Tidak Hanya Bertugas Mengamankan Negara Saja, Anggota Polri Ini Juga Sukses Membangun Bisnis Skincare

Dirilis

29 September 2021

Penulis

Majalah Franchise Indonesia, Mitra Strategis Program Daya Sejak 2014

Pengusaha

Deddy Purnomo

Jenis Usaha

Pemilik Franchise Skincare Mr2 Personal Care

Selain berkarier sebagai anggota Polri, Deddy Purnomo juga tekun menggeluti dunia bisnis. Ia sudah merambah bisnis skincare khusus untuk pria dan juga memiliki bisnis di bidang lain. Bagaimana kisah suksesnya?

 

Berkarier Sambil Berbisnis

Meski disibukan dengan kariernya di kepolisian, Deddy Purnomo berhasil menjalani bisnisnya. Beberapa usaha yang berhasil dikembangkannya antara lain Nasi Goreng Brigadir Chef, Chicken Duck Qu, dan yang terbaru Mr2 Personal Care.

Di bawah payung usaha CV Rezeki Illahi Ar Razaq, Deddy mengembangkan beberapa usaha diantaranya skincare, kuliner, pijat keluarga, klinik kecantikan, barbershop, design interior eksterior, dan jasa angkutan. Ia membuka usaha terbarunya pada pertengahan tahun 2020 yaitu Mr2 Personal Care dan makin diminati setelah produk tersebut launching.

Berkarier Sambil Berbisnis skincare

Setelah melakukan riset peluang pasar, alasan Deddy merambah usaha produk skincare karena industri ini menurutnya merupakan industri yang sudah menjadi kebutuhan, bukan sekedar musiman. Ia juga memfokuskan produk skincare-nya untuk pria karena di masa sekarang para pria mulai peduli akan kebersihan dan kesehatan wajah dan tubuh.

Sejak tahun 2014 Ia sudah terjun ke dunia skincare, mengamati dan belajar dengan ahlinya sehingga selalu mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk menjalankan usaha ini. Modal awal dibukanya bisnis skincare ini tidak membutuhkan budget yang sangat besar. Berkat relasi, bersilaturahmi, Ia mendapatkan akses kemudahan dari pabrik skincare.

Meski demikian, Ia tetap membuat perencanaan biaya untuk menjalankan usahanya seperti biaya produksi, estimasi penjualan, dan keuntungan. Ia menghitung sesuai biaya yang digunakan setiap produknya, biaya operasional, biaya marketing, sehingga bisa menentukan harga jual yang ideal.

 

Menghadapi Kendala dengan Membangun Relasi

Deddy mengatakan tidak ada kendala yang berat dalam memulai usaha skincare ini. Kendalanya hanya saat menentukan formula yang tepat dan cocok untuk digunakan, sehingga perlu beberapa kali percobaan.

Kendala lainnya, Deddy perlu waktu 3 bulan dari mulai proses perizinan sampai dengan produksi, yang disebabkan adanya antrian dari pabrik yang melayani klien lain terlebih dahulu. Namun setelah memasuki tahap launching, kemungkinan besar tidak akan ada kendala karena Deddy sudah menyiapkan stok produknya untuk 6 bulan ke depan.

Bagaimana dengan bahan dan alat penunjang untuk proses produksi produknya? Ia tidak mengalami kesulitan berarti karena sudah menjalin hubungan baik dengan pabrik skincare yang telah memiliki sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari Badan POM. Selain itu, pabrik rekanan tersebut memiliki alat produksi dan juga stok bahan baku sangat lengkap.

 

Memberikan Kesempatan Kepada Reseller Bermodal Minim

Pada saat launching produknya, Deddy memasarkan dan mendistribusikan produk usahanya melalui jaringan distributor juga reseller, pemasaran menggunakan website, kemudian melalui Majalah Franchise.  

Peluang usaha reseller dari bisnis yang dimiliki Deddy sangat terbuka luas untuk seseorang yang ingin berbisnis dengan modal yang terbatas. Para reseller tersebut memiliki sebutan sahabat seller, dan konsisten bertambah 150 sahabat seller di seluruh wilayah Indonesia setiap bulannya. Target penjualan yang ditetapkan setiap bulan di atas 30.000 pcs. Dengan adanya reseller, tingkat penjualan produk dalam sebuah bisnis akan terbantu dengan biaya operasional yang rendah. 

 

Melakukan Kolaborasi dengan Musisi untuk Mempromosikan Produknya 

Dengan segala produk bisnis yang Deddy miliki, Ia juga membangun sebuah tim dengan visi misi yang sama yaitu untuk mewujudkan kemajuan bisnisnya. Selain itu juga Ia membangun tim digital marketing yang fokus pada penjualan dan pemasaran.

Salah satu langkah kreatif yang Ia lakukan untuk memasarkan produknya yaitu dengan mempertemukan tim digital marketing-nya dengan musisi nasional, yang kemudian diajaknya untuk berkolaborasi memproduksi jingle Mr2 Men.  

Melakukan Kolaborasi dengan Musisi untuk Mempromosikan Produknya

 

Bermimpi Menembus Pasar Internasional

Rencana ke depannya, Deddy berharap produk Mr2 Men bisa menembus pasar internasional. Saat ini Ia  sedang mempelajari mengenai prosedur dan peluang ekspor dengan harapan kelak produk Mr2 Men bisa membawa harum nama bangsa Indonesia.

Bagi yang ingin menggeluti dunia usaha, Deddy punya tips nih, jangan takut untuk bermimpi dan memulai, karena ketika kita mempunyai impian berarti Tuhan bisa saja mengabulkan impian tersebut. Ia memiliki prinsip, jatuh 100 kali bangkitnya harus 101 kali. 

Deddy Purnomo adalah salah satu pebisnis yang sukses membangun bisnis waralaba. Anda tertarik mengikuti jejaknya? Konsultasikan dengan pakar franchise di Daya.id agar usaha yang Anda jalankan semakin matang dan sukses.

Untuk kisah sukses pengusaha inspiratif lainnya, bisa Anda baca di Daya.id. Yuk daftar dan kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Penilaian :

4.9

22 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS