Dirilis

28 Juni 2022

Penulis

Arief Akbar

Konsep ramah lingkungan kini menjadi isu penting, termasuk di sektor usaha. Sebagian pelaku usaha bahkan menjadikan konsep ramah lingkungan sebagai positioning dari produk atau jasa yang mereka jual kepada para calon pembeli. Bagaimana dengan Anda dan usaha Anda?

Baca Juga: Lawan Radikal Bebas, 6 Makanan yang Mengandung Antioksidan Ini Sebaiknya Dikonsumsi!

Di tengah dunia yang berubah dan lingkungan yang semakin butuh perhatian, alangkah baiknya jika Anda dan usaha Anda juga terlibat dalam upaya penyelamatan lingkungan. Karena bagaimanapun juga, bumi ini masih menjadi satu-satunya tempat tinggal, yang akan kita warisankan kepada anak-cucu nanti. Anda tentu mau agar anak-cucu kita masih bisa menikmati lingkungan yang layak huni, sehingga mereka berpeluang untuk bisa meneruskan usaha Anda dengan baik.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan usaha yang ramah lingkungan?

 

Tips Usaha Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang tertarik untuk mulai membangun usaha atau bisnis yang ramah lingkungan, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini yang sudah kami rangkum. Mari simak bersama!

 

1.Mengurangi Produksi Limbah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam membangun usaha yang ramah lingkungan adalah dengan cara sederhana, yakni mengurangi produksi limbah. Seperti yang kita tahu bersama bahwa tingginya tingkat konsumsi terkadang tak berjalan beriringan dengan akses informasi untuk mengelola limbah dan sampah tersebut.

Oleh sebab itu, sebagai pelaku usaha yang ramah lingkungan, Anda dapat mencegah hal ini dengan meminimalisir limbah yang Anda hasilkan selama ini. Sementara itu, Anda juga bisa mengenali jenis-jenis limbah sehingga dapat menghindari limbah yang sekiranya memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

 

2. Memanfaatkan Limbah yang Ada


Bisnis ramah lingkungan bisa dilakukan berdasarkan kepada pengolahan limbah yang lekat dengan istilah Reduce, Reuse, dan Recycle, yang berarti mengurangi, memanfaatkan ulang, dan mengolah kembali sampah tersebut. Dengan demikian, Anda telah ikut bergabung melakukan aksi ramah lingkungan yang nyata.

Beragam limbah yang terbuat dari kertas, plastik, logam, hingga kain-kain bekas dapat Anda manfaatkan menjadi bahan bernilai, guna dijual kembali dan menjadi usaha baru yang ramah lingkungan. Semua bergantung pada kreativitas dan motivasi Anda dalam membangun usaha yang ramah lingkungan.

Beberapa contoh bisnis yang telah lama hadir adalah bisnis dengan merek lokal yang terbuat dari bahan dasar plastik, seperti tas, lukisan dari cangkang telur, baju dari kain daur ulang, dan limbah kaca yang dapat diolah kembali menjadi hiasan di dalam rumah.

Baca Juga: Generasi Remaja Harus Tahu, Begini Dampak dan Bahaya Merokok Bagi Tubuh!

 

3. Memanfaatkan Energi Terbarukan

Seperti yang diketahui, energi terbarukan merupakan energi yang bersumber dari alam, sehingga secara otomatis dapat terpakai berkelanjutan dan terus diproduksi tanpa harus menunggu jutaan tahun. Contoh energi terbarukan adalah biomassa, biofuel, panas bumi, matahari, angin, air laut, hingga gelombang laut.

Melalui pemanfaatan energi terbarukan ini, Anda telah berkontribusi dalam mengurangi kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan. Hal ini disebabkan oleh munculnya energi terbarukan tersebut yanng merupakan antitesa dari pengembangan dan penggunaan energi berbahan nuklir dan fosil.

 

4. Membangun Tempat Usaha yang Ramah Lingkungan


Apabila usaha Anda termasuk usaha yang berskala besar yang membutuhkan ruang maupun gedung besar, Anda juga bisa membangun tempat usaha yang ramah lingkungan. Caranya tidak sulit, Anda dapat mulai dengan cara sederhana, yaitu memperbanyak ventilasi udara sehingga udara segar dan matahari bisa masuk ke dalam ruangan secara efektif. 

Cara ini juga dianggap dapat menguntungkan Anda dalam menghemat biaya operasional. Tanpa ventilasi udara yang cukup, Anda harus menggunakan pendingin ruangan serta lampu untuk waktu yang lama, kan? Selain mengatur ventilasi udara, Anda juga dapat menggunakan material yang bebas dari bahan kimia agar kondisi tempat Anda berbisni menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: Mengintip Peluang Usaha Bisnis Diecast Bagi Para Penggemarnya

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun usaha yang ramah lingkungan. Semoga kesadaran Anda untuk membangun usaha yang ramah lingkungan dapat membantu menjaga bumi ini.

Jika membutuhkan masukan atau wawasan lain terkait bisnis, keuangan, hingga kesehatan, jangan ragu untuk mendaftar di Daya.id dan menggunakan fitur Tanya Ahli untuk bertanya dan berkonsultasi dengan pakar atau ahlinya, gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS