Dirilis

09 Agustus 2021

Penulis

Yulinda Sari

Menjalankan usaha apapun pasti akan dihadapkan pada sebuah persaingan. Untuk menghadapi tantangan dan menghindari kebangkrutan, maka para pelaku UMKM membutuhkan strategi memenangi persaingan pasar yang jitu, khususnya dengan pengusaha yang bidang usahanya sama. Misalnya sama-sama reseller kue, sama-sama buka toko pakaian muslim, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa strategi sukses dalam persaingan usaha UMKM yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk Anda, khususnya di bidang usaha ritel.

 

Strategi Memenangkan Persaingan Pasar

Strategi Memenangkan Persaingan Pasar

 

1. Jadikan kelemahan pesaing sebagai kekuatan usaha Anda

Untuk dapat melakukannya, jawablah terlebih dahulu beberapa pertanyaan berikut :
  • Di manakah lokasi usaha pesaing Anda?
  • Apa kekuatan usaha yang dimiliki pesaing Anda?
  • Apa saja kelemahan usaha mereka?
  • Apa merek dari produk yang mereka jual?
  • Bagaimanakah produk tersebut dibandingkan dengan produk yang Anda jual berkenaan dengan bentuk, rasa, wujud, dan kriteria yang lain?
  1. Bagaimana struktur harga yang mereka tawarkan?
  2. Bagaimana proses pemasaran usaha mereka?
  3. Siapakah supplier produk mereka?
  4. Apakah kualitas produk mereka lebih baik dari Anda?

Untuk mendapatkan jawaban, Anda perlu melakukan penyelidikan.  Metode penilaian yang dilakukan tidak perlu terlalu rumit. Lakukan dengan cara Anda sendiri tidak harus menggunakan metode-metode riset yang terlalu rumit. Anda bahkan tidak harus merekrut seseorang untuk melakukannya. 

Jadi berikut beberapa hal yang dapat kita gunakan untuk menganalisa informasi dalam persaingan:
  • Riset online. Riset ini hanya menghasilkan informasi yang telah dipublikasikan. Salah satu cara penelusuran sederhana yang dapat Anda lakukan ialah dengan  dengan membuka Google Maps, dan mengetik nama usaha sejenis semisal “Cafe“.
 
  • Pengamatan lapangan langsung mengenai area parkir, cara melayani pelanggan, perkiraan volume penjualan, dan pola pengiriman supplier, dan lain-lain. 
 
  • Wawancara atau tanya-tanya kepada pelanggan pesaing tentang produk pesaing. 

Agar riset tidak sia-sia, temukan kelemahan pesaing sebanyak mungkin dan buat kelemahan tersebut sebagai kekuatan dalam usahamu.  Sebagai contoh pesaing buka usaha jam 9.00 sampai jam 9.00 malam, Anda dapat membuka usaha dari jam 7.30 sampai jam 10.00. 

 

2. Buat Merek Usaha Anda Lebih Dikenal dari Pesaing

Strategi memenangkan persaingan pasar yang lain adalah perkuat merek usaha yang Anda miliki. Jadi bukan lebih dulu tentang seberapa besar keuntungan yang dapat diraih tetapi lebih kepada bagaimana merek usaha Anda lebih mudah dikenali, diingat dan dipilih oleh konsumen. Pastikan agar cara Anda mempromosikan merek usaha lebih efektif dan efisien daripada kompetitor.

Bagaimana cara agar mereka usaha Anda lebih mudah dikenali, diingat dan dipilih oleh konsumen? lakukan langkah-langkah berikut ini :

A. Ketahui Target Pasar Usaha Anda dengan Benar

Caranya dengan pengamatan langsung ke lapangan untuk melihat kepada siapa produk tersebut akan dijual. Siapa saja yang paling minat dengan produk Anda?

Dengan tahu target pasar dan kebutuhan mereka dengan jelas akan membuat Anda dapat menentukan metode pemasaran yang tepat agar produk tersebut laku di pasaran. Karena bisa jadi Anda ingin memasarkan produk Anda lewat Aplikasi TikTok dan Instagram, tapi ternyata target pasar Anda tidak biasa memakai produk tersebut, maka produk Anda bisa tidak laku dipasaran.  

Selain itu, Anda juga mampu menentukan strategi harga produk agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.  Jadi kapan Anda perlu memberikan diskon, kapan Anda perlu membuat bundling produk agar produk nampak murah, kapan Anda perlu menjual dalam ukuran besar, sedang, atau kecil. Perlu disesuaikan dengan pola hidup target pasar Anda.

Untuk memperdalam silakan baca artikel di website daya.id tentang Mengenal Apa itu Segmentasi Pasar dan Cara Menentukannya.

Baca juga: Kehabisan Ide Coba Lakukan Ini

B. Ciptakan Keunikan Usaha yang Tidak Dimiliki Kompetitor

Setelah menentukan target pasar, coba teliti apa yang menjadi keunikan dari produk yang dijual. Apa itu dari segi bentuk, warna, motif, desain, rasa, atau bahan yang digunakan. Keunikan produk tidak selamanya berkaitan dengan produksi saja. 

Namun, bisa juga dari bentuk kemasan produknya bahkan cara Anda melayani pelanggan, misal dengan model delivery order, dengan pesan secara online (WA, aplikasi, website), pakaian yang dikenakan tenaga penjualan, salam sapa tenaga penjualan Anda, jaminan kecepatan produk sampai ke tangan konsumen.  Intinya, keunikan ini menjadi karakteristik yang membedakan merek usaha Anda dengan orang lain. 
 
Buat Merek Usaha Anda Lebih Dikenal dari Pesaing

C. Ciptakan Desain Logo Usaha yang Menarik

Logo adalah gambar yang mewakili produk yang kita jual. Logo akan membantu orang lain untuk mengenali sebuah merek. Membedakan usaha Anda dengan usaha orang lain yang sejenis. Untuk itu, gunakan desain logo yang mudah diingat, menarik, dan unik. Bentuk logo bisa berupa rangkaian gambar atau huruf, maupun gabungan keduanya. Pembuatan logo juga perlu memperhatikan warna. Boleh satu warna, ada yang beberapa warna. Lebih baik, bentuk dan warna tersebut memiliki arti tersendiri yang dapat mengungkapkan harapan dari Anda sebagai pengusaha.

D. Maksimalkan penggunaan Media Sosial  

Sekarang, hampir semua industri kecil dan besar melakukan aktivitas pemasaran seperti branding (meningkatkan kesadaran masyarakat tentang merek usaha kita). Empat Social Media yang banyak digunakan adalah Facebook, Twitter, Tiktok, dan Instagram. Kenapa penggunaan media sosial penting?

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Bisnis Untuk Usahamu

 
  • Pengguna media sosial semakin luas, lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok. 
  • Orang-orang lebih suka membeli produk yang mereknya sudah popular, menurut penelitian, orang lebih memilih produk yang memiliki akun Facebook, Twitter, Tiktok, dan Instagram, ketimbang yang tidak memilikinya.
  • Banyak orang lebih mudah terpengaruh oleh rekomendasi teman di media sosial. Dalam istilah pemasaran ini disebut word of mouth. Karena itu, pelanggan yang puas akan suatu produk, biasanya akan merekomendasikannya kepada keluarga, saudara, dan teman-teman mereka.

Jadi kunci strategi memenangkan persaingan pasar dengan  kompetitor yang bidang usahanya sejenis adalah :
1. Jadikan kelemahan pesaing sebagai kekuatan kita.
2. Buat merek usaha Anda, lebih dikenal dari pesaing.


Jangan lupa baca juga artikel tentang Cara Meningkatkan Brand Awareness untuk Usaha Makin Sukses di website daya.id agar Anda semakin paham cara memenangkan persaingan, bila masih kurang jelas silakan buka fitur Tanya Ahli.
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

22 November 2023

👍

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

24 Oktober 2023

👍

Balas

. 0

TA Herly Marwanto

21 Agustus 2023

bagus tapi apa ini doang strateginya ... yang lain apa ?

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

15 Oktober 2021

Jozzz

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS