Dirilis

20 Oktober 2023

Penulis

Liza Rahayu

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah salah satu hal yang penting dalam menjalani kehidupan  yang sehat dan bahagia. Namun, dalam era yang serba sibuk ini, memisahkan urusan pekerjaan dan kehidupan pribadi bisa menjadi tantangan tersendiri. Kesibukan di tempat usaha, tuntutan pekerjaan yang tinggi, dan tekanan untuk tetap kompetitif seringkali membuat kita cenderung membawa pekerjaan ke dalam rumah, bahkan ketika kita seharusnya bersantai bersama keluarga atau mengejar hobi-hobi pribadi.

Baca juga: Mengatur Me Time untuk Menjaga Work Life Balance

Pentingnya memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi tidak boleh diabaikan. Ini bukan hanya tentang kesejahteraan mental dan emosional kita, tetapi juga tentang hubungan dengan keluarga dan teman-teman, serta kualitas hidup secara keseluruhan. 

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk membantu Anda memisahkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi Anda dan menjaga keseimbangan yang sehat antara keduanya:

 

Pisahkan Urursan Pribadi dengan Pekerjaan

Untuk menjaga agar kita tetap bisa menikmati hidup dengan baik, berikut adalah lima tips memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan yang bisa Anda coba:

 

1.    Buat Jadwal dan Patuhi Jadwal Tersebut 


Salah satu cara utama untuk memisahkan waktu antara urusan pribadi dan pekerjaan adalah dengan membuat jadwal dan berusaha keras untuk mematuhinya. Buatlah daftar kegiatan yang perlu Anda lakukan esok hari, mulai dari jam berapa Anda harus pergi ke kantor, jadwal pekerjaan apa yang harus diselesaikan, hingga jam pulang. Cobalah untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah, sehingga Anda memiliki waktu untuk melakukan aktivitas pribadi. Susunlah jadwal ini dengan baik dan tepat.

 

2.    Mengalokasikan Waktu dengan Bijak 

Salah satu penyebab stres terhadap pekerjaan adalah ketidakmampuan dalam mengatur waktu dengan baik. Terlalu sering kita menggunakan waktu libur untuk bekerja ekstra, atau bahkan menggunakan waktu bersama keluarga untuk mengerjakan tugas pekerjaan. Akibatnya, waktu kita menjadi kacau dan produktivitas menurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk bijak dalam mengatur waktu, dan pastikan untuk memisahkan urusan pekerjaan dan urusan rumah.

 

3.    Jangan Bawa Masalah Pribadi ke Pekerjaan, dan Sebaliknya 


Selain kedua tips di atas, penting juga untuk tidak membawa masalah pribadi ke dalam lingkungan kerja, dan sebaliknya. Terkadang, kita cenderung membawa masalah pribadi seperti masalah cinta, masalah keuangan, atau bahkan hutang ke tempat kerja. Atau sebaliknya, kita membawa masalah pekerjaan ke rumah. Meskipun hal ini mungkin dilakukan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat, jika tidak bisa memisahkan keduanya, hal ini akan menjadi bumerang.

 

4.    Bedakan Suasana Kerja dan Kehidupan Pribadi 

Untuk memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan, penting untuk membedakan suasana saat berada di kantor dan di luar kantor. Di dalam kantor, kita biasanya mengikuti aturan tertentu, berpakaian rapi, bekerja dengan cepat, suasana formal, dan memiliki batasan-batasan tertentu. Namun, saat di luar jam kerja, usahakan untuk tidak membawa suasana kerja ke dalam kehidupan pribadi. Jadilah diri sendiri, lakukan hobi yang Anda sukai, habiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman, dan nikmati momen-momen tersebut.

 

5.    Gunakan Smartphone yang Berbeda 

Jika memungkinkan, Anda bisa  menggunakan dua smartphone yang berbeda untuk membantu memisahkan urusan pekerjaan dan pribadi dengan lebih baik. Saat berada di kantor, gunakan smartphone khusus untuk pekerjaan dan simpan smartphone pribadi Anda. Begitu pula saat berada di rumah, fokuskan diri pada smartphone pribadi dan berikan istirahat pada smartphone pekerjaan. Tidak perlu menonaktifkan salah satunya, karena mungkin ada informasi penting yang perlu diakses.

Baca juga: Pengaruh Suasana Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan 
 
Memisahkan waktu antara urusan pekerjaan dan pribadi adalah hal yang sangat penting. Ini dapat membantu menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda sehingga Anda dapat menikmati hidup dengan lebih baik. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Untuk informasi lainnya seputar keuangan, usaha, kesehatan dan gaya hidup, Anda juga dapat berkonsultasi gratis di Tanya Ahli, dengan mendaftar terlebih dahulu. Semua informasi melalui artikel yang menarik bisa diakses dengan sangat mudah dan kapan saja! Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

RAHMAT WIDODO

23 October 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS