Dirilis

17 Januari 2021

Jika membicarakan tentang model bisnis, maka bisnis MLM adalah salah satu yang menarik untuk dibahas karena konsep pemasarannya yang unik. Banyak masyarakat yang menggeluti bisnis MLM ini karena dianggap bisa membantu mereka mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar. Namun sebenarnya, apa sih bisnis MLM itu dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Bisnis MLM


 

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) adalah suatu sistem pemasaran yang pada prosesnya memanfaatkan pelanggan sebagai jaringan distribusi bisnis. Teknik pemasaran ini dilakukan secara berjenjang dengan semua pelanggan yang terlibat didalamnya. Bisnis ini akan memberi kesempatan pada pelanggan mereka untuk berperan sebagai penjual, dan nantinya akan mendapatkan keuntungan dari kemitraan tersebut. Setiap anggota yang bergabung akan disebut sebagai mitra niaga atau distributor. Sistem penjualan dalam bisnis MLM adalah berbasis piramida, atau bisa kita sebut juga dengan pemasaran berantai, jaringan, uni level marketing, multi generation marketing, serta networking marketing.

Cara Kerja beserta Penjelasan Lengkap Terkait Bisnis MLM


Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ini, berikut cara kerja bisnis MLM:

1. Pertama, Bagi Anda yang Ikut Berbisnis Maka Akan Mendapat Sponsor dari Seorang Distributor Perusahaan MLM Terlebih Dahulu

Jadi sponsor yang Anda peroleh ini, tepatnya berasal dari distributor terlebih dulu yang telah gabung dalam suatu bisnis MLM. Tugas Anda pun simpel, yakni hanyalah bantu menjualkan segala produk perusahaan MLM serta mencari orang juga untuk ikut bergabung, lalu memulai mitra bisnis baru yang banyak untuk membuat orang tertarik menjadi distributor, sampai terbentuklah jaringan yang seluas-luasnya.

2. Terdapat Uang Pendaftaran atau Uang Pangkal

Bagi Anda yang hendak menjadi anggota maupun distributor, maka wajiblah melunasi uang pendaftaran atau uang pangkal yang telah ditetapkan dari pusat. Sebab nantinya uang ini pun akan diserahkan ke stockist paling dekat, serta juga formulir pendaftaran yang sudah terisi oleh calon distributor yang telah setuju dan bersedia bergabung. Usai selesai melakukan pembayaran, maka akhirnya Anda pun telah resmi jadi distributor baru yang punya fasilitas tertentu seperti kartu anggota khusus, buku pedoman, majalah, literatur perusahaan, informasi produk, selebaran berkala, sampai dengan contoh produk, formulir pesanan, serta nasehat dalam berbisnis juga.

3. Tanda Tangan Suatu Kontrak atau Perjanjian yang Mengikat Hubungan Erat Antara Distributor dan Perusahaan

Bila cara kerja nomor 2 sudah, maka kelanjutan cara kerja bisnis MLM adalah menandatangani terlebih dahulu perjanjian yang menetapkan bahwa seorang distributor wajib patuh atas segala peraturan yang ada. Kemudian perusahaan pun juga harus sesuai dalam menyediakan produk, teratur dalam memberi komisi dan bonus sesuai yang telah dijanjikan. Adapun bagi distributor tentunya sangat berhak mendapat harga produk khusus, atau harga grosir.

4. Melaksanakan Adanya Aktivitas Penjualan Produk dengan Metode Pemasaran yang Bebas

Setelah hal-hal di atas sudah beres, maka distributor pun bisa langsung terjun ke lapangan untuk menjualkan produk pada konsumen, bebas dengan metode apapun itu. Baik face to face dalam personal selling, maupun lain-lainnya. Ketika menjualkan pun, para distributor juga harus sabar ketika akan memberi penjelasan khusus terkait produk perusahaan, manfaat, beserta meyakinkan keunggulan bisnis MLM agar orang tertarik dan ikut bergabung ataupun membelinya.

5. Mengembangkan Jaringan Seluas Mungkin

Terakhir, kembangkan jaringan memakai beberapa strategi seperti menjelajahi seluruh pasar, menampakan diri dengan peran sebagai agen, serta temukan orang yang tempat prospeknya bergantung. Bila Anda sebagai distributor berhasil menyebarkannya, maka perusahaan MLM tak segan juga dalam membagikan reward, baik dalam potongan harga, insentif ataupun bonus lainnya.

Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa bisnis MLM adalah jenis bisnis yang melibatkan pelanggannya untuk menjadi penjual dan berpeluang mendapatkan keuntungan. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalani bisnis ini, Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id.

Dengan konsultasi yang tepat, bisnis MLM yang akan Anda jalankan bisa berjalan dengan lebih matang dan lancar. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS