Dirilis

26 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Anda pasti sudah sering mendengar kata merchant. Apakah yang dimaksud dengan merchant itu sebenarnya? Singkatnya, merchant adalah pedagang, yaitu seseorang atau kelompok yang melakukan perdagangan produk barang maupun jasa. Perdagangan tersebut dilakukan secara online maupun offline dan biasanya bekerjasama dengan lembaga keuangan untuk memudahkan proses transaksinya.
Kita bisa mengambil contoh misalnya merchant toko elektronik dan juga furniture yang menerima pembelian dengan sistem kredit. Agar proses pembayaran lebih mudah dilakukan maka merchant akan bekerjasama dengan bank dalam menerima pembayaran dari pembeli. Agar lebih paham apa dan bagaimana merchant kita akan membahasnya berikut ini.

Apakah Merchant Itu?



Dari penjelasan singkat sebelumnya bisa dikatakan bahwa yang dimaksud dengan merchant adalah penjual atau pedagang barang maupun jasa yang mempunyai toko fisik (offline) maupun online. Dalam melakukan aktivitas perdagangannya merchant bekerjasama dengan perbankan dalam hal pelayanan pembayaran melalui uang elektronik.

Jenis merchant sendiri ada 2 yaitu perorangan dan badan hukum. Di samping itu untuk bisa menjadi merchant maka ada persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pedagang tersebut.
Merchant perorangan adalah mereka para pedagang perorangan yang melakukan aktivitas jual beli tanpa adanya peraturan badan hukum. Sedangkan merchant badan hukum yaitu jenis merchant dimana pendirian dan tata cara ketentuan-ketentuannya berdasarkan badan hukum.

Bagaimanakah Cara Kerja Merchant Itu?

Pada prinsipnya cara kerja merchant tidak jauh berbeda dengan pedagang pada umumnya hanya saja ketentuannya harus sesuai aturan yang berlaku pada bank tersebut. Misalnya merchant A melakukan kerjasama dengan bank B maka cara kerjanya harus sesuai ketentuan yang dibuat oleh bank B tersebut.

Satu merchant bisa bekerjasama dengan beberapa bank dalam melakukan transaksi bisnisnya.  Agar bisa melakukan transaksi bisnisnya tersebut maka sebelumnya merchant harus melakukan beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Mendaftar sebagai Merchant

Tahapan yang pertama pastinya pedagang harus mendaftarkan dirinya sebagai mitra atau merchant pada bank. Dalam melakukan pendaftaran sebagai merchant tersebut tentu saja harus disertai dengan data yang benar. Selanjutnya data disimpan sebagai database dan merchant akan diberikan ID. Dengan diberikannya ID tersebut berarti merchant telah resmi terdaftar serta menyetujui semua persyaratan yang berlaku.

2. Mendapatkan Virtual Office

Tahap kedua merchant akan diberikan virtual office yang fungsinya adalah sebagai mediator dalam melakukan transaksi mata uang virtual dan diskon virtual yang ditransfer oleh para pembeli.

3. Melakukan Transaksi

Tahapan terakhir, setelah transaksi selesai maka penjual atau merchant akan mengirimkan produknya langsung kepada pembeli. Produk yang dikirimkan tersebut pastinya sudah sesuai dengan kesepakatan dalam hal jenis, jumlah dan harga produk.



Fungsi dan Jenis Produk yang Dijual Merchant

Lalu apa saja fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan oleh merchant? Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat menjadi merchant.
▪ Bisa menjangkau lebih banyak pembeli dengan lebih mudah
▪ Lebih mudah untuk memantau transaksi penjualan dan pembelian produk yang dilakukan
▪ Membantu meningkatkan dan mempertahankan kredibilitas dan reputasi usaha
▪ Cara praktis untuk melakukan analisa hasil dari penjualan produk
▪ Bisa mendapatkan eksposur serta berbagi program promosi yang menguntungkan

Merchant bisa menjual produk informasi maupun produk fisik. Apa saja contohnya?

a. Produk informasi misalnya software, e-book, mp3, video dan beragam produk digital lainnya.
b. Produk fisik contohnya barang elektronik, furniture, pakaian, peralatan memasak dan lain sebagainya.

Itulah pengertian, cara kerja, dan fungsi dari merchant. Dari pembahasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa merchant adalah salah satu cara yang bisa dilakukan pedagang untuk mempermudah aktivitas jual belinya melalui kerjasama yang dilakukan dengan lembaga keuangan seperti bank. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar merchant selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS