Dirilis

19 Pebruari 2023

Penulis

M. Arief Akbar

Ada orang yang merasa mudah menyampaikan pendapat, tapi ada juga yang justru memilih untuk diam atau bicara lewat tulisan. Contohnya adalah mereka yang introvert, dimana mereka umumnya memiliki ide atau pendapat di kepalanya, tetapi kesulitan untuk menjelaskannya kepada orang lain atau kepada atasan. Apakah Anda merasakan hal itu?

Baca Juga: Cara Memberikan Positive Feedback Saat Evaluasi Karyawan
 
Hal ini tentu sangat menyulitkan Anda, terutama dalam dunia kerja. Saat rapat, Anda yang introvert biasanya cenderung tidak begitu mendominasi alur pembicaraan dan topik yang dibahas. Padahal, bisa saja Anda punya ide menarik yang ingin disampaikan.

Lalu, bagaimana mengatasi hal ini dan menyuarakan ide Anda kepada atasan atau orang lain? Yuk, cari tahu 5 tips menyampaikan ide kepada atasan agar tidak menyinggung perasaan orang lain dan dapat diterima dengan baik!

 

1. Persiapkan Diri

Setiap penyampaian pendapat yang tidak dipersiapkan tentunya akan menjadi tidak jelas. Misalnya, saat rapat, tanpa mengetahui apa tujuan dari rapat tersebut, maka setiap orang akan hadir tanpa pemikiran yang mendalam.

Karena itu, ingatlah selalu untuk persiapkan diri dengan mengetahui apa topik dan tujuan dari pembicaraan atau rapat tersebut. Anda bisa menyiasati lebih dengan menyiapkan catatan atau ide-ide untuk dibicarakan atau bahkan pertanyaan yang ingin diajukan kepada atasan. 

 

2. Sampaikan dengan Jelas dan Spesifik

Hal pertama yang perlu diingat saat menyampaikan ide kepada atasan adalah dengan menyampaikannya dengan jelas dan sedetail mungkin. Mengapa demikian? Dengan menyatakan konsep tersebut dalam satu atau dua kalimat, maka ide Anda akan lebih mudah dicerna oleh atasan dan rekan kerja lainnya

Intinya, identifikasikanlah ide yang akan Anda disampaikan dengan jelas dan ringkas. Saat Anda berbicara terlalu panjang dan berbelit-belit, atasan dan rekan kerja lainnya orang akan kebingungan dan melupakan inti pembicaraan Anda, dan mereka akan mulai bertanya-tanya.

“Intinya apa, ya?”
“Jadi, mana yang harus ditekankan?”
“Maksudnya seperti apa, ya?”

Demi menghindari pertanyaan-pertanyaan semacam itu muncul dari atasan atau rekan kerja Anda, alangkah baiknya Anda menyampaikan ide dengan sejelas-jelasnya namun tanpa harus panjang lebar dan menjadi tidak jelas.

 

3. Ungkapkan dengan Bahasa Sederhana

Dalam dunia kerja atau saat rapat memang dibutuhkan bahasa yang disampaikan secara formal dan profesional. Meski demikian, tetaplah hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal sehingga sulit dimengerti.

Anda juga tetap dapat menyampaikan ide kepada atasan dengan profesional. Justru dengan bahasa sederhana, atasan dan rekan kerja lainnya akan lebih mudah memahami dan menerima apa yang ingin Anda sampaikan. Jangan sampai Anda harus mengulang-ulang ide Anda hanya karena mereka merasa bingung dan hal tersebut akan mengurangi urgensi Anda.

Baca Juga: Tips Berkomunikasi dengan Rekan Kerja yang Introvert

 

4. Sampaikan dengan Komunikasi yang Baik

Apa pun skenarionya, Anda perlu menyampaikan ide dengan komunikasi yang baik sehingga tidak terdengar seperti sebuah hal yang negatif. Berikut contohnya:

“Pokoknya, saya mau produk ini dibuat dengan bahan kayu jenis X.”
“Saya mengusulkan produk ini dibuat dengan bahan kayu jenis Y, karena lebih tahan lama dan biaya bahan baku bisa ditekan.”

Tentu saja pendapat pertama terlalu menuntut dan terkesan negatif, sementara pendapat kedua lebih persuasif dan positif. Karenanya, saat menyampaikan ide dengan komunikasi yang baik tentu akan lebih mudah diterima oleh atasan.

 

5. Fokus Pada yang Utama

Banyak orang lupa bahwa memberikan ide tentu sah-sah saja selama masih sesuai dengan tujuan dari pembicaraan itu sendiri. Sebab, tidak ada yang suka dengan pembicaraan yang melantur dan membuat topik terlalu luas, bukan?

Jadi, usahakanlah untuk selalu sampaikan ide yang memang berkaitan dengan tujuan pembicaraan sehingga topik tidak melenceng ke sana-sini. Jadi, pembicaraan Anda dengan atasan pun bisa selesai lebih cepat dan berakhir baik.

Baca Juga: Tips Mengatasi Toxic Workplace

Itulah 5 tips menyampaikan ide kepada atasan yang tentu saja tidak begitu sulit. Ulasan di atas tidak bermaksud menyalahkan Anda, namun mengajak Anda untuk belajar cara menyampaikan ide kepada atasan yang lebih baik dan benar, karena hal ini tak hanya bermanfaat bagi perusahaan, namun juga bagi Anda dan rekan kerja lainnya. Jadi, selamat mencoba!

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli untuk berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi dan mendaftar di Daya.id untuk mengetahui tips bermanfaat lainnya secara gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS