Dirilis

22 Desember 2021

Penulis

Fadhilah Ummah, Fairuz Thuafilah, Gita Septiana

Akhir tahun memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Desember selalu identik dengan nuansa liburan, menghabiskan waktu dengan keluarga, belanja besar-besaran, dan menghabiskan bonus untuk akhir tahun. Bagi pelaku usaha, momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru dapat dijadikan sebuah peluang untuk meningkatkan profit melalui peningkatan omset penjualan. Untuk mengambil peluang tersebut, pelaku usaha harus jeli melihat perilaku konsumen dan kondisi permintaan masyarakat saat ini.

Internet World Stats mengemukakan bahwa pada 2021 ini pengguna internet di Indonesia berjumlah sebesar 212,35 juta dengan total populasi penduduk sebanyak 276,3 juta jiwa. Kondisi pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 juga berhasil menggeser perilaku konsumen yang mulai go digital dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini telah memicu berbagai perubahan perilaku konsumen dalam melakukan aktivitas berbelanja dari konvensional menjadi digital. UMKM sebagai agen pendukung perekonomian Indonesia juga perlu untuk mengambil berbagai peluang-peluang yang tersedia luas di era digital saat ini. 

Dalam memanfaatkan beberapa bulan menuju akhir tahun 2021 ini, pelaku usaha dapat menyiapkan produk mereka untuk selalu diingat oleh konsumen. Tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan brand awareness masyarakat mengenai produk tersebut. Pelaku UMKM bisa melakukan ini dengan menggunakan Above the Line Marketing atau dikenal ATL Marketing sebagai salah satu cara pemasaran yang efektif dalam meningkatkan awareness masyarakat. Masih belum tau tentang ATL Marketing? Simak pembahasannya dan persiapkan produk Anda menjadi top of mind masyarakat!

Feedough mendefinisikan Above the Line sebagai strategi promosi yang menargetkan orang banyak secara luas tanpa adanya target tertentu yang spesifik. ATL Marketing ini digunakan untuk membangun brand dan mengkomunikasikan produk kepada calon konsumen. ATL ini tidak berfokus pada konversi penjualan, tetapi hanya fokus pada peningkatan awareness terhadap suatu produk melalui berbagai media yang bisa menarik perhatian banyak orang secara massal, salah satunya sosial media. Ketika ingin membuat iklan promosi di sosial media, hal utama yang paling dibutuhkan adalah kreativitas dan imajinasi yang tinggi agar produk yang kita iklankan dapat selalu terngiang-ngiang dan melekat kuat di benak konsumen. Usaha inilah yang nantinya akan membuat konsumen ingin mencari tahu produk tersebut dan bahkan mau membelinya.

 

Memaksimalkan TikTok dalam melakukan Above the Line Marketing 


Dalam melakukan promosi Above the Line di media sosial, ada banyak sosial media yang bisa Anda gunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyaknya sosial media yang ada, pada artikel ini sosial media yang akan dibahas adalah TikTok sebagai salah satu aplikasi sosial media yang belakangan ini viral. Pada 2020, Statista menyebutkan bahwa jumlah pengguna aktif TikTok di Indonesia sebesar 22.2 juta orang di setiap bulannya. TikTok menjadi media kreatif yang dapat memberikan inspirasi, hiburan, dan pengalaman yang berbeda bagi audiensnya. Saat ini, TikTok dapat disebut sebagai media sosial yang sangat potensial, tidak hanya bagi content creator tetapi juga bisnis, baik dalam skala besar maupun kecil. Hal ini sangat didukung oleh fitur-fitur yang menarik dan mudah digunakan dengan ciri khas algoritma video pendek beserta musik yang bisa dikreasikan sesuai dengan bisnis kita. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk melakukan Above the Line Marketing pada sosial media TikTok.

 

  • Mencoba dan Mempelajari Konten Organik 

Para pelaku bisnis dapat menarik awareness pengguna TikTok dengan membuat video pendek promosi sekreatif mungkin. TikTok memungkinkan kita untuk membuat konten yang dilengkapi dengan suara, tulisan, hingga video pendek. Salah satu konten yang menarik dan cukup sederhana bagi pelaku UMKM adalah dengan membuat konten organik berupa video amatir mengenai produk mereka, video dapat berisi keunggulan produk, cara pemakaian, hingga manfaat produk yang dikemas dengan lebih relatable pada kehidupan sehari-hari dari audiens TikTok yang kita tuju.
Selain itu, sebelum membuat konten di TikTok ada baiknya kita mengetahui jenis konten apa yang akan kita buat, selanjutnya kita juga harus meneliti hashtag yang akan kita cantumkan agar jangkauan konten kita semakin luas dan terarah pada audiens yang kita tuju, dan saat publikasi perlu untuk mengupload video pada waktu yang optimal agar jangkauan audiens semakin maksimal. 

 

  • Manfaatkan TikTok Creators


TikTok Creators adalah mereka para pembuat video/konten TikTok yang memiliki target audiens serta nilai edukasi maupun hiburan di dalam videonya. Tiktok Creators sudah dipercaya oleh TikTok Community karena mereka adalah natural storytellers yang memiliki banyak audiens dimana audiens tersebut akan memberikan feedback untuk meningkatkan awareness dari sebuah brand. TikTok Creators ini dianggap memiliki pengaruh yang besar terhadap segmen audiens mereka dan dapat menyampaikan informasi dari brand Anda dengan berbagai cara yang kreatif dan inovatif, misalnya dari hashtag atau challenge yang mereka buat. Anda dapat menemukan dan berkolaborasi dengan TikTok Creators yang tepat dan sesuai kebutuhan promosi brand Anda pada “TikTok Creators Marketplace” untuk membuat sebuah konten kreatif. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan konten organik dari TikTok Creators menjadi iklan berbayar untuk bisa diteruskan dari audiens satu ke audiens lain. 

 

  • Perluas Jangkauan Audiens dengan TikTok Ads 

TikTok memiliki audiens yang sangat besar, mengiklankan konten/video Anda secara berbayar melalui TikTok Ads dapat menjangkau lebih banyak audiens. Hal yang perlu diperhatikan tidak hanya jumlah audiens yang dapat dijangkau, tetapi juga menjangkau audiens yang tepat dan sesuai dengan target market dari bisnis Anda adalah hal yang utama. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menargetkan secara spesifik karakteristik audiens Anda pada layanan TikTok Ads sehingga Anda dapat mengubah audiens biasa menjadi pelanggan Anda ketika konten iklan Anda berhasil menjawab kebutuhan dan keinginan audiens Anda dengan tepat. Strategi ini dapat lebih efektif dan efisien dalam menemukan pelanggan-pelanggan potensial bisnis Anda. Berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam mengiklankan konten Anda di TikTok Ads.

 

  • Pilih video yang ingin Anda iklankan

Carilah konten video organik Anda yang paling populer, berperforma terbaik, dan layak untuk diiklankan. Video tersebut dapat dilihat dari jumlah likes, comments, shares, dan views terbanyak agar konten Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens. Anda dapat menggunakan video yang paling viral dan menjanjikan untuk mengenalkan produk Anda dengan baik kepada calon audiens.

 

  • Siapkan iklan Anda

Ketika ingin melakukan iklan di TikTok Ads, Anda perlu untuk memilih sasaran iklan Anda, apakah untuk meningkatkan jumlah penayangan, jumlah followers, atau jumlah kunjungan audiens ke website. Anda juga harus menetapkan biaya yang ingin Anda keluarkan dan berapa lama waktu promosi yang Anda inginkan. Kemudian pilih target audiens yang ingin Anda jangkau dengan konten video yang sudah Anda pilih sebelumnya.  

 

  • Pelajari dan evaluasi insights video yang Anda iklankan

Setelah Anda selesai menyiapkan iklan dan menyetujui beriklan di TikTok Ads, Anda harus dapat membaca insights dari performa video yang Anda iklankan. Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai audiens baru yang melihat konten video iklan Anda yang tampil di For Your Page (FYP) audiens, kemudian Anda dapat mempelajari hasil insights Anda untuk mengevaluasi dan menentukan strategi pemasaran selanjutnya. Jika fokus

Anda untuk meningkatkan awareness audiens melalui ATL Marketing, maka Anda perlu fokus melihat berapa jumlah audiens baru yang sudah sadar dengan video iklan Anda dan juga produk yang Anda tawarkan. Apabila tahapan awareness ini dirasa sudah cukup, Anda dapat mengulangi pengiklanan video secara repetitif kepada target audiens yang tampak tertarik dengan produk Anda agar mereka dapat menjadi pelanggan Anda. 

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam memanfaatkan Above the Line Marketing pada sosial media TikTok. Dengan memahami dan mencoba menerapkan hal-hal tersebut, Anda bisa meningkatkan brand awareness dari produk Anda. Untuk meningkatkan brand awareness dari suatu produk dibutuhkan pembuatan konten yang kreatif serta menarik agar produk Anda selalu melekat di benak konsumen. Untuk Anda yang ingin mengetahui informasi lebih banyak lagi seputar tips-tips menarik mengenai pemasaran, keuangan, pengembangan diri, atau lainnya Anda dapat mengunjungi website Daya.id.

Untuk itu segera daftarkan diri Anda untuk dapat mengakses serta memperoleh informasi yang lebih update lagi. Jika masih ada pertanyaan, Anda bisa langsung bertanya dan berkonsultasi dengan menggunakan fitur Tanya Ahli Daya.id. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber 

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS