Dirilis

25 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Ketika sedang berada di Bank pasti Anda akan melihat tulisan “kliring” di meja teller. Kliring adalah salah satu istilah perbankan yang juga bisa disebut dengan Lalu Lintas Giro atau LLG. Kliring adalah sebuah aktivitas di keuangan dan perbankan tentang pemindahan dana dari satu rekening ke nomor rekening lainnya yang telah ditunjuk.

Istilah kliring ini berkaitan erat dengan apa yang kita sebut dengan transfer, khususnya yang berbeda bank. Dengan memahami apa itu kliring, maka sebagai nasabah Anda bisa memanfaatkan sistem ini untuk melaksanakan transaksi pembayaran khususnya dalam utang piutang.  Kliring adalah pengiriman uang yang memerlukan proses cukup lama. Biasanya sekitar 2-3 hari kerja. Karena pihak bank harus memeriksa kecukupan saldo terlebih dahulu sebelum pengiriman. Berbeda dengan RTGS, kliring akan memakan waktu yang jauh lebih lama dibanding RTGS. Sebenarnya perhitungan utang piutang juga bisa dilakukan tanpa proses kliring, namun dengan proses kliring, Anda bisa memperhitungkan kapan sebaiknya utang piutang dibayar, karena ia membutuhkan waktu kirim 2-3 hari kerja.

Pengertian dan Tujuan Kliring


Di dalam kliring, pemindahan dana atau transfer tersebut berkaitan dengan hutang piutang. Kliring menjadi metode yang dilakukan bank sebagai sarana perhitungan hutang piutang yang bentuknya berupa surat berharga ataupun surat dagang. Aktivitas perbankan ini dilakukan antar bank yang diselenggarakan oleh BI maupun pihak lainnya yang sudah ditunjuk.
Tujuan dari kliring yaitu mendapatkan penyelesaian masalah hutang piutang dengan cara transaksi yang mudah untuk dilakukan. Di samping itu dengan metode kliring transaksi yang dilakukan tersebut jauh lebih aman dan efisien.  Kliring akan mempermudah transaksi antar bank yang pembayarannya berbentuk giral, yaitu simpanan milik pihak ketiga yang penarikannya dengan cara cek, surat perintah pembayaran ataupun pemindahbukuan.

Jenis-jenis Transaksi Dalam Kliring


Sebagai salah satu aktivitas perbankan kliring tentunya memiliki beberapa jenis yang berbeda. Adanya beberapa jenis dalam kliring bertujuan untuk mempermudah transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Jenis transaksi dalam kliring adalah sebagai berikut.

1. Kliring Umum

Jenis yang pertama adalah kliring umum dimana proses dan sarana perhitungan warkat yang dilaksanakan antar bank diawasi dan diatur oleh Bank Indonesia. Warkat adalah alat pembayaran non tunai yang dilakukan dengan sistem kliring.

2. Kliring Lokal

Apakah yang dimaksud dengan kliring lokal itu? Yaitu metode perhitungan warkat yang dilakukan antar bank yang berada di dalam satu wilayah kliring ataupun bank yang sudah ditentukan.

3. Kliring Antar Cabang

Kliring antar cabang disebut juga dengan istilah interbranch clearing. Kliring antar cabang yaitu perhitungan warkat yang dilakukan oleh bank-bank yang ada di dalam satu kota. Umumnya proses kliring jenis ini dilakukan dengan mengumpulkan dulu seluruh perhitungan warkat dari semua kantor cabang di wilayah tersebut.

Sistem Dalam Kliring

Kliring dilakukan dengan beberapa sistem yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

1. Manual

Sistem manual adalah kliring lokal yang pembuatan bilyet saldonya, perhitungan dan pemindahan warkat dilakukan manual oleh peserta.

2. Semi Otomasi

Di dalam sistem semi otomasi kliring, pembuatan bilyet saldo dan perhitungan warkat dilakukan dengan cara otomasi. Sedangkan untuk pemilihan warkat masih dilakukan dengan cara manual.

3. Otomasi

Sistem otomasi adalah dimana semua proses dalam kliring lokal yaitu pembuatan bilyet saldo, perhitungan dan pemilihan warkatnya dilakukan dengan cara otomasi.

4. Elektronik

Pada sistem kliring elektronik ini semua proses dalam kliring lokal yaitu pembuatan bilyet saldo dan perhitungan warkat dilakukan berdasarkan data yang ada pada keuangan elektronik. Kliring jenis ini juga disertai dengan adanya penyampaian warkat pada penyelenggara yang akan diteruskan kepada para peserta.

Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa kliring adalah sebuah aktivitas di keuangan dan perbankan tentang pemindahan dana dari satu rekening ke nomor rekening lainnya. Di dalam kliring, pemindahan dana atau transfer tersebut berkaitan dengan hutang piutang. Kliring umum juga dilakukan oleh para pebisnis online dalam transaksi keuangan mereka. Anda bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar penggunaan kliring untuk usaha Anda.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Diola dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 1000 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS