Dirilis

27 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu peluang usaha kuliner yang sangat menjanjikan adalah membuka usaha keripik. Keripik menjadi salah satu camilan yang sangat disukai oleh masyarakat untuk menemani saat nonton TV atau hanya sekedar berantai saja. Salah satunya adalah keripik bayam. Karena banyak peminatnya, usaha keripik bayam ini bisa jadi pilihan usaha kuliner untuk Anda lakukan. Lalu, apa saja tips yang bisa dilakukan agar keripik bayam laku keras?


5 Tips Usaha Keripik Bayam Supaya Laku Keras

Inilah tips usaha supaya usaha keripik bayam yang Anda jual bisa laku:


1. Memilih Bahan Baku yang Berkualitas

bahan baku usaha keripik bayam berkualitas
Dalam menjalankan usaha di bidang kuliner, pastinya Anda harus memperhatikan bahan baku yang digunakan, tak terkecuali pada usaha camilan keripik bayam. Bayam sebagai bahan baku sangat mudah untuk didapatkan di pasar tradisional dengan harga yang cukup murah.

Supaya keripik bayam yang dihasilkan berkualitas, sebaiknya memilih bayam yang masih dalam keadaan fresh atau baru saja dipanen. Tidak hanya bayam, ada banyak bahan baku lain yang diperlukan. Seperti tepung beras, tepung terigu, garam, kemiri, bawang putih, ketumbar, penyedap rasa dan minyak goreng. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.


2. Memperhatikan Cita Rasa dan Tekstur Keripik Bayam

Tips usaha keripik bayam selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu memperhatikan cita rasa dan tekstur keripik bayam. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena konsumen sudah sangat cerdas sehingga akan membeli olahan makanan atau camilan dengan cita rasa yang enak.

Tidak hanya dari cita rasanya saja, konsumen juga akan memperhatikan tekstur keripik bayam yang dijual. Jika tekstur keripik yang dijual masih renyah berarti kualitasnya masih sangat bagus. Sedangkan tekstur keripik yang sudah tidak renyah berarti cita rasa yang disajikan kurang enak. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dua hal tersebut dalam menjalankan usaha ini supaya produk yang dijual laris manis.


3. Menjual Keripik Bayam dengan Kemasan Menarik

kemasan usaha keripik bayam yang menarik

Selain cita rasa dan tekstur, Anda juga harus memperhatikan kemasan produk. Alasannya karena menjual produk dengan kemasan yang unik dan menarik bisa menarik banyak konsumen. Namun, kemasan yang digunakan tidak boleh sembarangan supaya keripik bayam tetap terjaga dan bisa tahan lama sekaligus menarik pembeli.

Anda disarankan untuk menggunakan kemasan yang terbuat dari plastik tebal agar tidak mudah terbuka sehingga membuat keripik bayam tidak renyah lagi. Sebelum mengemasnya sebaiknya Anda benar-benar memastikan jika minyak sudah benar-benar ditiriskan. Supaya membuat menarik pelanggan, ada beberapa kriteria kemasan menarik yang harus Anda perhatikan. Diantaranya adalah:

a.    Memiliki legalitas atau izin produk contohnya seperti BPOM dan logo halal  
b.    Tampilkan identitas produk
c.    Kualitas material kemasan yang dipakai
d.    Buat kemasan yang unik dan menarik


4. Melakukan Promosi

Sebagai pelaku usaha baru di bidang ini, pastinya produk yang Anda buat dan pasarkan tidak langsung dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu, promosikan produk keripik bayam tersebut supaya dikenal banyak orang.

Cara untuk mempromosikan juga sangat mudah, yaitu membuat brosur lalu menyebarkannya, membuat spanduk maupun iklan. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk tersebut. Media sosial yang bisa digunakan seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Jika ingin produk yang dijual bisa laku keras berarti harus lebih pandai dalam mempromosikannya.


5. Menentukan Cara Pemasaran yang Digunakan  

Tips selanjutnya supaya keripik bayam bisa laku keras, yaitu Anda harus menentukan cara pemasaran yang digunakan. Ada banyak cara pemasaran yang bisa digunakan, yaitu menitipkannya di toko atau warung dan menjualnya secara online di media sosial atau marketplace. Anda bisa menggunakan kedua cara tersebut supaya keripik bayam bisa laris manis sehingga Anda mendapatkan banyak keuntungan.

Nah itulah informasi tentang tips cerdas agar usaha keripik bayam laku keras. Pada dasarnya, usaha keripik bayam punya peminat dan permintaan yang cukup tinggi sehingga sangat berpeluang baik untuk dijalankan. Anda yang memiliki usaha jenis keripik ini bisa menerapkan tips-tips yang disampaikan di atas agar laku keras. Anda juga bisa berkonsultasi pada business coach dari Daya.id seputar bagaimana cara supaya usaha kuliner yang Anda lakukan bisa laku keras di pasaran.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS