Dirilis

27 Juni 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Pemasok merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis. Pemasok memiliki fungsi sebagai penyedia bahan baku untuk proses produksi.

Akan tetapi, sebagai pelaku bisnis, sebaiknya Anda memilih pemasok yang tepat dan tidak bermasalah. Jika pemasok sering bermasalah, akan berdampak pada bisnis yang Anda jalankan. Pastinya hal tersebut tidak ingin terjadi bukan? Nah, mari kita simak beberapa tips mencari pemasok di bawah ini :

1. Tentukan Pemasok yang Terpercaya
Sayangnya bagi pemula bisnis kerap mendapatkan permasalahan seperti sulitnya menemukan pemasok yang siap menjalin kerjasama. Anda dapat menemukan pemasok dari produsen ataupun distributor tangan pertama, baik secara offline ataupun online.

Apabila mencari supplier secara online Anda dapat temukan di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak ataupun Shopee, dan komunitas jual beli. Misal, Anda telah menemukan pemasok untuk bisnis secara online, pastikan Anda memantau kolom komentar-komentar orang yang telah membeli produk di toko online tersebut. Apakah komentarnya puas atau banyak keluhan. Anda juga dapat melihat kredibilitas toko pemasok seperti banyaknya testimonial yang positif.

Sudah mencari pemasok melalui media online, akan tetapi informasi yang diberikan terasa kurang lengkap mengenai produk dan Anda tidak mempercayai testimoni yang ada, silahkan bertanya melalui kolom obrolan yang telah disediakan kepada calon pemasok.

Sedangkan, untuk mencari pemasok secara offline ada beberapa pertimbangan yaitu bertanya kepada orang lain yang menjalankan bisnis darimana mereka mendapatkan supplier offline, pergi ke agen secara langsung untuk pertama kalinya, setelah itu biasanya akan ada sales yang menawarkan produk. Sebelum menerima produk, pastikan Anda membandingkan harga terlebih dahulu dan memastikan bahwa sales tersebut terpercaya.

2. Kualitas Pemasok
Kualitas dari pemasok bahan baku atau barang jadi, yang barangnyadijual kembali guna memenuhi pesanan dari pelanggan, menjadikan alat ukur dalam memilih pemasok bisnis Anda.

Pemasok dikatakan berkualitas apabila pemasok tersebut dapat bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan Anda yaitu pengiriman tepat waktu dan mengirimkan produk yang berkualitas seperti jumlah produk dan jenis produk sesuai dengan pesanan, selain itu tidak ada cacat produk dalam pengiriman.

Apabila kualitas produk yang diberikan pemasok kepada Anda buruk, maka sudah dipastikan produk yang akan Anda jual kembali kepada pelanggan juga buruk, sehingga berpengaruh kepada kepercayaan pelanggan.

Pelanggan akan kembali melakukan pembelian kedua, apabila mereka puas dengan kualitas yang didapatkan pada saat pembelian pertama. Sehingga, dalam memilih pastikan pemasok yang dipilih memiliki produk yang berkualitas.

3. Memperhitungan Kemampuan Pemasok
Sangat penting bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk memperhitungkan kembali kemampuan pemasok dalam memenuhi pesanan. Pasalnya, banyak pemasok pada awal-awal perjanjian menyanggupi memenuhi permintaan secara tepat waktu dan sesuai permintaan. Akan tetapi, pada kenyataannya pemasok tidak mampu memenuhi permintaan dengan tuntas dan tepat waktu.

Kemampuan pemasok tentu berbeda-beda dalam menghasilkan produk. Maka, sebaiknya Anda memilih pemasok yang mampu menyelesaikan pesanan tepat waktu dan bertanggung jawab. Hal ini dilakukan untuk keberlangsungan usaha Anda.

4. Konsistensi Pemasok
Konsistensi pemasok akan berpengaruh terhadap ketersediaan stok barang dalam usaha yang Anda jalankan. Pastikan memilih pemasok yang memiliki konsistensi dalam menyediakan bahan baku untuk usaha Anda. Apabila di tengah jalan pemasok tidak mampu mengirimkan bahan baku yang dibutuhkan, nantinya kredibilitas usaha Anda dipertaruhkan.

Anda dapat memberikan tes kecil untuk menguji konsistensi pemasok, seperti melakukan pemesanan beberapa produk dalam waktu mendadak atau memberikan batas waktu dengan jumlah produk yang diinginkan lebih sedikit. Jika pemasok tersebut tidak dapat memenuhi permintaan Anda, maka sebaiknya tidak dipilih.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar konsistensi dan tanggung jawab pemasok dalam melayani Anda selaku rekan usaha. Selain itu, Anda perlu memperhitungkan hal-hal yang dapat mempengaruhi konsistensi pemasok bisnis dan memenuhi pesanan Anda, seperti jarak, sarana dan prasarana hingga jumlah tenaga kerja yang dimiliki oleh pemasok.

5. Membandingkan Harga dengan Pemasok Lainnya
Jangan lupa untuk membandingkan harga antara satu pemasok dengan pemasok lainnya.

Kenapa harga penting? Apabila harga dari pemasok yang diberikan tinggi, akan berpengaruh terhadap harga jual produk kepada konsumen akhir dan tingkat keuntungan yang diambil oleh Anda.

Untuk pengusaha pemula, sebaiknya memilih pemasok yang menawarkan biaya tidak terlalu mahal dan tidak juga terlalu murah. Hal yang paling utama dalam memilih pemasok adalah terpercaya dan berkualitas. Produk yang berkualitas nantinya akan memiliki daya saing dengan produk pesaing lainnya.

6. Hindari Satu Pemasok
Sebaiknya dalam proses bisnis, jumlah pemasok yang Anda miliki minimal 2 pemasok. Kenapa Anda harus memiliki pemasok lebih dari satu? Hal ini dikarenakan apabila Anda memiliki masalah dengan pemasok, Anda masih memiliki pemasok lainnya sehingga bisnis tetap berjalan. Selain itu, memiliki pemasok lebih dari satu juga sebagai antisipasi apabila pemasok tidak dapat memenuhi kebutuhan usaha Anda.

Jadi, untuk mendapatkan pemasok Anda dapat menerapkan tips di atas.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS