Dirilis

22 Januari 2021

Salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan suatu bisnis adalah adanya segmentasi pasar yang tepat. Sebelum menentukan bisnis apa yang akan Anda jalankan maka Anda harus menentukan target pasar yang tepat. Target pasar inilah yang disebut dengan segmentasi pasar. Segmentasi atau target pasar dari suatu produk harus diketahui secara pasti, agar Anda tahu akan membuat produk apa dan untuk siapa. Jika target utamanya tidak diutamakan, maka sumber daya Anda akan terbuang sia-sia.

Untuk menentukan segmentasi ini diperlukan riset yang mendalam agar bisnis berjalan dengan lancar. Pada saat segmen pasar ini telah ditemukan, proses pemasaran pun akan lebih mudah dilakukan. Hal itu juga akan sangat berpengaruh pada proses penjualan, karena dengan segmen pasar yang tepat maka produk pun akan lebih cepat terjual.

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah target atau sasaran pelanggan yang akan menjadi pembeli pada produk yang Anda jual. Cara menentukan segmen pasar ini adalah dengan mengelompokkan produk yang akan dijual, dan menyesuaikannya dengan minat, kesamaan serta kebutuhan pelanggan. Ada beberapa jenis segmen pasar yang harus Anda perhatikan dalam berbisnis.

Hal itu mencakup segmentasi lokasi, waktu, harga, psikografis, sosial budaya dan juga demografi. Itulah sebabnya dibutuhkan riset yang mendalam untuk menentukan segmen pasar yang tepat, karena ada beberapa segmentasi yang harus dipertimbangkan.

Definisi lainnya dari segmen pasar adalah kegiatan dalam membagi pasar menjadi beberapa kelompok, dengan perilaku dan karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan dibuat segmen pasar ini adalah untuk memudahkan Anda dalam meraih misi dalam berbisnis.

Cara Menentukan Segmen atau Target Pasar dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam menentukan target pasar dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Mengetahui Masalah dan Kebutuhan Konsumen

Cara untuk menentukan segmentasi pasar yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan mencari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Setelah itu sesuaikan dengan produk yang akan Anda jual. Anda bisa bertanya kepada konsumen secara langsung atau melakukan tes produk. Kemudian lakukan klasifikasi dalam kebutuhan, keinginan hingga masalah konsumen. Hal itu akan menjadi acuan dalam membuat strategi bisnis dan evaluasi produk lebih lanjut.

2. Mengetahui Perilaku Konsumen

Anda juga bisa mengamati sekaligus menganalisa kembali produk dari konsumen. Perhatikan bagaimana konsumen menggunakan produk tersebut, bagaimana keadaan sebelum dan sesudah konsumen menggunakan produk, dan sebagainya.

3. Mengolah dan Menganalisis Data

Anda juga bisa mengolah data terkait dengan hasil pengamatan dari konsumen. Anda akan mengetahui bagaimana peluang produk yang akan Anda jual tersebut. Pada setiap segmentasi yang Anda lakukan. Fungsi dari menganalisis data ini adalah sebagai acuan di dalam menentukan strategi, untuk menyusun dan memasarkan produknya.

4. Menentukan Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran pada setiap segmen pasar tentunya berbeda-beda. Anda harus menyesuaikan target pasar dengan strategi di dalamnya. Misalnya, bisnis yang Anda jalankan menyasar konsumen anak muda atau generasi milenial yang melek akan teknologi dan penggunaan media sosial. Maka, cara pemasaran terbaik yang bisa diambil adalah melalui promosi online memanfaatkan sosial media itu sendiri seperti instagram, twitter, facebook, ataupun tiktok. Dengan begitu, target pasar Anda bisa lebih efektif.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing atau pemasaran digital untuk menentukan strategi terbaik yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan dan target pasar yang Anda bidik.

Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa segmentasi pasar adalah target atau sasaran pelanggan yang akan menjadi pembeli pada produk yang Anda jual. Segmentasi pasar atau target akan memegang peran penting dalam proses penjualan sebuah bisnis. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

26 November 2023

Keren informasi nya 👍👍

Balas

. 0

putra astaman

09 Desember 2022

Ok

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

02 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS