Dirilis

15 Januari 2024

Penulis

Ahmad Husnil Fikri

Masa pensiun adalah masa di mana seseorang tidak lagi bekerja dan mulai menikmati hari tuanya. Masa ini seharusnya menjadi masa yang bahagia dan sejahtera, namun tidak sedikit orang yang justru mengalami kesulitan finansial di masa pensiun. Hal ini karena mereka tidak memiliki persiapan yang matang untuk masa pensiun.

Baca Juga : Menghindari Penipuan Investasi Pensiun

Untuk menghindari kesulitan finansial di masa pensiun, penting untuk mulai merencanakan keuangan sejak dini. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah dana pensiun. Dana pensiun adalah dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa pensiun.

 

Tips Mengatur Uang Pensiun

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur uang pensiun agar tenang di masa tua. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

 

1. Mulailah menabung sejak dini

Semakin awal Anda mulai menabung, semakin banyak dana yang bisa Anda kumpulkan. Oleh karena itu, mulailah menabung sejak dini, bahkan sejak Anda masih bekerja.

 

2. Tentukan target dana pensiun

Langkah selanjutnya adalah menentukan target dana pensiun. Target dana pensiun ini akan menjadi acuan Anda dalam menentukan berapa banyak uang yang harus Anda tabung setiap bulannya.

Untuk menentukan target dana pensiun, Anda perlu menghitung kebutuhan hidup Anda di masa pensiun. Kebutuhan hidup di masa pensiun biasanya akan lebih besar dari kebutuhan hidup saat masih bekerja. Hal ini karena Anda harus memenuhi kebutuhan pokok, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal, serta kebutuhan non-pokok, seperti biaya kesehatan, transportasi, dan hiburan.

 

3. Tentukan instrumen investasi

Setelah menentukan target dana pensiun, Anda perlu menentukan instrumen investasi yang akan Anda gunakan. Instrumen investasi yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada berbagai macam instrumen investasi yang bisa Anda gunakan untuk dana pensiun, seperti deposito, reksa dana, saham, dan properti. Anda perlu memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan tujuan investasi Anda.

Baca Juga: Pensiun Pindah ke Desa, Kenapa Tidak?

 

4. Buat anggaran bulanan

Selain menabung, Anda juga perlu membuat anggaran bulanan. Anggaran bulanan ini akan membantu Anda untuk mengatur pengeluaran Anda agar tidak melebihi pendapatan Anda.

Anggaran bulanan harus mencakup semua pengeluaran Anda, mulai dari pengeluaran pokok, seperti kebutuhan sehari-hari, hingga pengeluaran non-pokok, seperti hiburan dan traveling.

 

5. Hindari utang

Utang akan membebani keuangan Anda, terutama di masa pensiun. Oleh karena itu, hindari utang sebisa mungkin. Jika Anda memiliki utang, usahakan untuk melunasinya secepat mungkin. Anda bisa menggunakan dana pensiun untuk melunasi utang Anda.

 

6. Pertimbangkan asuransi jiwa

Asuransi jiwa dapat memberikan perlindungan finansial kepada keluarga Anda jika Anda meninggal dunia. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa. Asuransi jiwa yang tepat akan memberikan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga Anda.

 

7. Pertimbangkan asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan dapat memberikan perlindungan finansial kepada Anda jika Anda sakit. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan sejak dini. Asuransi kesehatan yang tepat akan memberikan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

8. Lakukan review keuangan secara berkala

Kebutuhan hidup Anda akan terus berubah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk melakukan review keuangan secara berkala.

Review keuangan ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan target dana pensiun, instrumen investasi, dan anggaran bulanan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa mempersiapkan dana pensiun yang cukup untuk masa tua yang tenang dan sejahtera.

Selain itu, jangan lupa untuk berinvestasi pada diri sendiri. Investasi pada diri sendiri bisa berupa pendidikan, pelatihan, atau pengembangan keterampilan. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan pendapatan Anda di masa pensiun.

Silakan berkonsultasi dengan ahli keuangan. Ahli keuangan bisa membantu Anda untuk membuat perencanaan keuangan yang tepat untuk masa pensiun. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

12 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Riza mudhita

18 January 2024

?

Balas

. 0

Riza mudhita

18 January 2024

?

Balas

. 0

Boby

16 January 2024

?

Balas

. 0

EGON MARTIN

16 January 2024

Menarik skl informasinya..?

Balas

. 0

Joshua Agustinus Panggabean

15 January 2024

Terima kasih infonya ?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS