Dirilis

11 Oktober 2023

Penulis

Farah Hani Itsna Nabila

Dalam era modern ini, semakin banyak orang yang peduli terhadap lingkungan dan mencari produk serta layanan yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, peluang untuk menjalankan bisnis eco-friendly semakin terbuka lebar. Apa Itu Bisnis Eco-friendly?

Bisnis eco-friendly adalah jenis usaha yang berfokus pada produk atau layanan yang tidak merusak lingkungan. Ini mencakup berbagai sektor, mulai dari makanan organik hingga produk ramah lingkungan, seperti alat-alat rumah tangga yang dapat digunakan kembali dan energi terbarukan. Bisnis semacam ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap alam sekitar kita yaitu bumi, sekaligus mendukung keberlanjutan lingkungan.

Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut, artikel ini akan membahas tentang bisnis eco-friendly untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, serta memberikan sumber-sumber yang bisa membantu Anda memulai bisnis berkelanjutan ini.


 

Potensi Pasar di Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara berkembang di Asia Tenggara yang kaya akan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati. Sayangnya, dalam beberapa dekade terakhir, eksploitasi berlebihan terhadap lingkungan telah menyebabkan kerusakan yang cukup besar. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya beralih ke produk dan layanan yang ramah lingkungan.

Selain itu pasar untuk produk eco-friendly di Indonesia semakin berkembang pesat. Konsumen Indonesia semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan mereka lebih cenderung memilih produk yang ramah lingkungan. Ini adalah peluang besar bagi UMKM di Indonesia untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan sambil mengembangkan bisnis mereka.

Berikut adalah beberapa ide bisnis eco-friendly untuk Anda yang ingin memulai berusaha sebagai eco-preneur:


 

1. Produk Ramah Lingkungan

Coba mulailah Anda mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan, seperti tas belanja dari bahan daur ulang, sabun organik, sedotan yang terbuat dari ricepaper yang dapat dimakan, edible glass terbuat dari rumput laut atau perabotan rumah tangga terbuat dari material daur ulang.

 

2. Energi Terbarukan 

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang teknologi energi terbarukan, Anda dapat memulai bisnis instalasi panel surya, biogas, dan turbin angin kecil untuk rumah-rumah atau UMKM lokal.

 

3. Jasa Transportasi Hijau

Mungkin Anda bisa membuka bisnis penyewaan sepeda, skuter listrik, atau layanan taksi ramah lingkungan.

 

4. Produk Pertanian Organik

Kembangkan bisnis pertanian organik atau jual produk pertanian organik dari petani lokal seperti sayur hidroponik, pupuk organik, atau maggot yang sedang viral. Dengan melakukan bisnis ini Anda mendukung praktik pertanian yang berkelanjutan.


 

Sumber Daya dan Dukungan

Untuk menjadi seorang eco-preneur Anda tidak perlu merasa kesulitan dalam memulai sebuah bisnis baru dibidang eco-friendly karena akan ada banyak sumber daya yang dapat membantu UMKM di Indonesia. Berikut bebrapa sumber dukungan yang dapat membantu Anda:

 

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Banyak lho BUMN yang memiliki program dukungan bagi UMKM yang berfokus pada produk dan layanan ramah lingkungan. Contohnya seperti program dari bank di Indonesia, PLN, PGN, dan banyak perusahaan besar lainnya. Namun, perlu diingat bahwa program ini dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi sangat penting untuk menghubungi BUMN terkait atau mengunjungi situs web resmi mereka untuk mendapatkan informasi yang paling akurat.

 

2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian ini menyediakan informasi tentang program-program yang mendukung bisnis ramah lingkungan. Seperti Tunas Hijau, Zerowaste, program pengembangan ekowisata, konservasi hutan dan banyak program lainnya.

 

3. Konsultan Bisnis

Anda juga bisa mencari konsultan bisnis atau pakar lingkungan untuk membantu Anda merencanakan dan mengembangkan bisnis eco-friendly Anda. Misalnya Greenation Indonesia, ClimateWorks Indonesia, EcoNusa Foundation, Yayasan KEHATI, dan Bali Green Commuity. Pastikan untuk menghubungi konsultan atau organisasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan diskusikan bagaimana mereka dapat membantu Anda mengembangkan bisnis eco-friendly yang berhasil.

 

4. Organisasi Lingkungan

Bergabung dengan organisasi lingkungan seperti WWF Indonesia, Greenpeace Indonesia, WALHI, atau Hutan Itu Indoensia yang dapat memberikan Anda akses ke jaringan dan sumber daya yang berguna. Organisasi-organisasi ini berperan penting dalam pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di Indonesia. Anda dapat mengunjungi situs web resmi mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program-program dan kampanye yang mereka jalankan serta cara Anda dapat berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan di Indonesia.

Bisnis eco-friendly adalah pilihan yang menarik bagi UMKM di Indonesia. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang perlindungan lingkungan, peluang untuk tumbuh dan berkembang dalam bisnis ini semakin besar. Dengan sumber daya dan dukungan yang tepat, UMKM dapat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan meraih kesuksesan ekonomi yang berkelanjutan.

Jika Anda butuh saran lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi di Tanya Ahli. Daftarkan dulu diri Anda untuk akses penuh ke Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

12 October 2023

Keren infonya

Balas

. 0

Ferri kurniawan

12 October 2023

?

Balas

. 0

Yanda Darojatun

12 October 2023

Edun pisan

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS