baik. Tapi bagaimana jika karyawan tidak bekerja optimal? Anda tentunya paham bila tidak semua karyawan Anda bekerja sesuai dengan yang diharapkan. 

Karyawan tidak bekerja optimal menjadi salah satu penyebab perusahaan Anda cenderung stagnan bahkan menurun. Anda harus mengevaluasi sendiri dan memastikan apakah kinerja karyawan Anda sudah cukup baik ataupun tidak.

Salah satu penyebab karyawan tidak bekerja optimal adalah karena perusahaan tidak memberikan penilaian secara adil atas kinerja karyawan. Sehingga karyawan yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan sangat produktif disamakan dengan karyawan tidak bekerja optimal. Sehingga karyawan yang sudah optimal pun akan merasa bahwa kinerjanya selama ini tidak diapresiasi sehingga cukup bekerja ‘seadanya’ saja.

Baca juga: Sebelum Menaikkan Gaji Karyawan, Pertimbangkan Hal Penting Ini

Selain itu, biasanya karena tekanan kerja yang terlalu namun gaji yang diberikan tidak sesuai atau datang telat, lingkungan kerja yang tidak kondusif, serta karyawan yang tidak dapat memberikan suara untuk memberikan pendapat alias tunduk pada perintah atasan saja menjadi penyebab mengapa karyawan tidak bekerja secara optimal.

Ini adalah sifat alami manusia jika melihat hal yang kurang baik namun disama-ratakan dengan yang baik, sehingga menimbulkan sifat malas. Karena itu sebaiknya semua kinerja karyawan perlu diukur dengan rutin, agar dapat mengetahui mana kinerja karyawan yang sudah sesuai target perusahaan.

Salah satu cara untuk mengukur kinerja karyawan dengan menggunakan KPI atau Key Performance Indicator (Indikator Penilaian Kinerja Karyawan). Apakah Anda sudah tahu tentang KPI? Atau Anda sudah tahu namun belum menggunakannya? Mari kita simak lebih lanjut tentang KPI itu sendiri yuk.
 



 

Apa itu KPI?

Key Performance Indicator adalah alat untuk mengukur seberapa baik performa pada suatu perusahaan guna meraih tujuan utama perusahaan tersebut. KPI merupakan alat bantu bagi manajemen dan pemilik perusahaan untuk melihat perkembangan perusahaannya.
Secara mudahnya, key performance indicator adalah alat yang membantu perusahaan dalam melihat kinerja karyawan. Sehingga dapat diketahui mana karyawan yang sudah bekerja dengan baik, ataupun belum.

Setiap perusahaan memiliki pertimbangan masing masing dalam menentukan KPI karyawannya, tentu saja akan disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab dari masing masing karyawan. Dalam penilaiannya biasanya menggunakan skala angka, misalnya 1 s/d 5 dimana 1 menunjukkan kinerja yang sangat buruk terus meningkat sampai dengan 5 menunjukkan kinerja diatas rata-rata dan biasanya angka 3 menunjukkan kinerja sesuai dengan yang di targetkan atau diharapkan. 

Apakah karyawan Anda sudah sesuai dengan harapan dan tujuan perusahaan, atau malah karyawan tidak bekerja optimal? Anda dapat mengetahui hasilnya dari pengukuran KPI tersebut.
 



 

Mengapa KPI itu penting sekali?

Ada beberapa perusahaan yang tidak membuat KPI untuk mengukur kinerja karyawannya dengan berbagai alasan, misalnya karena tidak paham cara membuat KPI, atau karyawannya yang belum siap. Ada juga yang beralasan bahwa karyawannya tidak kompeten bahkan merasa bahwa KPI tidak penting. Namun tidak sedikit juga perusahaan yang tidak memiliki target yang jelas sehingga KPI dianggap membuang waktu saja.

Padahal KPI sangat berguna sekali untuk meningkatkan pencapaian perusahaan. Anda dapat mengetahui karyawan Anda yang berprestasi dan karyawan tidak bekerja optimal, menentukan kenaikan gaji maupun tunjungan dengan lebih adil, memastikan setiap pekerjaan dilakukan dengan baik, membantu mewujudkan target usaha Anda, dan tentunya akhirnya akan mewujudkan visi Anda.

Dengan adanya KPI akan membuat karyawan merasa diperlakukan dengan adil. Karyawan yang sudah bekerja keras hingga mencapai target akan terlihat di sistem KPI ini, dan sebagai pemilik perusahaan, seharusnya Anda memberikan bonus sebagai reward bagi karyawan yang berprestasi agar semakin terpacu lagi di tahun selanjutnya.

Baca juga: Karyawan Meminta Kenaikan Gaji, Apa yang Harus Dilakukan?

Namun jika hasilnya belum sesuai dengan target perusahaan, Anda dapat memberikan evaluasi serta masukan yang dapat meningkat kinerja karyawan di tahun depan. Dengan demikian karyawan akan merasa diperhatikan dan bahkan akan semakin bersemangat untuk mencapai target selanjutnya!

Jadi Anda sudah tahu kan apa akibatnya jika sebuah perusahaan tidak memiliki KPI yang jelas? Tentu akan sangat mempengaruhi kinerja dari perusahaan tersebut. Dan pada akhirnya Anda akan memiliki gambaran siapa karyawan yang perlu Anda pertahankan, dan yang mana yang perlu Anda lepaskan karena kinerjanya termasuk yang tidak bekerja dengan optimal. 

Yuk jadikan usaha Anda semakin berkembang tanpa ada hambatan dari karyawan yang kurang optimal!

Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Ahli yang langsung terhubung dengan expert kami atau Anda dapat membaca artikel terkait di laman daya.id.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS