Dirilis

17 November 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Diare dapat dialami oleh semua usia. Meskipun terdengar sederhana, penyakit ini dapat menyebabkan kematian akibat kekurangan cairan, terutama pada anak-anak.

Nah, saat diare, buang air besar (BAB) biasanya akan lebih encer dan lebih sering yaitu 3 kali atau lebih dalam sehari. Penyebab diare tidak hanya bakteri dan virus tetapi juga beberapa hal seperti alergi makanan dan efek samping obat. Gejala lain yang muncul pun beragam, misalnya ditemukannya darah pada tinja, kram/nyeri perut, mual, muntah, demam, lemas, dan sebagainya.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika mengalami diare? Beberapa langkah berikut wajib Anda coba:

1. Tetap Minum
Saat diare, besar kemungkinan Anda akan kehilangan banyak cairan dari tubuh. Tetap konsumsi cairan 8-10 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Selain itu, Anda dianjurkan untuk konsumsi segelas cairan setiap kali BAB. Tidak hanya dari air putih, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi jus, oralit, dan kuah sup.

2. Tetap Makan
Tetaplah makan dan minum seperti biasa sebab jika porsi makan Anda berkurang atau tidak makan sama sekali akan dapat memperparah kehilangan zat gizi di dalam tubuh.

3. Konsultasi ke Dokter
Jika diare yang Anda alami tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri Anda ke Dokter. Apalagi bila Anda mengalami beberapa gejala berikut: diare menetap selama 2 hari, BAB disertai lendir atau darah, nyeri perut atau dubur yang sangat hebat, serta demam.
Umumnya, diare akan sembuh dengan sendirinya dengan melakukan langkah 1-2 di atas. Mari menjaga kebersihan diri dan lingkungan Anda, agar terbebas dari diare.

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS