Dirilis

10 Juni 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih oleh investor. Reksadana cocok dipilih oleh para investor yang ingin memulai investasi dari modal kecil dan masih baru dalam investasi. Sebab, dalam prakteknya, reksa dana ini akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Lalu, bagaimana cara membeli reksa dana? 


Cara Membeli Reksa Dana yang Aman dan Tepat

Investasi reksadana memiliki banyak jenisnya, seperti reksa dana pasar uang (money market funds), reksa dana pendapatan tetap (fixed income funds), reksa dana saham (equity funds), dan reksadana campuran (discretionary funds). Inilah beberapa cara untuk membeli reksa dana:

1. Cara Membeli Reksa Dana di Bank

Jika Anda memilih untuk menginvestasikan dananya di reksadana berarti harus membelinya terlebih dahulu. Dimana Anda bisa membelinya melalui bank. Membeli reksa dana di bank mengharuskan Anda untuk datang langsung ke kantor cabang terlebih dahulu, menjadi nasabah, ada minimal pembelian serta untuk pembelian selanjutnya harus melalui kantor cabang lagi. Sebagai contohnya Anda bisa membeli produk reksadana dari Bank BTPN

BTPN menawarkan dua cara pembelian reksa dana yaitu pembelian tunggal serta pembelian berkala. Nilai minimum investasi reksa dana di bank ini sebesar Rp 100 ribu. Berikut beberapa cara untuk melakukan investasi dana di BTPN:

  • Mengisi formulir pembukaan akun investasi dan juga kuesioner profil risiko dengan mengunjungi cabang BTPN terpilih
  • Pelajari lalu pilih reksa dana yang sesuai dengan profil risiko serta pasar (modal negara)
  • Choose the subscription method: Lump Sum Investment or Regular Investment Plan
  • Bel reksa dana yang Anda dipilih di cabang BTPN
  • Tinjau dan atur ulang portofolio Anda secara berkala 


2. Cara Membeli Reksadana Saham Secara Online  

Seperti yang diketahui jika reksa dana memiliki beberapa jenis, salah satunya yaitu reksa dana saham. Jika Anda ingin membeli reksadana saham, Anda bisa menggunakan sistem online. Secara umum, caranya adalah sebagai berikut: 
 

a. Pilih Platform Reksa Dana Saham yang Sesuai Kebutuhan 

Platform reksa dana saham ada yang berbasis offline maupun online. Akan tetapi, untuk pemula direkomendasikan untuk memilih platform reksa dana online. Alasannya karena platform ini menjual reksa dana dari berbagai manajer investasi sehingga ada banyak pilihan. Contohnya Bareksa, Ipot Indopremier, dan sebagainya.

b. Daftar Menjadi Investor di Platform Reksa Dana 

Sebelum membeli reksa dana, terlebih dahulu harus mendaftar menjadi investor di platform reksa dana yang sebelumnya dipilih, Jika memilih platform reksa dana online maka akan lebih mudah karena tidak perlu datang langsung ke kantor. Anda hanya cukup mengisi formulir online sesuai identitas dan mengikuti alur pendaftarannya.

c. Melakukan Deposit Dana 

Selanjutnya Anda harus melakukan deposit dana dengan jumlah tertentu pada rekening yang didaftarkan. Deposit dana yang dilakukan nantinya akan masuk ke dalam rekening dan harus segera digunakan untuk investasi. 

d. Memilih Reksa Dana Saham 

Ketika Anda sudah terdaftar di platform reksa dana saham sebagai investor dan sudah melakukan deposit dana sesuai dengan jumlah dana yang diinginkan. Selanjutnya Anda bisa langsung memilih reksa dana saham. Anda bisa memilih reksa dana saham berdasarkan beberapa kriteria, seperti memilih reksa dana saham terbaik selama periode tertentu, mempertimbangkan pilihan reksa dana saham berdasarkan return tinggi atau kriteria jumlah dana kelolaan.

e. Membeli Reksa Dana Saham 

Setelah menentukan pilihan, Anda bisa langsung membeli reksa dana saham di platform online tempat Anda mendaftar. Biasanya akan muncul tulisan beli dan Anda hanya perlu klik tombol Buy saja pada pilihan reksa dana saham yang akan dibeli. 

Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi form yang diberikan, salah satu isinya yaitu tentang besaran dana yang ingin diinvestasikan. Setelah itu, klik tombol confirm yang menandakan konfirmasi dan juga ketersediaan dalam melakukan pembelian reksa dana tersebut. Proses pembelian biasanya memakan waktu 2-3 hari. 

Nah itulah informasi tentang 2 cara membeli reksa dana yang aman dan tepat. Bagi Anda yang ingin investasi reksa dana, Anda bisa memilih dari 2 cara tersebut. Jika Anda membutuhkan konsultasi kepada ahli perihal keuangan dan investasi, Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Daya.id. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan insight dan ilmu yang lebih matang sebelum memutuskan untuk berinvestasi sesuai dengan profil keuangan Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS