25 September 2019
Dirilis
Penulis
Daya Tumbuh Usaha
Coba tulis, apa hebatnya kedai kopi Anda dibanding toko sebelah, atau dibanding kedai lainnya di sekitar?
Oh tentu... Anda harus bisa menyebutkan apa kehebatan atau keunggulan kedai kopi Anda.
Kenapa? Kalau Anda sendiri tidak yakin kedai Anda lebih unggul dari yang lain, bagaimana Anda bisa menyakinkan calon pembeli untuk membeli di tempat Anda?
Coba simak video ini sebagai referensi.
Keunggulan tersebut adalah pembeda kedai kopi Anda dibanding pesaing, dan Anda bisa manfaatkannya dalam strategi pemasaran kedai kopi Anda.
Jika sudah bisa menuliskan jawaban dari pertanyaan di atas, maka ini saatnya memasarkan nilai pembeda kedai kopi Anda kepada para calon pembeli baru.
CARA TAMBAH PEMBELI KEDAI KOPI
Omong-omong, sebenarnya ada 7 poin yang bisa membedakan bisnis Anda dari para pesaing, yaitu: produk, harga, tempat, promosi, pelayanan, orang, dan fasilitas.
Tapi kalau ‘hanya’ menyoal cara menambah jumlah pembeli baru, produk, harga, tempat, dan promosi adalah beberapa poin yang sebaiknya Anda prioritaskan.
Coba pertimbangkan ini.
#1 TAMBAH VARIASI JENIS PRODUK
Cek jenis produk yang ada di daftar menu, lalu bandingkan dengan catatan pembelian. Jangan-jangan ada produk yang tidak laku dan ada produk yang superlaris.
Ganti barang yang tidak laku, perbanyak produk yang laku, tambah jenis produk baru.
Jadi Anda bisa bilang, kedai kopi Anda lebih lengkap, dan produk tertentu jadi best seller.
#2 HARGA SAMA TAPI BERI MANFAAT LEBIH BESAR
Apa maksudnya manfaat lebih besar? Misalnya, dengan harga yang sama dibanding toko sebelah, porsi di tempat Anda lebih besar. Mungkin dapat bonus boba? Atau, untuk layanan pesan antar, Anda selalu tepat waktu.
#3 BERI KEMUDAHAN DALAM PEMBAYARAN
Sediakan berbagai metode dan alat pembayaran, seperti tunai, debit, kredit, uang elektronik, dan sebagainya.
Cek peluang bekerjasama dengan perusahaan layanan pembayaran agar Anda bisa menawarkan harga diskon.
Seperti yang pernah dilakukan sebuah kedai kopi dengan aplikasi perbankan digital Jenius: 1 cup regular hanya Rp3.000 jika pembayaran menggunakan kartu debit Jenius, selama periode tertentu. Calon pembeli mana yang tidak tergoda.
#4 LOKASI MUDAH DIJANGKAU
Dengan semakin menjamurnya kedai kopi di berbagai daerah, pilihannya ada 2, lokasi dekat dengan calon pembeli, atau Anda memiliki layanan pesan antar kopi yang cukup luas.
Mungkin Anda mau meniru metode para penjaja kopi keliling?
#5 LOKASI TERLIHAT MENARIK
Desain kedai kopi juga bisa berpengaruh. Gunakan warna yang menarik, beri aksesoris atau hiasan sesuai tema.
Contoh, warna gelap industrialis dengan dominasi material besi, kayu, atau bata. Desain modern white dengan pernak-pernik dan lampu berwarna lembut, atau seperti kedai kopi outdoor berkonsep take away tapi memiliki 1-2 meja di depan.
Silakan atur display produk, dan jika perlu beri musik sesuai konsep.
#6 PROMOSIKAN KEHEBATAN KEDAI ANDA
Ya, ini juga menjadi pembeda. Jika Anda punya pujian tokoh terkenal atau penghargaan tertentu, tidak ada salahnya dipajang di dinding.
Anda juga bisa mempromosikan pujian dari tokoh terkenal di media sosial.
Kalau belum ada, pujian dari pelanggan umum juga oke lho. Atau, kirimkan sampel ke orang-orang yang menurut Anda bisa memberikan testimoni positif.
#7 AKTIF MENJEMPUT BOLA
Sederhana saja, terus promosikan bisnis Anda, kalau perlu keliling ke berbagai acara, selalu cari peluang baru.
#8 KOLABORASI DENGAN PELAKU USAHA LAIN
Sekarang zamannya kolaborasi. Coba jalin kerjasama dengan pelaku usaha lain, termasuk lintas industri. Sehingga Anda berdua bisa saling mempromosikan, bahkan bisa bikin kegiatan promosi bersama.
Produk Anda juga bisa jadi bonus untuk produk rekanan, atau sebaliknya. Misalnya, beli kopi dapat roti.
#9 "YA" KECIL SEBELUM "YA" BESAR
Tawarkan sesuatu yang bisa membuat calon pembeli mengalihkan perhatian kepada produk Anda dan menjawab "Ya", atau setuju dengan pernyataan yang Anda sampaikan dan menjawab "Ya", sebelum akhirnya menjawab "Ya" untuk membeli produk Anda.
Misalnya, iming-iming hadiah menarik. Atau tawarkan paket hemat beli tumbler dapat kopi gratis, dan katakan tumbler tersebut adalah bagian dari kampanye peduli lingkungan.
Tak ada salahnya Anda kasih tester untuk icip-icip. Kalau kopi Anda memang enak, orang seharusnya akan tergoda untuk membeli.
#10 PROMO KHUSUS
Terakhir tapi tidak kalah penting, berikan diskon pada hari-hari tertentu. Seperti saat hari raya, saat Pemilu, pada jam tertentu, dan lainnya.
Anda juga bisa menawarkan harga khusus jika membawa tumbler sendiri, katakanlah sebagai bentuk kepedulian bisnis Anda terhadap lingkungan: Bisa ngopi, tanpa plastik. Ya kan?
Selamat mencoba.
Ikuti artikel dan video lainnya terkait pemasaran dan penjualan lainnya, atau silakan bertanya terkait topik ini di Tanya Ahli.
Jika Anda punya pendapat lain, silakan tuliskan di kolom komentar.
Sumber:
Modul Pelatihan Daya “Kiat Praktis Meningkatkan Penjualan Melalui Pemasaran yang Dinamis 2”
Lucky Lombu
26 September 2019
\"Mungkin Anda mau meniru metode para penjaja kopi keliling?\"Hahaha. Lucu juga sih klo pasukan starling jualan kopi susu kekinian pakai boba.
Balas
.1
indrabk
26 September 2019
Keren nih idenya menarik dan sangat bisa dipakai di kopi kekinian..
Balas
.1