Dirilis

20 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Emiten adalah salah satu istilah yang sangat umum digunakan dalam dunia pasar modal dan investasi. Emiten ini juga memiliki fungsi yang penting untuk kelangsungan suatu usaha. Inilah pengertian dan fungsi dari emiten untuk usaha selengkapnya.


Pengertian Emiten

pengertian emiten adalah
Emiten adalah pihak baik pemerintah maupun swasta, yang melakukan penawaran efek kepada publik atau umum untuk memperoleh modal ataupun dana tambahan pada usahanya. Emiten bisa diartikan juga sebagai pihak (pemerintah atau swasta) yang menerbitkan dan menjual efek pada masyarakat berdasarkan kepada tata cara sebagaimana diatur dalam undang-undang yang berlaku.
Emiten tersebut bisa perorangan, asosiasi, usaha bersama, perusahaan ataupun kelompok yang terorganisasi. Sedangkan jenis efek yang ditawarkan kepada umum bisa berbentuk saham, obligasi, surat berharga komersial, tanda bukti utang, surat pengakuan utang serta derivatif efek lainnya. Di samping itu, efek bisa juga berupa sukuk yang merupakan jenis efek syariah yang tata cara penerbitannya sesuai dengan prinsip syariah pada pasar modal.


Fungsi Emiten bagi Usaha dan Perusahaan

fungsi emiten adalah
Emiten memiliki fungsi dan peranan yang cukup penting bagi sebuah usaha ataupun perusahaan. Fungsi emiten yang dimaksud antara lain yaitu :


1. Menawarkan Surat Berharga pada Publik

Fungsi utama dari emiten yaitu memberikan penawaran atas surat berharga pada publik.


2. Bertanggungjawab Mengelola Dana Publik

Emiten menerbitkan Efek dan menawarkannya pada publik sehingga harus bisa bertanggung jawab dalam pengelolaan dana tersebut. Emiten harus mampu bertanggungjawab dalam melakukan pengelolaan pada dana publik sebaik mungkin dan dibuktikan dengan laporan keuangan yang dirilis emiten setiap 4 bulan sekali.


3. Memperluas Usaha

Emiten menerbitkan Efek kepada publik dengan tujuan untuk mendapatkan modal dari investor yang akan digunakan sebagai biaya perluasan bidang usaha, ekspansi atau perluasan pasar serta peningkatan kapasitas produksi.


4. Memperbaiki Struktur Modal

Selain untuk memperluas usaha, emiten memiliki fungsi sebagai alat untuk memperbaiki struktur modal yang sudah ada di dalam perusahaan. Pada kondisi ini fungsinya adalah untuk membuat keseimbangan antara modal milik sendiri dengan modal yang berasal dari publik.


5. Melakukan Pengalihan pada Pemegang Saham

Fungsi lainnya dari dilakukannya emisi di pasar saham oleh emiten yaitu untuk melakukan pengalihan saham dari pemegang lama kepada pemegang saham baru.


Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi Emiten

Emiten bisa berupa BUMN ataupun perusahaan swasta, baik itu merupakan perusahaan terbuka maupun tertutup. Hanya saja perlu diingat bahwa tidak semua perusahaan tersebut serta merta bisa disebut sebagai emiten. Agar bisa digolongkan sebagai emiten maka perusahaan harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

1.    Menerbitkan Efek dan ditawarkan kepada investor agar bisa mendapatkan modal usaha.
2.    Memiliki kewajiban untuk menjamin bahwa Efek yang diterbitkannya tersebut telah sah secara hukum. Itulah alasannya mengapa emiten harus memiliki prestasi dan tidak boleh cacat secara hukum untuk menerbitkan Efek.
3.    Harus mampu berperan sebagai sumber informasi utama tentang Efek yang dapat diperjualbelikan tersebut. Syarat ini bertujuan agar informasi tentang emiten selalu akurat serta bisa dipertanggungjawabkan.


Masih banyak masyarakat yang belum memahami perbedaan antara emiten dengan perusahaan publik sehingga sering terjadi kerancuan. Emiten merupakan lembaga atau pihak yang melakukan penawaran umum atas Efek yang diterbitkannya berdasarkan pada UU yang berlaku. Sedangkan perusahaan publik yaitu perusahaan yang sahamnya sudah dimiliki setidaknya oleh 300 pemegang saham dan jumlah minimal modal yang disetorkan yaitu Rp. 3 miliar.

Itulah pengertian dan fungsi emiten untuk usaha. Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa emiten adalah pihak baik pemerintah maupun swasta, yang melakukan penawaran efek kepada publik atau umum untuk memperoleh modal ataupun dana tambahan pada usahanya. Emiten juga memiliki fungsi yang berperan penting untuk kelangsungan usaha. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar emiten dan fungsi untuk usaha selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS