Dulunya Fisioterapis, Kini Sukses Menjadi Pebisnis Spa Bayi

Dirilis

30 Juni 2022

Penulis

Majalah Franchise Indonesia (Mitra Strategis Program Daya Sejak 2014)

Pengusaha

Esti Kadariyah, A.Md.FT

Jenis Usaha

Bisnis Spa Bayi

Sukses menekuni karier sebagai fisioterapis, wanitayang satu ini mencoba berbisnis spa bayi. Bisnisnya pun menuai sukses hingga membuka cabang ke berbagai daerah. Penasaran seperti apa kisahnya? 

Sejatinya, Esti Kadariyah, A.Md.FT adalah seorang fisioterapis yang sudah memulai layanan fisioterapinya sejak tahun 2007. Di sela-sela kesibukannya, ia hamil anak pertamanya pada tahun 2010. Di tengah kegembiraannya menyambut kehadiran bayi, ada kegelisahan yang ia rasakan. Sebagai wanita bekerja, ia mengkhawatirkan tumbuh kembang anaknya kelak karena tidak bisa 100% diasuh sendiri. Siapa sangka kekhawatiran tersebut justru menjadi ide bisnis yang brilian. "Saya pikir ini adalah peluang, calon ibu lainnya juga pastinya berpikiran sama seperti saya," ujarnya.

Esti merintis jasa perawatan bayi (baby Spa) pada tahun 2010 dengan menerapkan ilmu fisioterapi yang saat itu masih sangat jarang. Menurutnya, peluang bisnis spa khusus bayi sangat baik. Selain pemainnya belum banyak, sasaran customer adalah bayi/anak-anak dimana orang tuanya akan loyal untuk memberikan yang terbaik. Esti memulai bisnis Baby Spa yang diberi nama Bunda Esti Fisioterapi Baby Spa di Purworejo dengan modal awal Rp30 juta. 

Diakuinya, bisnis ini dimulai tanpa analisis usaha dan perhitungan biaya produksi. "Hanya berjalan begitu saja. Karena bergerak di bidang jasa, biaya terbesar adalah pada gaji karyawan.  Kami hanya menghitung potensi (pendapatan) kunjungan customer dan pengeluaran saja. Namun Alhamdulillah hasilnya melebihi ekspektasi kami walaupun di kota kecil. Customer juga banyak datang dari kota besar di sekitar Purworejo seperti Yogyakarta, Purwokerto, Magelang, Semarang dan sebagainya dikarenakan saat itu di kota besar pun masih belum ada. Bahkan, di Jakarta baru ada 1," bebernya. 

 

Tidak Gentar Hadapi Kendala

Meski peluang bisnisnya cukup baik, perjalanan bisnis yang dialami Esti tentu tidak terhidar dari beberapa kendala yang harus dihadapi, yaitu:

 

1.    Kendala rebranding layanan dan produk

Kendala rebranding layanan dan produk yang semula menggunakan bahasa kesehatan (kesan klinik) menjadi lebih menarik. Untungnya, berbekal 5 tahun pengalaman menangani fisioterapi anak, pengetahuan mumpuni dalam pendidikan fisioterapi, dan literatur nasional maupun internasional memudahkan Esti menangani tantangan tersebut. 
 

2.    Kendala pemenuhan tenaga kompeten

Sulit menemukan tenaga terapis yang kompeten di kota kecil, karena itu Esti mencoba menyebar informasi pada kampus-kampus akademi fisioterapi. Tentunya 

 

3.    Kendala promosi bisnis

Esti mengakui, memiliki keterbatasan modal untuk mempromosikan bisnis barunya. Namun, ia sangat bersyukur saat itu media sosial seperti BBM (Blackberry Messeger), Facebook, Twitter mulai marak sehingga bisa dimanfaatkan sebagai channel publikasi. Selain itu, Esti juga mengandalkan testimoni customer dari mulut ke mulut untuk memperkuat brandingnya. 

 

4.    Kendala manajemen bisnis

Sebelum memiliki tim yang membantu operasional bisnis, bisnis dijalankan oleh Esti dan suaminya yang keduanya merupakan tenaga medis. Dengan basic kesehatan, tentunya Esti dan suami memiliki pengetahuan yang minim dalam hal manajemen bisnis. Hal ini menyebabkan banyak hal yang belum berhasil di awal memulai bisnis, namun Esti memiliki motivasi tinggi untuk belajar demi memperbaiki perekonomian keluarganya. 

Dalam perjalanan bisnisnya, Esti memodifikasi produknya yang semula pure fisioterapi menjadi layanan yang dianggap lebih menjual. "Tadinya pelayanan untuk anak yang memiliki gangguan kesehatan (tumbuh kembang), kemudian mulai menawarkan jasa perawatan anak sehat juga (pijat, memandikan, baby spa, baby gym)," tuturnya. Tidak heran saat ini Bunda Esti Fisioterapi Baby berkembang menjadi salah satu waralaba terbaik yang tersebar di Purworejo, Yogjakarta, Surabaya, Pekanbaru, Banjarbaru dan sebagainya. Rata-rata outlet tersebut melayani 500-600 customer perbulannya dan menghasilkan omzet Rp50 juta perbulan. Bahkan omzet per tahunnya bisa mencapai Rp 3 milyar lho..

 

Tantangan di Masa Pandemi  

Seperti halnya pebisnis lain yang kelimpungan menghadapi pandemi di awal tahun 2019, Esti pun harus rela omzet bisnisnya anjlok hingga 80% di awal pandemi karena outlet terpaksa tutup 2-3 bulan dikarenakan PPKM level 4," ujar Esti. 

 "Saat ini Alhamdulillah sudah naik lagi. Beberapa outlet sudah normal, meski belum bisa tumbuh maksimal seperti sebelum pandemi. Untuk menghadapinya, Esti melakukan efisiensi dan memaksimalkan potensi SDM yang ada. "Memberikan promo dan edukasi ke customer, dan memastikan customer aman saat melakukan treatment di Bunda Esti," ujarnya. 

Esti mengatakan, saat pandemi tantangannya adalah  mengajak customer agar mau datang ke outlet dengan menjamin keamanaan mereka dan anak-anak yang akan menjalani treatment. Untuk itu, Esti dan tim mengatur jadwal kedatangan dengan meminta customer untuk melakukan reservasi sebelumnya agar tidak ada kerumunan yang terjadi karena penumpukan antrian. 

Rencana ke depan, lulusan D3 Fisioterapi ini ingin meningkatkan mutu pelayanan, penambahan jenis produk consumable untuk retail, dan lebih agresif dalam pengembangan jaringan gerai. "Targetnya menjadi pemain besar di bisnis baby spa di Indonesia," tandas Esti. 

 

Investasi Bunda Esti Fisioterapi Baby Spa

Bagi calon investor yang berminat mengambil franchisenya, Bunda Esti menawarkan Investasi Rp445 juta dengan masa kontrak kerja sama 5 tahun. "Investasi tersebut sudah include interior, peralatan, SDM sampai opening. Namun, exclude sarana dan prasarana air tandon, AC, Listrik," kata Esti. 

Rata-rata franchise Bunda Esti mencapai Estimasi BEP dalam kurun waktu 28 bulan. Anda tertarik?

Esti Kadariyah adalah salah satu pebisnis yang sukses membangun bisnis waralaba. Anda tertarik mengikuti jejaknya? Konsultasikan dengan pakar franchise di Daya.id agar usaha yang Anda jalankan semakin matang dan sukses.

Untuk kisah sukses pengusaha inspiratif lainnya, bisa Anda baca di Daya.id. Yuk daftar dan kunjungi Daya.id sekarang juga!

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS