Dirilis

22 Maret 2024

Penulis

Thomas Aquino Herly Marwanto

Anda sebagai pengusaha pasti ingin usaha Anda maju dan terus berkembang. Namun, untuk bisa demikian, Anda butuh usaha yang sehat. Pertanyaannya, bagaimana cara Anda mengetahui apakah usaha Anda sedang dalam kondisi sehat? Atau jangan-jangan malah sebaliknya. Masalahnya, usaha yang terlihat baik-baik saja belum tentu sehat. Analoginya seperti orang yang tampak gagah tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

Maka itu, sebagai seorang pengusaha sejati, penting bagi Anda untuk mengetahui cara melakukan analisis kesehatan usaha. Misalnya dengan menggunakan Radar Bisnis dari Daya.

 

Kenapa Cek Kesehatan Usaha Anda itu Sangat Penting?

Pernahkah Anda mengalami, melihat, atau mendengar seseorang yang secara fisik tampak sehat, tiba-tiba meninggal terkena serangan jantung? Seseorang yang semula berjalan gagah tiba-tiba jatuh karena kakinya tiba-tiba lunglai terkena stroke? 

Nah, dalam konteks usaha, situasi ini sama seperti sebuah perusahaan yang kantornya tampak berdiri gagah, tapi tiba-tiba menyatakan diri bangkrut dan melakukan PHK karyawan. Setelah ditelisik ternyata terjadi masalah cash flow usaha, antara pemasukan dan pengeluaran tidak berimbang. Anda bisa menemukan beberapa contoh perusahaan ternama yang mengalami situasi seperti itu.

Selain soal keuangan, ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan sebuah usaha tidak mampu berkembang. Mulai dari sisi pemasaran, misalnya iklan di media sosial ternyata tidak up to date, jarang diperbaharui, salah target pasar, ketidaktepatan dalam menangani komplain pelanggan; atau dari sisi sumber daya, misalnya memiliki karyawan cukup banyak namun tidak terlatih; dari sisi operasional, misalnya ketergantungan pada satu pemasok; dan sebagainya.

Kembali ke analogi kesehatan fisik. Sebagai upaya mendeteksi berbagai faktor gangguan kesehatan secara menyeluruh, untuk memantau kemungkinan adanya penyakit tertentu di kemudian hari, Anda perlu melakukan cek kesehatan fisik atau lebih dikenal dengan Medical Check-up (MCU). Harapannya Anda dapat mengetahui berbagai faktor risiko penyakit, sehingga Anda dapat mencegah penyakit tersebut menimpa diri Anda, yaitu dengan melakukan perubahan dan perbaikan tertentu. Misalnya mengubah kebiasaan yang merugikan tubuh, mungkin juga dengan bantuan obat-obatan sesuai saran ahli, dan lainnya. 

Demikian halnya dengan usaha Anda, lakukanlah cek kesehatan usaha secara berkala, jangan terjebak dalam rutinitas kerja. Tentu saja agar Anda dapat mencegah sedini mungkin terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di bisnis Anda. 

Oke, untuk menyakinkan Anda, di bawah ini ada beberapa alasan lain, kenapa penting bagi Anda melalukan cek kesehatan usaha.

 

1. Mengetahui Kelemahan Perusahaan

Cek kesehatan usaha secara berkala akan dapat membantu Anda mengidentifikasi kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan dengan lebih cepat. Dengan segera menemukan titik lemah perusahaan, maka Anda dapat segera mencari solusi yang tepat untuk meminimalisir kerugian dari kelemahan tersebut.

 

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional Usaha

Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan operasional usaha, maka Anda dapat melakukan upaya-upaya untuk segera menutup kebocoran-kebocoran biaya. Dengan demikian akan tercapai efisiensi operasional yang lebih optimal bagi perusahaan. Efisiensi yang dimaksud terkait dengan teknologi, produksi, model usaha, penjualan, sumber daya manusia, pelayanan, dan sebagainya. Ketika Anda tahu letak inefisiensi perusahaan sedini mungkin, maka langkah-langkah perbaikannya bisa Anda lakukan secepat dan setepat mungkin. Pos-pos dengan pembiayaan atau pengeluaran yang besar segera terdeteksi dan anggaran bisa segera dihemat. Tentu hal ini akan berdampak pada keuangan perusahaan yang lebih baik.

 

3. Mengelola Skill Para Karyawan

Sama seperti poin di atas, dengan meihat hasil penilaian kinerja secara menyeluruh, maka perusahaan Anda dapat pula menilai kinerja karyawan. Apakah mereka selama ini sudah bekerja sesuai harapan atau masih perlu ditingkatkan. Perusahaan Anda dapat segera membuat kebijakan untuk dapat meningkatkan kompetensi, disiplin, dan budaya kerja yang lebih baik bagi karyawan.

 

4. Menjadi Landasan Penentuan Prioritas Kerja, Target dan Visi Pengembangan Usaha

Dengan melakukan cek kesehatan usaha secara menyeluruh dan berkala, data-data yang Anda peroleh dapat Anda petakan, analisis, dan gunakan untuk menentukan prioritas kerja, target, dan visi dalam pengembangan usaha di masa depan. 

Baca juga: Cara Mudah Hitung Target Penjualan

 

5. Meningkatkan Kredibilitas dan Akuntabilitas Suatu Perusahaan

Hasil cek kesehatan usaha dapat menjadi media Informasi tambahan yang dapat dipercaya (kredibel) dan dipertanggungjawabkan (akuntabillitas) untuk meyakinkan calon investor, calon mitra, dan masyarakat tentang kualitas perusahaan Anda.

Itulah alasan kenapa Anda perlu cek kesehatan usaha, yaitu untuk menghindari hal-hal tak terduga dan tak didinginkan, terjadi terhadap usaha Anda. Ada beberapa alat cek kesehatan usaha gratis yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah Radar Bisnis. 

 

Radar Bisnis, Alat Cek Kesehatan Usaha Gratis


Radar Bisnis adalah alat yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kesehatan usaha Anda secara umum. Radar Bisnis merupakan hasil kolaborasi Bank BTPN bersama business coach profesional, dan akan terus dikembangkan untuk membantu Anda meningkatkan kapasitas bisnis.

Disebut Radar, karena seperti halnya fungsi radar dalam peperangan, untuk mendeteksi sejak awal kedatangan musuh. Dalam konteks usaha, radar berfungsi mendeteksi sejak dini masalah yang bisa terjadi di tempat usaha Anda.

 

1.    Penilaian Secara Online

Radar Bisnis adalah sebuah alat penilaian online untuk mengetahui gambaran umum kesehatan usaha UMKM. Alat ini bisa digunakan oleh pelaku usaha di bidang Retail (Perdagangan), Manufaktur (Produksi), dan Jasa. 

  1. Radar Bisnis bisa Anda akses melalui website Daya.id, dan dapat digunakan secara gratis
  2. Proses penilaian di Radar Bisnis dilakukan secara online, mudah, dan singkat. Anda hanya perlu menjawab 20 pertanyaan, dalam waktu sekitar 15 menit. Sebaiknya Anda tidak menjawab tergesa-gesa agar penilaian yang dihasilkan sesuai dengan kondisi usaha Anda sesungguhnya.


 

2.    Laporan Performa Usaha

Setelah Anda mengisi 20 pertanyaan di Radar Bisnis, Anda akan mendapatkan laporan performa usaha Anda.

  1. Hasil pengisian kuesioner di Radar Bisnis akan berupa gambar radar dan nilai (%) kondisi usaha Anda. Anda akan diberikan laporan singkat, bagian mana dari usaha Anda yang sudah baik dan mana yang masih perlu ditingkatkan. Anda juga akan mendapatkan rekomendasi, bagaimana meningkatkan kualitas manajemen usaha Anda.
  2. Anda bisa mengirim dan menyimpan hasil Radar Bisnis dalam bentuk pdf ke email Anda. Caranya dengan menekan tombol โ€˜Kirimโ€™ yang ada di halaman hasil Radar Bisnis.


 

3.    Bonus Tanpa Biaya: Artikel, Pelatihan Online, dan Tanya Ahli

Apabila Anda masih belum puas dengan rekomendasi di laporan performa usaha yang ada, Anda bisa mendapat rekomendasi lain di Daya.id. Tautan ke rekomendasi ada di email hasil Radar Bisnis.

  1. Di Daya.id, Anda dapat membaca tips dan pelatihan online yang relevan dengan kebutuhan Anda, tanpa dipungut biaya.
  2. Anda juga dapat memanfaatkan fitur Tanya Ahli, untuk bertanya atau berkonsultasi langsung tanpa dipungut biaya, dengan para ahli dibidang usaha.


 

4.    Potensi Perluasan Akses Pasar dan Akses Pembiayaan

Selain mendapatkan pengetahuan tentang cara meningkatkan manajemen usaha Anda, di Daya.id, Anda juga bisa mendapatkan peluang untuk meningkatkan pangsa pasar usaha Anda, yaitu dengan bergabung di fitur Akses Pasar. Selain itu Anda pun bisa mendapatkan peluang pembiayaan untuk penambahan modal dari Bank BTPN di fitur Produk Keuangan.

Menarik bukan? Yuk, klik dan gunakan Radar Bisnis untuk cek kesehatan usaha Anda. Baca juga syarat dan ketentuan Radar Bisnis di sini.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Anaf setyo radite

07 April 2024

Mantap

Balas

. 0

Anaf setyo radite

05 April 2024

Bermanfaat

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

05 April 2024

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

05 April 2024

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Fando hari susetyo

28 Maret 2024

๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS