Dirilis

06 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Ekuitas adalah istilah akuntansi yang sebenarnya tidak asing di telinga kita hanya saja mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengerti artinya. Padahal, mengetahui ekuitas sangat penting untuk dilakukan karena nilai ekuitas punya peran yang besar untuk melihat kondisi keuangan perusahaan. Inilah pengertian dan komponen dari ekuitas.

 

Pengertian Ekuitas


Ekuitas adalah selisih antara nilai aset dan liabilitas atau kewajiban. Ekuitas bisa diartikan juga sebagai nilai harta bersih yang asalnya dari investasi oleh pemilik perusahaan serta hasil dari aktivitas usaha yang dilakukan perusahaan. Pemahamannya seperti ini:

Jadi, setiap perusahaan pastilah memiliki aset yang digunakan dalam pelaksanaan operasional usaha. Sementara itu perusahaan juga memiliki kewajiban yaitu hutang yang harus dibayarkan kepada pihak lain. Nah, sisa nilai aset yang tersisa setelah perusahaan melunasi kewajiban inilah yang disebut ekuitas.

Ekuitas pada perusahaan bisa bernilai positif ataupun negatif. Ekuitas akan bernilai negatif jika jumlah kewajiban yang harus dibayarkan oleh perusahaan jumlahnya lebih besar daripada aset yang dimiliki. Sedangkan ekuitas positif terjadi jika nilai aset jumlahnya lebih besar daripada kewajiban yang harus dilunasi perusahaan. Biasanya ekuitas negatif terjadi kalau perusahaan mengalami kerugiaan usaha.


Komponen dalam Ekuitas


Agar tidak mengalami kerugian yang berujung pada bangkrutnya usaha maka perusahaan sudah seharusnya menjaga nilai ekuitasnya. Nah, karena itulah sebaiknya setiap orang yang akan merintis usaha mengetahui apa saja komponen ekuitas tersebut. Inilah beberapa komponen yang terdapat dalam ekuitas.

 

1. Modal yang Disetorkan

Maksud dari modal yang disetor adalah besarnya modal atau aset yang diserahkan oleh pemilik usaha ataupun investor dalam jumlah tertentu. Penyetoran modal tersebut bertujuan untuk menjalankan usaha ataupun mengembangkannya. Jenis modal yang disetorkan ini ada 2 yaitu :
a. Modal saham yaitu jumlah lembar saham maupun nominal uang yang beredar.
b. Saham agio dan disagio, yaitu selisih antara jumlah modal yang disetorkan pemegang saham dengan nilai saham tersebut. Disebut saham agio jika selisihnya di atas nilai nominal sedangkan disagio adalah kondisi sebaliknya.

 

2. Keuntungan yang Tidak Dibagikan

Maksud dari keuntungan yang tidak dibagikan yaitu keuntungan yang telah didapatkan dari tahun-tahun sebelumnya serta tidak dibagikan ataupun tidak diambil. Keuntungan yang tidak dibagikan ini bukanlah deviden oleh sebab itu perusahaan harus berusaha untuk mencari cadangan sebagai antisipasi pembagian dividen. Jika terjadi keuntungan atau laba dengan saldo debit artinya perusahaan malah mengalami defisit.

 

3. Modal Penilaian Kembali

Selisih yang terdapat antara modal pada periode sebelumnya dengan periode saat ini disebut dengan modal penilaian kembali. Perusahaan bisa saja memasukkan sisa modal periode yang lalu ke dalam modal sekarang agar nilainya lebih maksimal.

 

4. Modal Sumbangan

Apakah yang dimaksud dengan modal sumbangan itu? Yaitu nilai aktiva yang diperoleh perusahaan yang sumbernya dari sumbangan pihak lain. Modal sumbangan memungkinkan perusahaan tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk membeli sesuatu ataupun untuk memperoleh aset baru.

 

5. Modal yang Lainnya

Modal lainnya yaitu modal yang sumbernya dari berbagai jenis cadangan yang ada pada perusahaan. Misalnya seperti modal ekspansi, modal persiapan untuk pelunasan obligasi, cadangan penurunan harga dan sebagainya. Sedangkan jumlah keuntungan yang tidak dibagikan dan telah dimasukkan ke dalam dana cadangan tidak bisa diminta kembali sebagai dividen.

Itulah pengertian dan komponen dari ekuitas. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa ekuitas adalah hal yang sangat penting bagi sebuah usaha ataupun perusahaan. Jika perusahaan ingin sehat maka sebaiknya jaga nilai ekuitas agar selalu positif. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id apabila masih memiliki pertanyaan seputar ekuitas atau istilah lain dalam keuangan perusahaan.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS