Dirilis

23 Desember 2021

Penulis

Anggia Rifani, M Dimas Nurrachman, Khosim Nur Sheha

Bisnis dropship Anda belakangan ini stagnan? Atau malah semakin menurun tingkat penjualannya?

Terjun ke dalam dunia bisnis tentu tidak selalu semulus jalan tol. Kadangkala hambatan timbul yang mengakibatkan semangat kita turun untuk bertahan dalam bisnis yang kita geluti. Yuk kenali penyebab bisnis Dropship tidak berkembang juga upaya yang dapat kita lakukan untuk membuat bisnis Dropship yang kita geluti laris manis. 

Penyebab Bisnis Dropship Tidak Berkembang

Kemudahan dalam menjadi dropshipper bukan berarti dalam menjalankan bisnis akan lancar tanpa tantangan, justru kita harus pintar dalam mengatur strategi dropship. Jikalau kita lengah, bisnis dropship yang kita jalankan kemungkinan akan stagnan atau tidak berkembang. Berikut beberapa penyebab bisnis dropship tidak berkembang :

1. Dropshipper Kurang Berkomitmen Kuat

Perkuat komitmen, ingat tujuan awal memilih bisnis tersebut. Motivasi dalam diri umumnya bangkit tatkala kita mengingat kembali tujuan awal kita memutuskan suatu pilihan. Sabar dan kegigihan menjadi senjata yang perlu diasah dan disiapkan seorang pelaku bisnis. Ketika menapaki jalan yang sukar, coba evaluasi. Suka menunda seringkali membuat komitmen kita menjadi pudar, jadi semangat untuk terus berproses ya.

2. Salah Memilih Pasar

Penting bagi dropshipper untuk selektif dalam memilih niche market atau lingkaran bisnis yang ingin digeluti. Sesuaikan dengan minat kita, bisa sesuaikan juga dengan passion. Pastikan produk tersebut dibutuhkan oleh target pasar yang kita pilih. Alangkah baiknya lagi jika dilaksanakan riset terlebih dahulu. Jika sudah terlanjur, bisa perdalam pengetahuan terkait pasar yang sudah kita pilih supaya nantinya cara memasarkan produk dapat disesuaikan. 

Baca juga : Riset Pasar Sederhana untuk UMKM

3. Belum Berani Beriklan

Membangun customer awareness perlu upaya dalam mengenalkan toko online kita ke khalayak ramai. Oleh karenanya perlu bagi dropshipper dalam merencanakan iklan melalui berbagai cara, baik melalui Facebook, Instagram, Google Ads, Iklan di e-commerce, dll. Beberapa media atau platform juga dapat disetting kepada siapa saja iklan tersebut akan ditayangkan. 

4. Ilmu Marketing yang Kurang Dikuasai

Bisnis online yang baru dibuat dapat diumpamakan seperti membuka toko di tengah hutan. Oleh karenanya perlu membangun awareness bagi calon pembeli supaya mereka tau akan toko dan produk yang kita jual. Beberapa strategi marketing yang dapat diterapkan diantaranya : menentukan target pelanggan, memiliki product knowledge, memperhatikan profile toko, membuat konten yang unik dan berfokus pada komunitas pelanggan, melakukan promosi pada produk bisnis secara kreatif, dan memperhatikan layanan pelanggan. 

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Banyaknya bisnis online dan banyaknya peminat dalam melakukan transaksi online saat ini tentu juga memberikan dampak positif bagi seseorang yang ingin memulai dan memasuki bisnis dropship. Bisnis ini memang sangat menjanjikan, jika kita memang memahami bagaimana cara, keuntungan, kendala yang mungkin saja terjadi saat menjalani bisnis ini. Untuk itu bahasan kali ini akan membahas keuntungan yang didapatkan yang harus diketahui oleh seorang pemula.

1. Tidak memerlukan adanya modal

keuntungan pertama menjadi dropshipper adalah tidak memerlukan adanya modal. Hal ini karena seorang dropshipper menjadi perantara dari supplier kepada konsumen. Tentu hal ini menjadi suatu poin yang menarik untuk kita yang tidak memiliki modal dalam memulai usaha.

2. Tidak memerlukan toko fisik atau tempat usaha dan tidak memerlukan stok barang 

Keuntungan yang kedua setelah tidak memerlukan adanya modal, kita juga tidak memerlukan toko fisik atau tempat usaha. Tentu karena kita hanya menjadi perantara, barang akan secara langsung dikirim melalui supplier kepada konsumen. Sehingga kita tidak memerlukan adanya tempat untuk stok barang penjualan.

3. Fleksibel dalam menjalankan bisnis

Untuk yang memiliki berbagai aktivitas, tetapi tertarik untuk masuk ke bisnis dropship, tidak perlu khawatir karena bisnis ini tidak menyita waktu, tenaga, sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan yang sedang kita lakukan lainnya.

4. Bisa menjual berbagai macam produk

Sebagai seorang dropshipper, kita tidak mempunyai batasan dalam menjual berbagai produk. Sehingga kita dapat mencari supplier produk apapun yang ingin dijadikan bisnis dropshipper.


 

Kendala Menjadi Dropshiper

Namun, dari semua keuntungan di atas, tentu tidak semua hal akan memberikan keuntungan. Apalagi bagi pemula dalam bisnis ini. Untuk itu, perlu juga memahami kendala-kendala yang mungkin saya kita rasakan ketika menjadi dropshipper. Kendala-kendalanya yaitu:

1. Mencari dan memilih supplier yang tepat

Tantangan yang pertama adalah saat menentukan dan memilih supplier, tentu hal ini menjadi suatu hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas barang, stok barang, kepercayaan konsumen, yang mana semua hal ini akan mempengaruhi konsumen kita dalam menggunakan layanan dropship kita.

2. Stok yang tidak pasti 

Ketika kita mendapatkan pesanan dari konsumen, namun tidak adanya kepastian ataupun kehabisan stok dari supplier menjadi satu kendala yang harus kita hadapi. hal ini, tentu akan memberikan penilaian bagi bisnis kita dari sisi konsumen yang akan memberikan penilaian yang buruk ketika kita tidak bisa memberikan pelayanan yang baik.

3. Modal sedikit tetapi juga keuntungan yang terbatas

Keuntungan yang kita dapat akan dipengaruhi dari supplier yang kita pilih, dan juga harus bersaing dengan kompetitor lainnya. Sehingga terkadang kita harus menggunakan harga yang lebih murah agar lebih dilirik oleh konsumen. Hal inilah yang akan berdampak pada keuntungan yang tidak banyak

Dari semua kendala yang ada, akan mempengaruhi reputasi dan mempertahankan bisnis dropship kita untuk berjalan lagi. Sehingga kita perlu memahami berbagai hal dengan rinci agar mendapatkan keuntungan yang baik saat menjadi dropshipper


Baca juga: Peluang Bisnis Online Modal Kecil Profit Tinggi di Indonesia

Dropship Berkembang 

Maraknya dropshipper pada saat ini merupakan bentuk usaha online yang sedang berkembang. Tidak adanya pekerjaan tambahan untuk mengurus stok produk dan modal yang tergolong tidak besar menjadi 2 dari sekian alasan para dropshipper ada. E-commerce yang telah berkembang pesat juga menjadi penyebab berkembangnya bisnis dropship. Namun, ada flaws dari maraknya pengguna dropship yaitu beberapa dari mereka menghadapi bisnis yang stagnan dan tidak berkembang. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips agar bisnis dropship anda bisa berkembang dan tidak tertinggal dengan yang lain:

1. Mengenali Cara Menemukan Supplier Atau Channel Distributor Produk Yang Dapat Dipercaya

Pemilihan supplier pada dropship merupakan hal yang utama karena semua aset yang kita jual berasal dari supplier. Semakin banyak mengetahui ragam supplier  agar mendapatkan supplier yang tepat dan dapat dipercaya. 

2. Membiasakan Diri Untuk Mengikuti Update Produk

Sebagai dropshipper memang tidak memiliki stok barang, namun para dropshipper wajib selalu update tentang jumlah stok dan harga produk terkini. 

3. Mendesain Ulang Foto Produk Sesuai Ciri yang Dikehendaki

Redesign foto produk merupakan hal penting disebabkan pintu pertama dari visualisasi pelanggan adalah melihat foto produk, foto yang menarik dan memiliki ciri sendiri menjadi daya tarik pembeli.

4. Membangun Ketelitian Dalam Mencatat Setiap Transaksi

Dengan pencatatan setiap transaksi ini, pelaku usaha akan mengetahui keuangan mereka baik itu tambah besar, atau malah menurun.

5. Mempelajari Pengelolaan Keuangan Bisnis yang Tepat

Menganalisis keuangan dan mengoptimasinya merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memantau tingkat penjualan kemudian kurang dan lebih dalam transaksi bisa diperbaiki sehingga sistem akan terus teroptimasi. 


 

Demikian cara yang dapat dilakukan agar bisnis dropship anda berkembang. Unique selling proposition merupakan hal utama yang dapat diterapkan melalui beberapa cara diatas.

Baca juga: Modal Usaha Kecil, Dropship dan Reseller Saja

Itulah informasi mengenai bisnis dropship, untuk mendapatkan info-info menarik lainnya terkait tips dalam memulai ataupun dalam pengembangan usaha. Anda dapat mengunjungi website Daya.id. Pada website ini terdapat berbagai artikel yang tentunya sangat menarik untuk dibaca, untuk mengakses artikel yang ada, silahkan melakukan pendaftaran pada Daya.id. Selain itu kamu juga dapat berkonsultasi dengan praktisi maupun trainer terkait dalam lingkup pengembangan diri dalam bisnis secara lengkap. Sangat mudah bukan? yuk baca berbagai artikel menarik di Daya.id

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS