Dirilis

24 Desember 2021

Penulis

Fauziah Widia Lestari, Bryan Sahala Joshua, Maipa Diapati Aliah

Industri 4.0 atau revolusi industri keempat merupakan istilah umum yang digunakan dalam menunjukkan tingkatan dalam perkembangan industri teknologi di dunia. Untuk tingkatan keempat ini, saat ini sudah banyak memfokuskan hal-hal kepada kepada teknologi-teknologi yang bersifat digital. Menjalani kehidupan pada era revolusi industri 4.0 membuat kita harus semakin ekstra untuk mengembangkan diri. Era ini menuntut kita untuk dapat terus bergerak dan selalu menyesuaikan diri seiring dengan perubahan lingkungan yang semakin cepat pula, begitu pula halnya dalam berbisnis. 

Bisnis di era digital tentu berbeda dengan bisnis konvensional. Terdapat beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, salah satunya pada saat hendak merekrut karyawan. Pada era ini, ada banyak sekali kemampuan karyawan yang sudah tidak lagi kita butuhkan atau menjadi tidak relevan karena pekerjaan tersebut sudah dapat digantikan oleh mesin. Pemilihan karyawan dengan kemampuan yang tepat sejak awal akan mempermudah kita untuk mengembangkan bisnis dengan lebih efektif. 

Pada artikel ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kemampuan-kemampuan dari seorang karyawan yang tepat untuk bisnis pada era digital. 

 

Kemampuan Karyawan yang Relevan pada Era Digital

 

1. Content Creator

Memiliki karyawan yang mampu untuk membuat konten adalah salah satu poin plus yang akan didapatkan oleh perusahaan. Karyawan seperti ini dapat membantu perusahaan untuk melakukan pemasaran dengan konten-konten yang mereka ciptakan. Pada era digital ini, memiliki karyawan dengan kemampuan seperti ini sangat diperlukan untuk kemajuan serta pengembangan perusahaan. Perusahaan harus mampu untuk menemukenali calon karyawan yang memiliki kemampuan ini karena untuk menjadi seorang content creator sendiri tidak mudah, seseorang harus update mengenai tren yang sedang diminati oleh masyarakat juga harus konsisten dalam menciptakan konten guna menjaga engagement dengan para pengikutnya agar tetap terjaga.

 

2. Public Speaking


Public speaking menjadi salah satu skill yang harus dimiliki oleh semua orang khususnya di era digital seperti saat ini. Kemampuan public speaking yang bagus dapat membantu seseorang untuk membagikan ide dan gagasan yang ia punya kepada orang lain. Tentu saja dengan kemampuan ini dalam perjalannya perusahaan akan semakin mudah untuk berkembang karena komunikasi dapat berjalan dengan baik. 

 

3. Being a Good Digital Savvy

Kita semua sadar perubahan atau transformasi digital terjadi di hampir semua aspek kehidupan. Sejak bangun tidur hingga akan tidur lagi kita selalu dihadapkan pada berbagai pilihan penggunaan media sosial. Dunia digital yang ada saat ini memiliki dimensi yang lebih luas dari sebelumnya. Kita dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan lebih efektif melalui penggunaan platform digital. Dengan hadirnya berbagai platform digital yang dapat mempermudah segala urusan, perusahaan memerlukan karyawan yang memiliki keterampilan dan pemahaman yang mumpuni atau dengan kata lain perusahaan membutuhkan seorang Good Digital Savvy. Kemajuan teknologi akan menjadi sia-sia pada akhirnya jika perusahaan tidak dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan tepat guna.

 

4. Data Analytics Skill

Banyak perusahaan sudah menggunakan big data dan otomatisasi. Banyak perusahaan membutuhkan karyawan dengan pengetahuan tentang analisis data. Kemampuan menganalisis data adalah kemampuan seseorang untuk mengumpulkan, mengatur, dan mengelola berbagai jenis data tentang informasi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengambil keputusan. Keterampilan analisis data sering digunakan di berbagai posisi dalam perusahaan. Data telah menjadi salah satu hal terpenting bagi perusahaan-perusahaan di masa sekarang dapat menggunakan keterampilan analisis data untuk memahami sistem transaksi. Tim produksi menggunakan keterampilan analisis data untuk memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan guna mengembangkan fitur baru. Tim pemasaran menggunakan keterampilan analisis data untuk memahami demografi dan mengembangkan teknik pemasaran yang efektif. Tim layanan pelanggan menggunakan keterampilan analisis data untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. 

 

5. Digital Marketing



Meningkatnya penggunaan e-commerce dan media sosial sebagai sarana pemasaran produk, keterampilan pemasaran digital menjadi sangat diperlukan. Pemasaran digital melalui penggunaan blog, situs web, e-mail, iklan, media sosial, pemasaran konten, dan lain-lain. Sebuah merek tidak bisa lagi menarik pembeli tanpa strategi pemasaran yang baik. Dengan orang-orang yang beralih dari media mainstream ke media digital, strategi pemasaran juga harus beradaptasi. Biasanya, keterampilan pemasaran digital juga berjalan seiring dengan keterampilan menulis konten, terutama dalam hal SEO dan SEM.

 

6. Content Writing

Content Writing adalah pekerjaan yang berfokus pada penyampaian dan penulisan konten berkualitas tinggi untuk situs web dan media sosial perusahaan. Meskipun tren media cetak telah berubah dan digantikan oleh media digital, keterampilan menulis masih sangat dibutuhkan di industri ini. Di era digital ini, skill yang dibutuhkan adalah copywriting dan content writing. Mereka berdua memiliki pangkat yang berbeda. Copywriting lebih terkait dengan dunia periklanan, sedangkan content writing bertanggung jawab atas konten artikel dan website.
Keterampilan ini juga melibatkan kreativitas dalam menyusun kata-kata untuk menarik perhatian pembaca. Selanjutnya, kemampuan ini terkait erat dengan strategi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). 

Dari informasi di atas, tentunya anda sekarang sudah tahu mengenai beberapa kemampuan yang cocok untuk membangun tim bisnis pada era digital ini. Beberapa kemampuan di atas dapat anda jadikan pertimbangan sebelum anda hendak merekrut karyawan untuk dapat meningkatkan efektifitas bisnis anda di era ini. Kemudian, hal yang perlu diperhatikan bagi para pengusaha adalah bagaimana cara merekrut karyawan guna menghasilkan sumber daya manusia yang tepat di era serba digital seperti saat ini. 

 

Cara Mendapatkan Karyawan yang Tepat untuk Bisnis

Sebuah usaha yang baru akan didirikan pasti akan membutuhkan sumber daya manusia yang mendukung keberlangsungan berbagai kegiatan bisnis. Melihat pentingnya peran para karyawan dalam sebuah bisnis tentu perlu adanya tahapan rekrutmen agar sebuah bisnis mendapatkan sumber daya manusia terbaiknya. Dengan karyawan yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan kontribusi terbaik dari individu tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan merekrut karyawan di antaranya:

 

1. Membuat List Sumber Daya yang Dibutuhkan

Tahap awal yang perlu kita pahami adalah mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan pada bisnis yang akan kita jalankan dan temukan bagian mana yang butuh peran sumber daya manusia di dalamnya. Setelah mengetahui kebutuhan secara spesifik, kita dapat menentukan kriteria seperti apa yang dapat mengisi peran tersebut.

 

2. Kenali Calon Karyawan 

Sebelumnya, kita sudah membuat daftar kebutuhan dan kriteria yang diperlukan dalam bisnis kita. Tahapan berikutnya kita perlu melihat dengan teliti berbagai kepribadian dan karakter calon karyawan. Tentunya kepribadian dan karakter yang baik akan berbanding lurus dengan kontribusi yang akan mereka berikan pada bisnis kita. Untuk mengenal para calon karyawan tadi kita dapat melihatnya dari tahapan seleksi, mulai dari seleksi CV hingga tes wawancara. Kita dapat menganalisis sifat atau karakteristik setiap orang pada tahapan tersebut. 

 

3. Perluas Channel Rekrutmen

Semakin banyak yang mendaftar maka pilihan atau option yang kita miliki lebih banyak. Untuk mendapatkan hal tersebut kita perlu memperluas channel rekrutmen kita melalui berbagai platform yang dapat diakses dan dijangkau oleh banyak orang. Kita dapat menyebarkan informasi terkait lowongan pada situs atau website lowongan kerja dan juga media sosial yang khusus untuk memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan. 

Silahkan mengikuti artikel terkait merencanakan usaha dan sumber daya manusia lainnya, atau silahkan bertanya terkait topik ini di Tanya Ahli. Jika kalian punya pendapat lain, silakan tuliskan di kolom komentar. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber 

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS