Dirilis

19 Desember 2020

Penulis

Tim Penulis Daya

Usaha kerajinan tangan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sebab, karya seni dan keunikannya menjadi daya tarik yang dicari banyak orang. Semakin kreatif dan unik hasil karya dihasilkan, semakin besar pula peluang kerajinan tersebut laku di pasaran. Selain itu, usaha ini juga memiliki pasar yang besar dan luas serta tidak mengenal adanya trend sehingga dalam waktu apapun, tetap memiliki pembelinya tersendiri.

 

Jenis Usaha Kerajinan Tangan yang Unik dan Menguntungkan


Bagi Anda yang tertarik ingin memulai usaha kerajinan seperti ini, berikut merupakan beberapa jenis kerajinan tangan yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis menarik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Kerajinan Lilin

Lilin hias, yang kebanyakan berbentuk warna warni biasanya banyak dicari orang untuk hiasan. Baik di ruang tamu, untuk dinner di meja makan, maupun souvenir pada hari bahagia mereka. Bahan yang Anda butuhkan adalah lilin bubuk, sumbu, wadah atau cetakan dan crayon warna dan jangan lupa pengaduknya.

 

2. Kerajinan dari Kertas


Jenis usaha kerajinan tangan lainnya merupakan seni yang tercipta dari bahan kertas. Daripada kertas banyak bertumpuk dan akhirnya menjadi sampah, lebih baik dimanfaatkan agar bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan. Dengan sentuhan kreatifitas, kertas bekas ini bisa kita jadikan hiasan unik, lucu dan menarik, seperti vas bunga, tas belanja, tempat buah dan berbagai hasil lainnya.

 

3. Melukis

Banyak orang, mungkin Anda salah satunya yang memiliki hobi melukis. Pada kenyataannya, kegiatan ini memang bisa membawa keuntungan. Satu karya saja bisa dihargai ratusan ribu, jutaan hingga puluhan juta. Salah satu jenis lukisan yang banyak di minati adalah sketsa wajah.

 

4. Ban Bekas

Banyak yang berpikir bahwa ban bekas tidak lagi berguna. Bahkan beberapa hanya dibiarkan untuk memenuhi tempat tertentu. namun sebetulnya, jika kita pintar memanfaatkan peluang, benda yang satu ini bisa menjadi salah satu usaha kerajinan tangan yang unik dan diminati. Contohnya karya yang bisa dibuat dari bahan ini adalah furniture.

 

5. Kerajinan dari Kayu dan Tong


Banyak jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bahan yang satu ini. misalnya rak sepatu, pajangan dinding, rak buku atau barang, dan berbagai macam lainnya. Anda bisa mengkreasikan kayu sesuai dengan benda yang dibutuhkan. Selain kayu, kerajinan juga bisa dibuat dari tong. Siapa sangka barang dengan bentuk yang cukup besar ini bisa menjadi salah satu usaha kerajinan tangan yang menarik juga menghasilkan keuntungan? Tong bisa kita manfaatkan menjadi benda yang banyak dibutuhkan, seperti halnya meja dan kursi dan dibuat berbagai bentuk juga model.

 

6. Kain

Bahan yang satu ini memang banyak digunakan untuk usaha kerajinan tangan. Baik itu kain perca, kain flanel, dan lain sebagainya. Bisa kita jadikan boneka, dompet, tas atau hiasan lain yang membuat orang tertarik untuk membeli.

 

7. Botol dan Kaleng Bekas

Ternyata limbah bekas makanan serta minuman ini bisa kita manfaatkan menjadi sebuah karya yang bernilai. Banyak usaha kerajinan tangan yang dibuat dari bahan kaleng maupun botol bekas, seperti vas bunga, tempat alat tulis maupun miniatur kendaraan.

 

8. Kerajinan Tradisional

Berbagai kerajinan tradisional yang kita buat, seperti contohnya menenun, memahat dan membuat keramik bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Karena nilai seni, pembuatan dan peminatnya juga tinggi.
Itulah beberapa rekomendasi jenis usaha kerajinan tangan yang bisa dicoba. Diharapkan informasi ini bisa menjadi inspirasi usaha bagi para pebisnis pemula yang ingin terjun ke usaha kerajinan.

Apabila Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis ini, bisa menggunakan produk keuangan pinjaman berjangka dari Bank BTPN, yang memang bisa menjadi solusi tepat bagi para pengusaha pemula.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS