Dirilis

08 Agustus 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Restoran adalah salah satu usaha yang berpotensi tidak akan mati termakan zaman. Tapi, untuk memulai usaha restoran, Anda tidak sekedar hanya membuat menu yang enak atau menyediakan tempat yang nyaman. Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Salah satunya dan yang paling utama adalah mengenai anggaran. 

Rencana anggaran dapat membantu Anda untuk mengetahui modal yang Anda miliki, memperkirakan total pengeluaran, hingga memprediksi keuntungan yang akan didapatkan. 


Apa saja biaya tak terduga yang mungkin akan Anda hadapi?


Biaya tetap seperti biaya sewa tempat, listrik, air, dan gaji karyawan, sudah menjadi perhatian yang pasti dalam sebuah anggaran. Namun, terdapat biaya tak terduga yang biasanya sering luput dari perhitungan. Biaya tak terduga bisa muncul karena adanya ketidakpastian ekonomi, politik, hingga bencana alam. Pentingnya merencanakan biaya tak terduga adalah agar terhindar kerugian yang mungkin akan datang. Berikut kami rangkum beberapa biaya terduga yang patut anda pertimbangkan dalam rencana anggaran anda. 


1. Biaya Operasional 


Operasional meliputi berbagai teknologi dan sertifikasi penunjang kegiatan administrasi dan operasional restoran Anda. Misalnya seperti Sistem POS (point of sale system) untuk keperluan pembayaran, jaringan internet, jasa legal untuk sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), sertifikasi halal, dan lain sebagainya. Sertifikasi atau lisensi terkadang dibutuhkan untuk membuktikan bahwa bisnis anda aman dan kredibel untuk masyarakat.

Baca juga: Teknologi Digital untuk Efisiensi Biaya Operasional


2. Biaya Asuransi


Sebelum membeli atau menyewa tempat Anda, tanyakan kepada perusahaan asuransi Anda mengenai asuransi properti. Jangan menunggu sampai Anda menandatangani kontrak untuk mengetahui biaya asuransinya sangat tinggi. Jika bangunan Anda memiliki sejarah masalah atau berada dalam area dengan tingkat kriminalitas tinggi, kemungkinan besar Anda akan membayar lebih. 

Anda juga memerlukan paket asuransi yang komprehensif untuk mengurangi risiko asuransi bagi diri Anda sendiri dan restoran Anda. Anda mungkin akan menghadapi setidaknya satu tuntutan hukum yang tak terduga, jadi pastikan Anda dilindungi. Biaya tak terduga untuk membayar tuntutan hukum dapat menghancurkan reputasi dan bisnis Anda. Meskipun bisnis Anda bebas dari kesalahan apa pun, Anda masih harus menghadapi biaya hukum yang mahal. Beberapa contoh tuntutan hukum dapat mencakup:
- Luka bakar yang disebabkan oleh kopi yang terlalu panas,
- Perampokan di tempat parkir yang remang-remang,
- Penilaian buruk karyawan Anda, 
- dan lainnya.


3. Biaya Bahan Pokok 


Meskipun Anda telah membuat perencanaan yang matang terkait harga bahan pangan dan sebagainya, tak dapat dipungkiri bahwa harga bahan pokok merupakan variabel yang fluktuatif. Faktor seperti situasi harga di luar negeri dan kurs dolar, kondisi iklim, distribusi dan faktor spekulasi sangat mempengaruhi naik turunnya harga bahan pokok. Maka dari itu penting untuk tetap mengisi biaya tak terduga yang di dalamnya merangkum biaya kenaikan harga bahan pokok. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat menyesuaikan harga penjualan dan keuntungan Anda nantinya sekalipun ada kenaikan maupun penurunan harga bahan pokok. 


4. Biaya Rekonstruksi dan Dekorasi 


Sebelum membuka restoran, tentunya Anda harus memikirkan bagaimana tampilan dari tempat usaha Anda yang dapat menarik perhatian pelanggan. Maka dari itu, biaya rekonstruksi dan dekorasi adalah salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan dalam perhitungan. Biaya yang dimakan tentunya tidak sedikit dan banyak hal yang dapat terjadi sebelum, saat, bahkan sesudah rekonstruksi. Misalnya, saat material yang digunakan ternyata kurang berkualitas sehingga harus diganti. 


5. Biaya Pemasaran 


Pemasaran untuk restoran kini lebih dari sekadar baliho maupun spanduk, tapi dibutuhkan juga usaha dari pemasaran digital untuk menarik perhatian pelanggan. Penerapan pemasaran digital juga meningkatkan kehadiran dan kedekatan brand restoran Anda bagi para potensial pelanggan. Biaya yang diperlukan untuk pemasaran sendiri tidaklah sedikit dan sangat bervariasi, untuk itu Anda harus menentukan akan mengurus pemasaran secara mandiri atau in-house atau melalui jasa agensi.  

Baca juga: Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Efektif Dijalankan


6. Biaya Perbaikan dan Pemeliharaan 


Setiap peralatan dapur dan fisik bangunan pastinya akan memiliki batas waktu sebelum akhirnya butuh diperbaiki. Jika di saat pembukaan peralatan dapur Anda memiliki kendala, ada baiknya Anda sudah mempunyai skema biaya tak terduga untuk mengatasinya. Karena tak jarang biaya perbaikan dan pemeliharaan baik peralatan dapur maupun bangunan restoran itu sendiri menghabiskan banyak biaya. 

Biaya tak terduga sangatlah penting untuk direncanakan dalam anggaran Anda sebelum kelak membuka restoran. Maka dari itu, Anda bisa memulai untuk mengidentifikasi biaya apa saja yang sekiranya akan Anda butuhkan dalam biaya tak terduga. Hal ini penting agar anda dapat membuat langkah antisipasi untuk meminimalisir risiko saat mulai membuka restoran. 

Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id sebelum memulai usaha restoran ini agar bisa memiliki persiapan usaha yang lebih matang. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk telusuri Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS