Dirilis

05 November 2022

Penulis

Qodri Perdana

Sebagian Anda mungkin pernah mendengar istilah Ikigai. Tapi tahukah Anda pengertiannya? Ikigai berasal dari Bahasa Jepang yang menjelaskan tentang arti atau nilai kehidupan. Ikigai juga dapat diartikan sebagai sebuah prinsip hidup yang lebih seimbang, berguna, serta lebih bermakna.

Konsep pola pikir Ikigai juga dipahami sebagai alasan untuk hidup, seperti sesuatu yang membuat kita bersemangat bangun pagi dan menyambut apapun yang menunggu kita di sepanjang sisa hari. 

Perasaan antusias dalam meraih sebuah kebahagiaan hidup ini banyak dijalani oleh masyarakat di Jepang.

Baca Juga: Tips Ekspor Daun Pisang ke Jepang 

Pada filosofi hidup beberapa masyarakat di Jepang, memahami alasan untuk bangun di pagi hari berarti mengetahui apa yang perlu diperjuangkan dalam kehidupan. Melalui konsep pada hidup seperti ini, bisa membuat mereka agar terus mempunyai harapan.

Ikigai ini mencerminkan sebuah keseimbangan dalam empat faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan serta motivasi seseorang,  yaitu passion, keahlian, permintaan dan nilai. Ikigai adalah keseimbangan antara hal yang menjadi keahlian, hal yang bisa dikerjakan guna mendapatkan uang, serta apa yang dunia perlukan. 

Penerapan Konsep Ikigai dalam Bisnis

Berikut ini penerapan konsep Ikigai dalam bisnis yang bisa insipirasi dalam membangun bisnis: 

 

1.    Passion 

Menemukan dan menentukan apa yang membuat Anda bergairah dan sangat bersemangat mengerjakan sesuatu.  Karena langkah awal dalam menerapkan Ikigai adalah dimulai dengan menemukan passion  terlebih dahulu, Semangat dan gairah ini akan selalu me-recharge Anda setiap pagi untuk beraktifitas. Passion dalam Ikigai ini juga perlu dihubungkan dengan dampak yang bisa berpengaruh pada lingkungan sekitar. 

Misalnya, Anda sangat bersemangat dalam mengkreasikan pakaian atau bereksperimen dalam fashion. Anda dapat membantu penjahit lokal disekitar tempat Anda tinggal untuk eksplorasi desain pakaian dan membantu mereka untuk bisa produktif, inovatif dan menghasilkan profit. Dengan begitu, selain anda membantu penjahit lokal untuk bisa menambah penghasilan, Anda pun juga dapat membuat hidup lebih bernilai serta menjadi pekerjaan idaman Anda.

Banyak orang yang bekerja hanya untuk membayar cicilan dan kebutuhan tanpa mengetahui apa passion mereka, dan akhirnya kebanyakan mereka hanya membuang dan membakar waktu. Sehingga bekerja pun tidak dari hati, terkadang mereka memulai kerja dengan rasa lelah dan menutup hari dengan rasa tidak bahagia.

Jika Anda sudah menemukan passion ini, mulailah sedikit demi sedikit untuk menekuni dan memulai langkah pertama untuk mewujudkannya.

 

2.    Keahlian

Setelah memiliki banyak hal yang bisa membuat Anda bersemangat untuk mengerjakannya. Namun belum tentu Anda bisa mengerjakannya dengan baik. Pada konsep Ikigai, passion saja tidak cukup, namun ahli dalam melaksanakannya juga dibutuhkan. 

Apalagi dalam menjalakan usaha, Anda harus punya keahlian agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik, seimbang dan maksimal.

Jika Anda tidak mempunyai keahlian dalam passion tersebut, segera memulai langkah pertama. Misalnya, bisa dengan mencari tempat pelatihan yang dapat mengasah kemampuan Anda. Misalnya tadi, Anda sangat bersemangat dalam eksplorasi fashion dan membantu penjahit lokal. Bagaimana Anda bisa membantu penjahit, jika Anda belum mempunyai ilmu pola atau ilmu fashion. Jangan mengulur waktu terlalu lama untuk bertindak, Anda bisa memulai dengan mengikuti kursus singkat untuk mengasah keahlian tersebut.

 

3.    Menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak

Agar usaha dapat diterima oleh pasar, maka Anda sebaiknya mendirikan usaha yang produknya dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat.

Jika Anda terlalu menikmati dan tenggelam dalam menciptakan sesuatu yang menurut Anda bagus namun tidak sesuai dengan pasar, maka Anda hanya menghabiskan banyak waktu namun tidak menghasilkan profit. Masih melanjutkan contoh kasus sebelumnya, Anda sudah mengasah keahlian dalam hal fashion untuk membantu penjahit lokal, Anda pun menciptakan busana yang menurut Anda bagus. Namun tidak laku di pasaran, otomatis Anda pun tidak akan bisa mendapatkan profit dan misi Anda untuk membantu dan memberikan manfaat tambahan bagi penjahit lokal pun tidak akan terwujud. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus melakukan riset lebih banyak lagi agar bisa dapat memahami pasar lagi.
 
 

4.    Jadikan Aktifitas Tersebut Memberikan Penghasilan

Anda sudah menemukan passion, sesuatu yang Anda kuasai dan dapat bermanfaat untuk banyak orang. Saat nya Anda membuat aktifitas tersebut menjadi sesuatu yang menguntungkan. Untuk membuat sebuah usaha bisa menguntungkan, pada awalnya Anda perlu tahu bagaimana caranya balik modal Dengan demikian, Anda dapat menjalankan usaha dengan sehat. Bayangkan Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai dan dibayar!

Teori dan pengetahuan tidak akan lengkap tanpa tindakan untuk memulai. Anda dapat bertanya kepada ahli kami untuk memulai berbisnis.

Untuk informasi lainnya terkait tips keuangan dan usaha. Anda bisa medapatkan nya secara gratis di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan sangat mudah dan kapan saja!. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M Ridwan Faza

09 Januari 2023

👍

Balas

. 0

M Ridwan Faza

09 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS