Dirilis

11 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Saat ini, kebutuhan akan konten tulisan yang berupa artikel semakin meningkat. Hal inilah yang membuat jasa content writer menjadi semakin diminati dan dicari. Jasa content writer akan menyediakan konten tulisan yang berupa artikel itu untuk berbagai kebutuhan media online maupun publisher. Content writer juga menjadi salah satu profesi yang cocok dilakukan oleh para wanita masa kini. Karena jenis pekerjaanya lebih fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja serta kapan saja. Tak heran jika banyak wanita yang memilih untuk menjadi seorang content writer

Cara Memulai Usaha Jasa Content Writer agar Berkembang 

Dengan peluangnya yang besar, kompetisi content writer ini juga semakin menguat dan semakin ketat. Oleh karena itulah diperlukan tips dan cara yang tepat agar jasa content writer yang Anda miliki bisa berkembang dengan lebih pesat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan usaha jasa dalam bidang content writer:

1. Tentukan Kategori Kontennya Dahulu

menyediakan banyak kategori content writer

Sebaiknya, Anda tentukan terlebih dulu kategori konten yang ingin Anda jalankan nantinya atau yang akan ditawarkan pada klien. Dengan kategori konten yang semakin banyak maka klien juga semakin mudah memilih jenis kategorinya. Seperti misalnya kategori artikel kesehatan, keuangan, teknologi, gaya hidup, dan sebagainya. Banyaknya kategori konten tersebut juga akan menambah potensi keuntungan Anda. 

2. Posting Portofolio

Anda bisa mencoba memposting portofolio yang ada di beragam media sosial atau blog pribadi. Cara ini akan memudahkan klien untuk melihat hasil konten yang Anda buat dan bagaimana kualitasnya. Jumlah kunjungan atau jumlah pembaca dari artikel yang Anda buat dan posting di web klien, akan mempengaruhi klien lainnya untuk menggunakan jasa Anda.

3. Aktif Sebagai Freelancer di Berbagai Marketplace

aktif sebagai freelance content writer

Pastikan Anda selalu aktif di marketplace sebagai seorang freelancer. Banyak pilihan marketplace yang bisa Anda gunakan. Pastikan Anda sudah mempertimbangkan bagaimana kompetisi antar content writer tersebut di marketplace yang Anda pilih. Misalnya dalam hal harga dan kualitas artikel yang Anda miliki.

4. Tawarkan Promo

Langkah lainnya yaitu menawarkan promo menarik pada para calon klien. Misalnya dengan memberikan bonus artikel yang cukup banyak. Pertimbangkan juga potongan harga yang bisa Anda berikan pada klien. Tapi promo ini hanya diberikan di awal penawaran saja, dan untuk selanjutnya harga menjadi normal kembali.

5. Tingkatkan Pelayanan

Tips terakhir yang juga harus Anda perhatikan adalah meningkatkan pelayanan untuk para klien. Cara ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan dari para klien. Sebab, dalam usaha yang bergerak di bidang jasa, kepuasan pelanggan adalah segalanya. Klien yang puas dengan hasil pelayanan dan kinerja Anda pasti akan kembali menggunakan jasa Anda lagi. 

Contoh layanan yang bisa Anda berikan adalah dengan memberi garansi revisi jika mereka sudah membeli artikel, tapi masih tidak sesuai dengan kebutuhan. Selain itu bisa juga dengan memberikan kesempatan diskusi bagi para klien terkait konten seperti apa yang mereka inginkan. Lakukan juga komunikasi yang intensif ketika melakukan pekerjaan artikel tersebut, dengan klien. Supaya tidak ada miss komunikasi antara Anda dengan klien dalam hal isi artikel tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memulai usaha jasa content writer supaya usaha ini berjalan dengan baik dan bisa menuai kesuksesan. Pada dasarnya usaha ini memang sangat memiliki peluang yang besar untuk dijalani, namun persaingan juga menjadi sangat ketat. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat agar usaha jasa content writer yang Anda miliki bisa memenangkan persaingan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum menjalankan usaha ini. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS