Dirilis

08 Desember 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan angka 12.12? Ya, 12.12 atau 12 Desember diperingati sebagai hari belanja online nasional.

Jadi, pada artikel kali ini kita akan membahas apa sih pentingnya kenyamanan konsumen saat belanja online, dan apakah Anda sudah memberikan kenyamanan bagi para konsumen Anda untuk berbelanja di toko Anda? 

Yuk simak terus artikelnya.


 

Selalu Utamakan Kenyamanan Konsumen

Seiring berkembangnya teknologi, banyak hal juga mengalami perubahan, termasuk tren berbelanja. Yang awalnya konsumen berbelanja langsung ke toko, sekarang mereka pun dapat dengan mudah berbelanja lewat gadget alias belanja online.

Perubahan tren ini tentu disikapi oleh para pemilik usaha dengan memperluas target marketnya secara online melalui media sosial, website, maupun e-commerce.

Namun, ada hal penting yang harus Anda berikan kepada konsumen saat berbelanja secara online lho! Yaitu aspek kenyamanan konsumen.

Pengalaman berbelanja yang memberikan kenyamanan kepada konsumen, tentu akan membuat konsumen lebih percaya dengan brand Anda dan meningkatkan pembeliannya.

Sadar tak sadar, kenyamanan saat berbelanja online merupakan salah satu aspek penting yang dicari oleh konsumen di samping kualitas produk Anda sendiri.

Lantas, Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memberikan kenyamanan pada konsumen saat berbelanja online di toko Anda? Simak penjelasan berikut.

 

Strategi Dalam Memberikan Kenyamanan Konsumen Saat Belanja Online

Untuk memberikan kenyamanan berbelanja online kepada konsumen secara maksimal, berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

 

1.    Aktif di Berbagai Media Online

Semakin berkembangnya dunia digital, maka Anda pun harus memanfaatkan teknologi tersebut. Anda harus aktif di berbagai platform online seperti media sosial, website, atau bahkan di laman e-commerce.

Di platform online tersebut Anda bisa memberikan informasi terkait produk Anda serta menampilkan foto produk yang menarik.

Dengan memberikan informasi yang lengkap, akan memudahkan calon konsumen untuk mencari informasi seputar produk Anda, dan kemudian akan mempertimbangkan apakah mereka akan membelinya atau tidak.

Selain memberikan informasi, platform seperti media sosial juga bisa Anda gunakan sebagai wadah sebagai strategi marketing Anda, misalnya seperti pemberian promo dan lainnya.

 

2.    Customer Service yang Cepat Tanggap

Karena tidak bisa bertemu langsung, konsumen tetap mengharapkan adanya respon yang cepat saat berkomunikasi dengan Anda.

Untuk itu, Anda harus memberikan pelayanan terbaik yang mengutamakan kecepatan dalam membalas pesan calon konsumen.

Respon yang cepat tentu akan menjadi nilai tambah bagi para konsumen untuk memberikan ‘rating’ yang baik kepada usaha Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memberikan informasi yang akurat, seperti informasi produk, cara berbelanja, sampai informasi terkait pengiriman.

Pastikan juga Anda berkomunikasi secara ramah, dan mudah dipahami oleh konsumen ya.

 

3.    Kemudahan Bertransaksi

Untuk memberikan kenyaman kepada konsumen, tentu Anda harus memperhatikan proses order yang lancar bagi para konsumen.

Pastikan Anda memiliki sistem order yang sederhana dan tidak membingungkan. Sediakan juga informasi terkait informasi penting dan nomor rekening tujuan. Hal ini perlu Anda perhatikan apabila Anda menawarkan sistem pemesanan melalui media sosial atau website official usaha Anda.

Anda juga bisa memberikan pilihan cara pembayaran yang beragam. Saat ini sudah banyak berbagai macam mobile banking dan e-wallet yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, misalnya DANA, OVO, atau GoPay.

 

4.    Transparansi dalam Pengiriman Produk

Konsumen akan merasa lebih aman jika dapat mengetahui posisi produknya saat selesai melakukan transaksi dengan Anda. Jangan lupa selalu sertakan informasi resi, agar konsumen dapat melacak posisi pesanannya.

Anda juga harus komunikatif, jika ada konsumen yang menanyakan informasi terkait pengiriman, atau adanya kendala dengan pihak ekspedisi.

 

5.    Berikan Jaminan Garansi

Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa memberikan garansi sebagai jaminan. Apalagi jika yang konsumen beli merupakan produk dengan harga yang relatif tinggi, atau dapat menimbulkan reaksi alergi.

 

6.    Sediakan Media untuk Feedback


Konsumen akan lebih senang jika suaranya didengar. Untuk itu, Anda perlu menyediakan tempat agar para konsumen dapat memberikan suaranya, misalnya testimoni atau masukan terhadap produk Anda.

Dari testimoni dan masukan tersebut justru dapat memberikan Anda ruang untuk lebih meningkatkan kualitas produk Anda atau bahkan menciptakan varian produk baru.

Itu tadi enam strategi usaha untuk meningkatkan kenyamanan konsumen Anda dalam berbelanja secara online.

Intinya, aspek kenyamanan untuk konsumen jangan sampai Anda lupakan, apalagi dalam berbelanja secara online di mana Anda tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan konsumen.

Kenyamanan yang baik tentu akan memberikan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan untuk konsumen Anda, hal ini juga bisa berdampak baik pada image usaha Anda dan penjualan secara keseluruhan.

Jika ada pertanyaan, Anda bisa menggunakan fitur Tanya Ahli secara gratis untuk berdiskusi terkait usaha Anda dengan para ahlinya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS