Dirilis

21 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dalam kegiatan usaha atau bisnis, istilah forecasting seolah tak dapat terpisahkan. Forecasting adalah sebuah metode untuk perencanaan dan pengendalian produksi guna menghadapi keadaan yang belum atau tidak pasti di masa depan. Khususnya berguna untuk memprediksikan permintaan di waktu mendatang ataupun waktu juga moment khusus lainnya. Untuk menjadikan bisnis lebih efektif, maka lakukan ini saat akan memulai usaha.

Mengenali Berbagai Metode Forecasting

Berikut metode-metode forecasting yang sebaiknya diketahui oleh para pemilik dan pengelola bisnis, yaitu:

1. Forecasting Kuantitatif

metode forecasting kuantitatif
Metode yang pertama adalah forecasting kuantitatif. Metode forecasting kuantitatif ini terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

a. Time Series

Time series atau deret waktu ialah metode forecasting yang cukup banyak digunakan. Seperti dilihat dari penamaannya, prediksi akan diperhitungkan melalui atau berdasar pada data-data yang telah terjadi di masa lampau suatu variabel dan atau kesalahan yang berurutan menurut waktu. Dalam penggunaanya, terdapat dua teknik atau cara yaitu: smoothing yang prediksinya berdasar pada prinsip rata-rata kesalahan masa lalu (averaging smoothing past errors) dengan cara menambahkan persentase kesalahan prediksi sebelumnya (percentage of the errors), yang didapat dari perbedaan antara nilai sebenarnya (actual value) dengan nilai prediksinya (forecasting value). 

Cara lainnya adalah decomposition yang prediksinya berdasar pada pembagian data time series menjadi beberapa komponen, seperti trend, siklus, musiman, dan pengaruh random; lalu mengkombinasikan prediksi dari komponen-komponen tersebut (kecuali pengaruh random).

b. Metode Kausal

Metode ini berdasar pada sebab-akibat antara permintaan yang diramalkan atau dengan variabel-variabel lain yang dianggap berpengaruh. Contoh peningkatan permintaan pakaian muslim di bulan Ramadhan menuju hari Raya, atau berbagai contoh lainnya. Data dari variabel-variabel tersebut dikumpulkan yang kemudian dianalisis untuk menentukan validitas dari model peramalan yang diusulkan. Metode ini biasanya digunakan ketika variabel-variabel yang menjadi penyebab sudah diketahui.

2. Forecasting Kualitatif

metode forecasting kualitatif
Pada dasarnya, metode forecasting kualitatif ini lebih bersifat subjektif daripada metode sebelumnya yang kuantitatif. Mengapa demikian? Karena pada metode ini, prediksi cenderung dipengaruhi dan dinilai berdasarkan latar belakang seseorang. Seperti, emosi, pendidikan, intuisi, dan sebagainya, sehingga memungkinkan hasilnya akan berbeda. Beberapa metode forecasting kualitatif adalah:

a. Survey Pasar

Pada metode ini, yang dilakukan adalah meminta pendapat dari pelanggan atau konsumen potensial mengenai kemungkinan pembelian pada periode tertentu yang akan diperhitungkan. Biasanya, pertanyaan ini diajukan lewat kuesioner juga bertanya langsung baik melalui wawancara (tatap muka), maupun lewat telepon.

b. Opini dari Eksekutif

Metode forecasting kualitatif berikutnya adalah meminta pendapat dari beberapa orang yang berkaitan dengan data permintaan. Seperti kelompok kecil yang terdiri atas manajer pemasaran, manajer produksi, manajer teknik, manajer keuangan, dan manajer logistik. Hasilnya kemudian digabungkan dengan model statistik.

c. Gabungan Tenaga Penjualan

Yang dimaksudkan disini adalah forecasting dengan cara penggabungan prediksi dari tenaga penjualan di berbagai daerah, yang kemudian digabungkan di tingkat provinsi dan nasional. Metode ini dapat diperhitungkan mengingat setiap tenaga penjualan telah memahami wilayah dan kondisinya masing-masing secara langsung.

Itulah informasi mengenai pengertian forecasting dan metode forecasting yang bisa dilakukan untuk usaha. Pada intinya, forecasting adalah metode yang memprediksikan permintaan terhadap produk bisnis di waktu maupun periode pada masa yang akan datang. Forecasting ini dapat membantu supaya bisnis berjalan lebih efektif dan efisien. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar penerapan forecasting untuk kebutuhan usaha Anda. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS