Dirilis

20 Agustus 2024

Penulis

Peni hidayah

Dalam menjalankan kegiatan promosi, pasti ada biaya yang harus Anda siapkan agar promosi bisa maksimal, efektif, dan tidak mengganggu biaya lainnya. Makanya, agar aktivitas promosi tidak menggangu keuangan perusahaan, penting bagi Anda dalam menghitung biaya promosi yang tepat dan efisien. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya untuk mendapatkan tips dalam menghitung biaya promosi bagi perusahaan Anda!

 

Pengertian Biaya Promosi 

Aktivitas promosi merupakan cara atau strategi untuk memperkenalkan usaha atau produk yang Anda jual ke tangan konsumen atau target pembeli, sampai dengan pada akhirnya mereka tertarik menggunakan produk tersebut. Maka itu, biaya promosi merupakan sejumlah biaya yang harus dikeluarkan, dalam memenuhi kebutuhan promosi terhadap layanan atau produk yang dipasarkan pada perusahaan. 

Dalam menghitung biaya promosi terdapat beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, seperti media promosi yang digunakan, bagaimana strategi promosi yang dilakukan, hingga efektivitas dari aktivitas promosi yang dijalankan. 

 

Jenis-jenis Biaya Promosi

Berikut beberapa jenis biaya promosi yang perlu dipersiapkan dalam kegiaytan promosi.

 

1.    Biaya Iklan

Biaya iklan merupakan biaya yang digunakan untuk menyewa atau membeli jasa pemasangan iklan, seperti di radio, televisi, media cetak, maupun media online.

 

2.    Biaya Publisitas

Pada biaya publisitas ini adalah biaya yang disiapkan untuk liputan media, seperti media artikel atau liputan dari televisi yang mengulas mengenai produk-produk dari perusahaanmu.

 

3.    Biaya Promosi Penjualan

Selanjutnya ada biaya promosi penjualan yaitu biaya yang dsiapkan untuk mengadakan promosi penjualan, misalnya membuat diskon, penawaran khusus member, atau program hadiah tertentu untuk konsumen.

 

4.    Biaya Sponsorship

Biaya sponsorship disini diperlukan saat ada kegiatan tertentu, misalnya acara olahraga, musik, konferensi bisnis, dan lain sebagainya. Biaya ini membantu Anda dalam meningkatkan branding perusahaan dan pengetahuan calon konsumen terhadap produk-produk perusahaan.

 

5.    Biaya Komisi

Biaya yang disiapkan untuk membayar pihak ketiga seperti agen pemasaran atau afiliasi. Biasanya besaran biaya komisi diperhitungkan dari persentase penjualan yang mampu mereka hasilkan, dari proses pemasaran produk dan layanan perusahaan kamu.

 

6.    Biaya Display

Biaya ini disiapkan untuk membuat produk dan layanan perusahaan yang ditampilkan di toko, pameran, dan lain sebagainya. Sehingga proses promosi ini dapat meningkatkan potensi penjualan pada produk dan jasa perusahaan.

 

Tips Menghitung Biaya Promosi

 

Biaya promosi yang harus disiapkan itu berapa persen ya? Cukup banyak pengusaha yang bertanya hal tersebut. Agar Anda bisa memperhitungkan biaya promosi yang tepat, berikut metode yang dapat digunakan suatu perusahaan!.

 

1.    Marginal Approach

Marginal approach atau pendekatan marjinal yaitu pendekatan yang digunakan untuk menentukan besaran atau jumlah biaya promosi. Rumus menghitung biaya promosi adalah MR = MC atau Marginal Revenue = Marginal Cost.

 

2.    Breakdown Method

Metode ini memiliki beberapa pendekatan yang digunakan, antara lain:

 

a.    Percentage of Sales Approach

Perhitungan yang dibuat adalah perkiraan besaran biaya promosi dengan menggunakan persentase penjualan suatu produk tertent misalnya melalui harga jual, prediksi penjualan tahun depan, atau dari data penjualan di tahun sebelumnya.

 

b.    Affordable Method

Biaya ini ditetapkan berdasarkan perkiraan manajemen perusahaan. Maksudnya, boaya ini diukur berdasarkan kemampuan keuangan yang dimiliki perusahaan tersebut.

 

c.    Return of Investment Approach

Pendekatan ini akan menganggap seluruh biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan merupakan bentuk investasi. Sehingga besaran anggaran yang disiapkan dengan cara membandingkan antara keuntungan yang diharapkan, dengan return yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

 

d.    Competitive Parity Approach

Perhitungan disini menggunakan perhitungan yang sama dengan para kompetitornya. Dengan kata lain ditentukan berdasarkan kebijakan bersama pada suatu industri tertentu. Tujuannya agar tidak saling mengganggu atau saling menjatuhkan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain di industri yang sama.

 

3.    Build Up Method

Build Up Method akan membantu Anda dalam menentukan biaya promosi dengan memastikan tugas dan tujuan dari tindakan promosi yang dilakukan. Selain itu, dapat mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan terlebih dahulu harus mencari informasinya secara lengkap, sebelum mengeluarkan anggaran untuk melakukan promosi tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengukur Keberhasilan Pemasaran Usaha Anda?

Berdasarkan kebutuhannya, biaya promosi ini sangat penting diperhitungkan untuk keberlangsungan perusahaan Anda. Oleh sebab itu, pahami jenis beserta cara menghitung biaya promosi, agar kegiatan pemasaran yang dilakukan jadi efektif dan penjualan perusahaan bisa meningkat.

Jika terdapat kendala dalam menentukan strategi promosi, segera konsultasikan dengan Ahli di website www.daya.id. Manfaatkan juga fitur lainnya dan dapatkan informasi keuangan dengan mendaftar secara gratis melalui website Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Fando hari susetyo

03 September 2024

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS