Dirilis

12 April 2023

Penulis

Khalid Hafizh Sulaiman

Jika Anda ingin terjun di industri kargo, ada beberapa perusahaan yang bisa Anda pelajari. Salah satunya adalah J&T Cargo dari J&T Group.

Saat ini  J&T Cargo telah memiliki gateway/gudang  dan armada yang mumpuni guna menunjang pertumbuhan bisnis di Indonesia dan mempunyai 3.200 cabang di seluruh Indonesia. 

Hal ini tak lepas dari strategi J&T Cargo dalam mendominasi industri kargo di Indonesia. Pada artikel ini kita akan membahas strategi J&T Cargo dalam menguasai industri kargo di Indonesia. Sebagai pelaku usaha Anda layak juga untuk mempraktekannya.  

Baca juga : Belajar dari Strategi Pemasaran Produk Blibli.com

 

Strategi J&T Cargo dalam Mendominasi Industri Kargo di Indonesia

Berikut ini strategi J&T Cargo yang bisa Anda pelajari.

 

1.    Melakukan Ekspansi Kemitraan Logistik

J&T Cargo mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat signifikan dikarenakan adanya mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. J&T Cargo saat ini sudah memiliki 3.200 outlet, 7% diantaranya dikelola oleh J&T Cargo dan 93% diantaranya berasal dan dikelola oleh mitra. J&T Cargo terus memperluas segmentasi pasar mereka mulai dari B2B, B2C, hingga bisnis retail berskala UMKM. Hal ini merupakan penerapan strategi J&T Cargo dalam menguasai industri kargo di Indonesia. 

Penerapan Strategi tersebut dilakukan dengan sukses, hasilnya pengiriman yang terus mengalami kenaikan. Hal ini juga tidak terlepas dari layanan tambahan yang diberikan oleh J&T Cargo kepada pelanggan seperti asuransi, kemasan yang aman, sistem pembayaran COD, dan pengiriman dengan waktu tertentu membuat kepercayaan pelanggan kepada J&T Cargo meningkat sehingga pelanggan lebih memilih J&T Cargo sebagai moda jasa pengiriman barang. 

Baca juga: Nilai Grab dan Gojek Meningkat, Apa Manfaatnya untuk Pelaku Usaha?

 

2.    Area Jangkauan yang Luas


Strategi J&T Cargo Dalam mendominasi industri kargo di Indonesia adalah J&T Cargo memberikan pelayanan kepada konsumen berupa area jangkauan yang luas. Hal ini merupakan respon J&T Cargo dalam menanggapi permintaan pelanggan yang meminta agar penyedia jasa logistik memberikan jangkauan yang luas guna mendukung nilai distribusi bisnis.  Dengan memiliki 3.200 outlet yang tersebar di seluruh indonesia membuktikan bahwa J&T Cargo merupakan perusahaan logistik dengan jangkauan terluas pada tahun 2022. Hal ini menguatkan bahwa dengan area jangkauan yang luas merupakan strategi J&T Cargo dalam menguasai industri kargo di Indonesia.

 

3.    Mendukung Pelaku Bisnis

J&T Cargo memberikan dukungan kepada para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya dengan memberikan pelayanan pengiriman eksklusif yang didesain mengikuti kebutuhan pelanggan. Pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi dalam pendistribusian barang dari usahanya dengan pelayanan yang telah ditawarkan oleh J&T Cargo. Hal ini tentu dapat membantu para pelaku usaha baik itu usaha besar maupun yang masih berskala UMKM menjalankan bisnis mereka. dalam hal ini J&T Cargo mendukung para pelaku usaha dengan cara memberikan jasa distribusi yang eksklusif bagi para pelaku usaha. 

 

4.    Berkolaborasi Dengan Startup Sampingan 

Sampingan merupakan startup penyedia layanan stuffing digital. J&T Cargo melakukan kerjasama dengan Sampingan sebagai bentuk upaya dalam menjaga kualitas layanan dan meningkatkan daya saing di industri logistik. Menjaga kualitas layanan adalah prinsip yang selalu dipegang oleh J&T Cargo Dalam menjalankan bisnisnya. Kerjasama ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan upaya digitalisasi sistem kerja  J&T Cargo. Kerjasama yang terjadi ini sukses dilakukan dan meningkatkan daya saing J&T Cargo dalam industri logistik di Indonesia

 

5.    Menggandeng relasi dalam membangun infrastruktur

Dalam menjalankan bisnisnya tentu J&T Cargo melalui induk perusahaannya yaitu J&T Group dalam melakukan kerjasama dengan pihak luar. J&T melakukan kerjasama dengan beberapa pihak dalam membangun infrastrukturnya. Beberapa contoh kerja sama J&T dengan perusahaan lainnya adalah :

  • J&T Cargo bekerjasama dengan Garuda Indonesia, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan pengiriman logistik melalui udara.
  • J&T bekerjasama dengan idEA (Indonesian E-commerce Association) sebagai asosiasi E-commerce di Indonesia.
  • J&T bekerjasama dengan Asperindo sebagai asosiasi perusahaan jasa pengiriman express Indonesia.
  • J&T bekerjasama dengan Shopee dan situs-situs marketplace lainnya yang mana mampu mendobrak pertumbuhan pengiriman.
  • J&T bekerjasama dengan Deddy Corbuzier sebagai brand ambassador sejak Desember 2016.


Itulah strategi-strategi yang dilakukan oleh J&T Cargo dalam mendominasi industri kargo di Indonesia. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

18 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

siska pratiwi

03 Desember 2023

Kontennya bagus bisa menambah pengetahuan 👍🏻

Balas

. 0

Rima Maesa

29 Juni 2023

Menarik

Balas

. 0

AgungPrasetio

16 Juni 2023

Artikel menarik

Balas

. 0

AgungPrasetio

16 Juni 2023

Keren

Balas

. 0

RIZDA ARMANSYAH

14 Juni 2023

Sangat membantu sekali. mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS