26 Januari 2022
Dirilis
Penulis
Herly Marwanto
Hingga April 2019, perusahaan otomotif kendaraan beroda empat Toyota Astra Motor terus meraih predikat sebagai call center terbaik dalam ajang Contact Center Service Excellence Award. Toyota Astra Motor, atau kita sebut saja Toyota, memenangkan ajang ini dengan bersaing dengan lebih dari 320 contact center di Indonesia yang di-monitoring kualitas pelayanannya.
Apa yang Membuat Toyota Astra Motor Meraih Predikat Contact Center Terbaik?
Paling tidak ada dua hal yang membuat Toyota meraih predikat layanan contact center terbaik:
1. Kepuasan Pelanggan Menjadi Fokus Utama
Strategi pemasaran bukanlah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan dalam persaingan sengit dalam sebuah bisnis atau usaha. Layanan secara keseluruhan juga perlu diperhatikan. Seperti ketersediaan informasi mengenai produk, pelayanan yang baik, proses menjual barang, pengalaman konsumen ketika membeli, hingga pengalaman pasca-pembelian produk. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang menjadi fokus utama demi mampu memberikan pengalaman terbaik.
2. Punya Beragam Akses Untuk Menghubungi Penjual
Toyota memiliki call center yang siap dihubungi 24 jam. Selain itu juga Toyota memiliki email untuk memudahkan komunikasi bertukar pesan dengan pelanggannya. Ketika pelanggan ingin mencari informasi mengenai ragam produk dan layanan, mereka bisa juga mengakses melalui situs resmi Toyota, dan akun media sosialnya Toyota. Berbagai layanan tersebut dihadirkan untuk mempermudah pelanggan dalam pencarian informasi atau bahkan melakukan pembelian, agar Toyota mampu memberikan customer experience yang terbaik.
Ini Prinsip Toyota Astra Motor Untuk Meningkatkan Kesuksesan Penjualan
Bagi Toyota, layanan contact center merupakan bagian dari kesuksesan penjualan. Nah, berikut ini 4 prinsip mereka dalam meningkatkan penjualan.
1. Kesuksesan Penjualan Bergantung Pada Pengalaman Konsumen
Pengalaman pelanggan tidak hanya pada saat transaksi tetapi juga setelah memiliki kendaraan atau produk. Menjalin relasi yang baik juga penting setelah pelanggan membeli produk Anda.
2. Ketersediaan Informasi
Ketika pelanggan sudah dengan mudah mendapatkan informasi tentang produk yang Anda tawarkan, mereka akan cenderung lebih yakin untuk membeli atau menghubungi Anda lebih lanjut. Sehingga pastikan Anda memiliki wadah yang mampu menyediakan informasi untuk pelanggan Anda.
3. Berikan yang Lebih Dari Ekspektasi Pelanggan
Toyota selalu berupaya memberikan produk, teknologi, dan layanan yang melebihi ekspektasi pelanggan. Dalam hal ini termasuk saat contact center atau call center menjawab pertanyaan atau membantu pelanggan.
4. Menjaga Loyalitas Pelanggan
Dengan memiliki call center yang dapat dihubungi 24 jam dan mudah untuk diakses, pelanggan akan jauh lebih percaya dan menjadi loyal pada brand atau produk Anda. Loyalitas juga dapat terus terjaga jika usaha Anda stabil.
Tips Agar Dapat Menjadi Contact Center yang Baik Seperti Toyota Astra Motor
Lalu, apa yang bisa kita pelajari dari Toyota, sehingga kita juga bisa memiliki contact center yang baik? Berikut ini di antaranya:
1. Kenali Produk Anda
Ketika ingin menjelaskan mengenai produk, memberikan membantu pelanggan mengatasi masalahnya, atau hanya sekedar menjawab pertanyaan pelanggan, hal pertama yang perlu ada lakukan adalah Anda mengenal dengan produk Anda, atau admin contact center Anda mengenal dengan baik produk Anda. Sehingga mampu menjawab dan menjelaskan dengan sangat baik dan tepat.
2. Bersikap Ramah
Contact center atau call center adalah orang pertama yang akan berhadapan dengan pelanggan baik secara langsung face to face, melalui telepon, atau melalui chat. Bagaimanapun pertemuan yang terjadi, contact center harus bisa menyapa dan menyampaikan informasi seramah mungkin sehingga pelanggan merasa nyaman dan diterima.
3. Berikan Pelatihan Kepada Staff Anda
Walaupun menjawab telpon, membalas pesan, atau bertemu dengan pelanggan terlihat seperti pekerjaan yang mudah, akan tetapi staff Anda atau bahkan diri Anda sendiri tetap perlu berlatih agar bisa maksimal.
4. Bersikap Responsif
Jawaban Anda sangat diperlukan oleh pelanggan. Berikan jawaban secepatnya agar pelanggan dapat menyelesaikan masalahnya atau mendapat jawaban atas pertanyaannya juga dengan cepat. Jika Anda memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari informasi, lebih baik beritau pada pelanggan sehingga pelanggan tau bahwa mereka sedang menunggu sesuatu.
5. Dengarkan Apa Yang Pelanggan Sampaikan
Menjadi call center atau contact center memiliki tugas utama untuk mendengarkan apa yang disampaikan atau ditanyakan oleh pelanggan. Maka dengarkan baik-baik apa yang disampaikan oleh pelanggan jangan sampai pertanyaan yang disampaikan terlewatkan atau informasi yang pelanggan butuhkan tidak sesuai dengan apa yang Anda berikan. Ketika mendengarkanpun tetapi ada batasannya, karena terkadang pertanyaan pelanggan sudah tidak relevan. Sehingga perlu juga mengetahui kapan harus berhenti.
Memiliki contact center atau call center yang efektif dan baik adalah salah satu kunci kepuasan pelanggan sehingga pelanggan. Coba pahami Prinsip Toyota dalam meningkatkan kesuksesan penjualan dan tingkatkan kualitas dari contact center Anda dengan 5 tips tersebut di atas. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut Anda dapat melakukan konsultasi atau bertanya pada ahli.
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
Sumber:
Berbagai sumber
Jefri purwo carito
07 January 2024
?
Balas
.0
Ardhan Ashary Nasution
22 December 2023
Terima Kasih informasi nya sangat menarik ??
Balas
.0
Abdur rahman
10 December 2023
Infonya bagus dan bermanfaat ??
Balas
.0
Dewi Khotijah
03 December 2023
Informasi menarik dan bermanfaat karena menambah ilmu, terimakasih sudah sharing
Balas
.0
Arrino Fatra
22 November 2022
Mantap
Balas
.0